Jika kamu berwisata ke ibu kota Provinsi Jawa Tengah sempatkan untuk mencicipi beberapa kuliner khas dan terkenal di sini. Karena, selain terkenal dengan lunpia dan wingko babatnya, kamu bisa menemukan kuliner lain di Semarang.

Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makan populer untuk mengisi perut di sini. Jika kamu sudah penasaran, berikut ini adalah kuliner Semarang yang akan membuatmu ketagihan.

1Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

www.infomakan.com

Ketika berlibur ke Semarang jangan lewatkan mampir ke Rumah Makan Asem-asem Koh Liem. Kamu akan mendapatkan banyak tenaga untuk kembali jalan-jalan setelah meyantap hidangan di sini.

Rumah makan yang terletak di Jalan Karang Anyar, Semarang ini sangat terkenal.

borntobite.blogspot.com
borntobite.blogspot.com

Berbagai masakan rumahan sederhana tersedia di sini, seperti kikil lombok ijo, bandeng sarden, dan lontong cap go meh. Sudah pasti menu andalah yang akan menyegarkan harimu adalah asem-asem dengan daging sapi dan kuah asam-manis.

2Soto Bangkong

nginepmana.com

Bagi pecinta berat soto, kamu akan menyesal jika sudah ke Semarang dan tidak mencicipi hidangan berkuah yang menjadi favorit ini. Soto Bangkong yang ada sejak tahun 1950-an ini rasanya sungguh mantap.

Datang saja ke Jalan Brigjen Katamso untuk merasakan soto dengan isian bihun, irisan bawang, ayam suwir, dan bawang goreng yang akan menambah kelezatannya.

Meski terlihat sama saja dengan soto yang lain, kamu akan mendapat kejutan jika sudah merasakan kuahnya.

Dulunya Soto Bangkong dijual keliling dengan cara dipikul, namun sekarang sudah menetap dan ada pelanggannya tersendiri.

3Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

jaghorentacar.wordpress.com

Pilihan selanjutnya untuk adalah Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Warung tenda yang berada di kawasan Kota Tua, Semarang ini mulai buka pukul 08.00 hingga 16.00 ini akan ramai pengunjung di jam makan siang.

Sajian lezat dari kambing ini akan membuatmu menikmatinya dengan perlahan, serta rasa kuah yang kental dan gurih sudah pasti mengajakmu untuk kembali lagi ke tempat ini.

Tunggu apa lagi? Masukkan menu gulai kambing ini sebagai destinasi kulinermu ketika berada di Semarang.

4Angkringan Gaul Ampiran 3

anekatempatwisata.com

Angkringan Gaul Ampiran 3 ini sangat terkenal di Semarang. Kebanyakan pengunjungnya adalah anak muda, karena konsep dari angkringan ini memang ditujukan untuk anak muda. Menu yang disajikan disini pun sama saja dengan angkringan di tempat lain.

Ada nasi kucing, aneka sate, gorengan, dan minuman. Namun, jika berada di angkringan ini, fasilitas Wi-Fi dan live musik bisa kamu nikmati.

Kalau kamu ingin jadi anak gaul Semarang, datang saja ke Jalan Durian Raya 29C, Banyumanik untuk makan di angkringan ini.

5Restoran Pesta Keboen

www.dewirieka.com

Restoran Pesta Keboen akan mengobati rasa kangenmu tentang masa lalu. Restoran dengan konsep jaman dulu ini menyajikan berbagai menu jaman dulu dengan dua pilihan ruangan, bisa indoor maupun outdoor.

Tempat makan yang berada di Jalan Veteran 29, Semarang ini menyediakan live musik sebagai hiburan. Kamu pun bisa menikmati indahnya dekorasi ruangan dan menikmati musik yang dimainkan sembari menunggu makanan yang kamu pesan disajikan.

Makan enak sambil bernostalgia ya di sini tempatnya.

6Kue Leker Paimo

hamidanwar.blogspot.com

Bukan Cuma angkringan yang bisa jadi tempat nongkrong di Semarang, yakni salah satu warung makan dengan menu andalannya yakni leker untuk kamu kongkow bareng temen-temen. Kue Leker Paimo ini ada di Jalan Karanganyar sekitaran SMA Kolose Loyola.

Kue Leker Paimo sudah mulai berjualan dari tahun 1978. Warung kaki lima yang selalu laris ini memiliki dua tingkat ketebalan, yakni tipis dyang disebut tipker dengan pilihan rasa karamel dan coklat serta yang tebal.

Nah untuk leker yang tebal lebih banyak varian rasanya, ada telur sosis keju, keju abon, telur sosis tuna keju, serta jagung manis. Apa kamu penasaran dengan kelezatan? Hmmm… Langsung saja berkunjung jika ke Semarang.

7Tahu Gimbal

mylovefood.wordpress.com

Jika kamu sedang berada di Semarang dan mengunjungi Jalan Menteri Supeno, jangan lupa mampir ke daerah taman KB. Di tempat ini ada salah satu kuliner yang wajib kamu coba, yakni tahu gimbal.

Ditemani musik reggae, kamu akan dimanjakan ketika menikmati hidangan ini. Warung yang mulai buka di siang hari ini menyajikan tahu goreng dan gimbal (bakwan udang) dengan campuran lotong, kubis, telur, dan tauge, lalu diguyur saus kacang petis udang.

8Mie Kopyok Pak Dhuwur

resepcaramemasak.info

Ini nih satu lagi yang khas dari Semarang, Mie Kopyok Pak Dhuwur. Mie basah yang dihidangkan bersama lontong, tahu, tauge, dan kuah dengan rasa yang mantap akan membuatmu terlena.

Beralamat di Jalan Tanjung No. 18, Semarang, warung makan ini bisa menjadi pilihan untuk menemani santap siangmu.

Selain kuliner istimewa di atas, masih banyak lagi yang terkenal di Semarang, seperti Bebek Goreng Pak Thori, Bakmi Jawa Pak Gareng, Waroeng Semawis, tahu pong, pisang plenet, Tahu Baxo Ibu Pudji, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa bawa oleh-oleh khas Semarang juga ya kalau mau pulang ke rumah.

SHARE