dongengceritarakyat.com

Kumpulan Cerita Rakyat Paling Legendaris di Indonesia

Posted on

Di tiap belahan dunia pasti memiliki cerita rakyat yang dikenal oleh masyarakatnya melalui mulut ke mulut. Karena penyebarannya dari mulut ke mulut, maka cerita yang diterima antara satu orang dengan lainnya berbeda-beda.

Hal serupa pun terjadi di negeri kita, Indonesia. Banyak sekali jenis cerita rakyat yang beredar, mulai dari yang paling terkenal, hingga yang hanya dikenal di daerah tertentu saja.

Dan uniknya, cerita rakyat dengan judul yang sama memiliki banyak versi cerita. Ragam versi ini rata-rata berbeda pada alur ceritanya. Tokoh dan inti dari konfliknya rata-rata sama.

merpatitempur.com
merpatitempur.com

Nah, di tulisan kali ini kita hanya akan merangkum macam-macam cerita rakyat yang legendaris dan banyak dikenal oleh masyarakat luas saja, jika semuanya kita ulas tentunya bisa sangat panjang sekali. Langsung kita lihat saja yuk!

Bawang Merah dan Bawang Putih

pic.idownloadnew.com
pic.idownloadnew.com

Kisah bawang merah dan bawang putih cukup terkenal, cerita ini hampir serupa tapi tak sama dengan kisah Cinderella. Dikisahkan dalam cerita ini bahwa bawang putih memiliki seorang ibu tiri dan saudara tiri.

Singkat cerita, pada awal ibu tirinya menikah dengan ayahnya, sikap ibu tirinya sangat baik, begitu pula dengan saudara tirinya yaitu bawang putih. Namun sejak meninggalnya ayah bawang putih, sikap mereka pun kemudian berubah.

icadudelgeol.wordpress.com
icadudelgeol.wordpress.com

Ibu tirinya dan bawang merah akhirnya menunjukkan sikap aslinya. Mereka kasar dengan bawang putih dan memperlakukan bawang putih layaknya pembantu. Namun, di akhir cerita mereka pun mendapatkan balasannya.

Malin Kundang

mangbuda14.blogspot.com
mangbuda14.blogspot.com

Cerita rakyat yang satu ini berasal dari Sumatera Barat. Cerita ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Malin Kundang yang durhaka terhadap ibunya dan kemudian dikutuk menjadi batu.

Pada mulanya, Malin Kundang adalah anak yang baik, hingga suatu hari ia memutuskan untuk pergi ke negeri seberang dengan harapan akan kembali membawa banyak harta ke kampung halamannya.

dyahmustikareni.wordpress.com
dyahmustikareni.wordpress.com

Namun pada kenyataannya, setelah ia sukses dan menjadi orang kaya, ia tidak mengakui ibunya yang telah menunggunya setiap saat. Atas kejadian ini, ibunya Malin Kundang pun marah dan kemudian mengutuk Malin Kundang menjadi batu.

Legenda Tangkuban Perahu

ragamtempatwisata.com
ragamtempatwisata.com

Jika kita melihat Gunung Tangkuban Perahu, maka kita akan melihat bentuk puncak gunungnya seperti perahu yang terbalik. Nah, bentuk dari gunung ini oleh masyarakat dikaitkan dengan cerita rakyat yang satu ini.

Inti dari cerita rakyat ini adalah mengisahkan tentang seorang anak bernama Sangkuriang yang menyukai dan ingin mempersunting ibunya sendiri, yaitu Dayang Sumbi.

deviantart.com
deviantart.com

Singkat cerita, Sangkuriang adalah anak dari Dayang Sumbi yang telah diusirnya saat masih kecil karena suatu perkara. Namun, ketika besar mereka dipertemukan dan Sangkuriang pun menyukai ibunya sendiri.

Saat Sangkuriang berniat untuk mempersunting Dayang Sumbi, maka di titik itulah ia mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya. Oleh karena itu ia pun berusaha untuk menggagalkan niat Sangkuriang menikahinya.

Untuk maksud itulah, pada akhirnya Dayang Sumbi meminta Sangkuriang membuat kapal yang sangat besar dan membendung Sungai Citarum sebelum terbit fajar sebagai syarat untuk menikahinya.

Karena Sangkuriang gagal memenuhi syarat, maka ia pun marah dan menendang kapal yang dibuatnya hingga terbalik. Kapal yang terbalik itulah yang kini dikenal dengan sebutan Tangkuban Perahu.

Demikianlah kumpulan cerita rakyat paling legendaris di Indonesia. Jika kamu punya waktu untuk membaca ceritanya dengan beragam versi, tentunya akan lebih menyenangkan lagi untuk dibaca dan dipelajari.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *