Tidur adalah kebutuhan alamiah tubuh. Meski kita sekuat tenaga melawan kantuk, mekanisme siklus tubuh kita akan tetap memaksa kita menutupkan mata sejenak.

Tidur adalah saat dimana tubuh mengambalikan kesegarannya. Sel sel yang rusak diganti. Tenaga yang hilang dipulihkan.

Manusia normal memerlukan tidur setidaknya delapan jam sehari. Namun ada beberapa kebiasaan atau mungkin gangguan yang menyebabkan orang sangat kurang tidur.

Kamu jangan sekalipun menganggap remeh kurang tidur sebagai hal yang biasa. Seseorang yang secara kuantitas maupun kualitas sangat tidurnya sangat kurang ternyata bisa menimbulkan efek yang amat berbahaya.

Berikut beberapa bahaya jika kita kurang tidur.

1Menyebabkan kematian

ahlikolesterol.com

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang kurang tidur memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi dibandingkan yang cukup tidur.

Hal tersebut akan sangat mudah mengundang penyakit. Kurang tidur membuat kamu lebih rentan terserang penyakit kardiovaskular pada usia dini.

2Bad Mood

www.c-spot.net

Tidur yang tidak nyenyak dapat memperburuk mood,karena bisa membuat mood tidak stabil, sehingga kita menjadi mudah marah dan melakukan sesuatu tanpa pikir panjang.

Pasokan oksigen ke otak akan sangat berkurang saat kita ngantuk sehingga kita menajadi malas melakukan apa saja.

3Kecelakaan saat mengemudi

kursusmengemudisurabaya.com

Kurang tidur dapat menimbulkan kelelahan dan akan berbahaya jika kamu dalam kondisi mengemudi.

Risiko mengemudi dalam keadaan kurang tidur lebih berbahaya, karena memiliki dampak yang sama seperti orang yang mengemudi dalam keadaan mabuk.

4Mudah Terkena Flu

oralanswers.com

Dampak negatif kurang tidur berikutnya adalah mudah terkena flu. Dari 164 orang sehat yang terlibat dalam penelitian, mereka yang tidur kurang dari 5 jam per hari lebih mudah tertular flu daripada mereka yang tidur 7 jam per hari.

Meski terbilang penyakit yang sepele, namun tetap saja flu mengganggu aktivitas harian kamu kan?

5Depresi

art-of-stories.com

Orang yang menderita kecemasan dan depresi sebaiknya bekerja dengan pola tidur teratur dan cukup. Pasalnya, kurang tidur justru dapat memicu depresi.

Semakin lama depresi, maka jiwa kamu bisa terganggu. Kalau sudah begini harus ditangani dokter jiwa ahli, bukan hanya dokter medis fisik.

6Wajah dan mata bengkak

www.obatkantungmata.com

Wajah dan mata bengkak adalah salah satu tanda kurang tidur. Untuk menghindari hal ini, kamu harus tidur selama delapan jam sehari atau minimal enam jam setiap hari.

7Kegemukan

khaniraikhanblog.blogspot.com

Meski rajin melakukan diet dan olahraga, jika kamu kurang tidur maka program diet tak akan berhasil. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menambah bobot tubuh.

 

SHARE