Mendekati dan memasuki bulan Ramadhan, atau bulan Haji, biasanya buah kurma akan menjadi semakin akrab di masyarakat Indonesia. Entah kenapa, buah yang satu ini memang begitu identik dengan Islam dan Arab.

Selain memang banyak tumbuh di Negara kelahiran Rasulullah SAW tersebut, juga karena buah ini memang selalu akrab dengan kisah-kisah Rasul dan Para Sahabat dahulu.

Lihat saja, memasuki bulan puasa banyak yang berlomba untuk membuat makanan atau minuman dari kreasi buah yang berwarna cokelat kehitaman ini.

Selain enak dimakan langsung karena rasanya manis, kurma juga bisa dibuat sebagai suplemen penambah gizi dengan menjadikannya dalam bentuk sari kurma.

Nah, sesungguhnya ada apa sih di balik buah kecil ini? Sampai-sampai Rasulullaah SAW mengistimewakannya menjadi makanan pertama untuk disantap saat berbuka puasa?

Ini dia 4 fakta luar biasa yang akan kamu temukan di balik buah kurma:

1Karakteristik Buah Kurma yang Sangat Bagus

www.lahiya.com

Buah kurma memiliki karakteristik fisik yang amat lembut dan rasa manisnya juga sangat pas. Rasa manis buah kurma terasa seperti campuran sirup gula dan madu, sehingga tak akan meninggalkan rasa pahit pada mulut atau tenggorokan.

Sedangkan daging buah kurma mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna serta cepat untuk mengisi ulang energi dalam tubuh.

Dan karena karakteristik tersebut maka buah kurma memang sangatlah cocok dan tepat bahkan dianjurkan untuk menjadi makanan pertama yang disantap saat berbuka puasa. Karena aman untuk tubuh.

2Buah Kurma dapat Menjadi Pemulih Tenaga

kurmajogja.wordpress.com

Setelah seharian berpuasa, kita akan kehilangan beberapa kalori karena tubuh tak mendapatkan asupan makanan atau minuman dari subuh sampai maghrib.

Namun jika saat berbuka kita terlalu banyak asupan karbohidrat untuk memulihkan lagi kalori dalam tubuh, hal tersebut justru akan membuat lambung kaget dan terasa perih

Untuk itu mengkonsumsi kurma terlebih dahulu bisa menjadi siasat sebelum menelan makanan yang lebih berat, sebab kurma mengandung kalori yang cukup tinggi.

Lima butir buah kurma (sekitar 45 kg) mengandung sekitar 115 kalori, dan semua dalam bentuk karbohidrat. Hebat kan?

3Buah Kurma Juga Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral

sarikurmacurah.blogspot.com

Dalam banyak penelitian, telah dibuktikan bahwa buah kurma mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Di antaranya ada Vitamin A yang merupakan antioksidan dan juga membantu kesehatan mata, melindungi tubuh dari kanker paru-paru, serta bisa menjaga kesehatan dan kelembutan kulit.

Lalu Vitamin K dan B-kompleks yang berisi piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat, dan riboflavin, membantu metabolisme karbohidrat dalam tubuh, membantu metabolisme zat lain seperti protein dan lemak.

Vitamin K yang dapat membantu proses pembekuan darah juga sangat baik untuk metabolisme tulang.

Kemudian dari golongan Mineral ada Zat Besi yang sangat baik untuk mendukung oksigen dalam darah karena merupakan komponen dari Hemoglobin di dalam sel darah merah.

Magnesium yang mendukung pertumbuhan tulang, Tembaga yang membantu produksi sel darah merah, Mangan yang mendukung enzim antioksidan superoksida dismutase.

Kalium yang mampu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan bagi tubuh dari penyakit stroke dan jantung koroner.

Zat Tannin yang baik sebagai zat anti-imflamasi, anti-hemoragik, dan anti-infeksi. Serta Kalsium yang  akan mensupport pembentukan tulang dan gigi.

4Buah Kurma Juga Mengandung Serat Pangan yang Tinggi

www.timur-angin.com

Serat pangan sendiri memiliki fungsi untuk mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus.

Selain itu, juga mampu membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi jumlah paparan dan mengikat bahan kimia yang bisa menyebabkan timbulnya kanker pada usus besar.

Serat pangan juga mampu mencegah konstipasi (susah buang air besar). Karena serat pangan sendiri memiliki manfaat sangat bagus bagi tubuh, yaitu untuk melancarkan buang air besar.

Dan di dalam buah kurma sendiri terkandung serat pangan yang tinggi, sehingga sangat baik untuk mencegah banyak penyakit yang disebabkan dari kekurangan serat pangan tersebut.

Dengan 4 fakta luar biasa dari buah kurma tersebut, yuk kita manfaatkan sebaik mungkin ciptaan Allah ini dengan bijaksana, karena itu adalah salah satu cara kita bersyukur kepadaNya atas hidup yang telah Dia beri ini.