Ngomong soal wisata di Bali, pasti nggak akan pernah ketinggalan yang namanya Kuta. Malah boleh dibilang Kuta adalah ikon utama wisata di Provinsi Bali.

Indikator sangat jelas, Kuta menjadi tempat paling ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jumlah penduduknya hanya sekitar 50 ribu penduduk, namun kepadatan orangnya perkilometer bisa sampai lebih dari 2 juta jiwa.

Sebenarnya Kuta sendiri adalah nama kecamatan yang ada di Kabupaten Badung. Tapi banyak yang nggak tahu itu dan nganggap Kuta sebagai kota tersendiri.

humairtravel.com

Kuta memiliki luas wilayah 17,52 km², dan terdiri dari 5 desa, yakni Desa Kuta, Seminyak, Legian, Tuban, dan Kedongan. Udah kebayang kan, ketiga pantai paling terkenal di Bali semuanya ada di Kuta.

Bukan hanya terkenal di Indonesia, nama Kuta adalah destinasi yang sudah mendunia sejak lama. Bahkan kalau kamu jalan-jalan di sana, kamu akan melihat lebih banyak bule yang berseliweran di Kuta ketimbang penduduk lokal.

Sebenarnya tempat wisata apa saja sih yang membuat Kuta menjadi begitu populer di dunia. Ini dia tempat wisata di Kuta yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan dunia.

1Pantai Kuta

interisti17.wordpress.com

Tidak salah jika menyebut pantai Kuta-lah yang menjadi alasan utama mengapa Bali bisa berkembang seperti sekarang ini. Pantai Kuta punya sejarah panjang sebagai pelabuhan, dari zaman Majapahit sampai zaman kolonialisme Belanda.

Pada abad ke-19, seorang pedagang Denmark bernama Mads Lange, mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ialah yang potensi wisata di Bali, dan mengajak masyarakat Bali untuk menyiapkan diri untuk menyongsong daerah wisata.

Apa yang diramalkan memang benar, berbondong-bondong wisatawan asing memasuki Bali. Yang paling awal menjadi tempat andalan adalah Pantai Kuta ini tentunya.

Popularitas Pantai Kuta dengan keindahan alam dan budayanya lalu menjalar pada daerah lain. Pantai Kuta dari jantungnya perdagangan Bali di zaman dulu, kini berganti menjadi jantungnya wisata Bali.

anekatempatwisata.com

Yang paling disukai dari pantai Kuta adalah ombaknya dinilai sangat bagus untuk berselancar. Para peselancar ini yang paling awal meramaikan Pantai Kuta.

Magnet yang kedua dari pantai Kuta adalah keindahan panorama matahari terbenam (sunset beach) yang sangat terkenal sebagai seperti halnya Pantai Sanur.

2Kedua Pantai Lain

anythingbali.com

Dua pantai lain di Kuta adalah pantai Legian dan Pantai Seminyak. Di tengah semakin ramainya Pantai Kuta, orang-orang lalu mengalihkan perhatian kedua pantai tetangganya ini.

Tidak kalah indah dari Pantai Kuta, hampir semua lingkungan alam dari Pantai Legian dan Seminyak sama dengan Pantai Kuta. Hanya bedanya, karena keduanya agak lebih jauh dari pusat kota, sehingga pengunjungnya tidak terlalu ramai.

Kondisi seperti itu malah lebih disukai oleh banyak wisatawan asing yang mendambakan ketenangan dalam liburannya. Namun kini pada perkembangannya, Seminyak dan Legian juga semakin ramai dengan banyak hotel, villa, restoran, bar, tempat hiburan lainnya.

3Kuta Theater

kuta-balis.blogspot.com

Tidak akan lengkap bicara tentang wisata Bali tanpa mengangkat seni budayanya. Mungkin banyak pantai yang sama indahnya dengan Kuta. Tapi soal seni budaya yang khas, tentu hanya ada di Bali tempatnya.

Namun, seni pertunjukan yang ada di Kuta theater ini berbeda dengan tempat di Bali lainnya. Kuta theater menghadirkan percampuran antara pertunjukan kebudayaan yang digabung dengan berbagai pertunjukan modern.

Ada pertunjukan tari Bali dengan nuansa modern, disertai dengan pertunjukan sulap sekelas dengan David Copperfield.

4Circus Waterpark

travelspromo.com

Kalau ini adalah tempat wisata modern yang baru dibuka tahun 2011 kemarin. Obyek wisata ini sangat cocok bagi liburan keluarga.

5Jalan Legian

ticktab.com

Setelah mengunjungi semua lokasi wisata yang ada di Kuta, kuranglah lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas Bali, baik makanan maupun souvenir. Kalau itu yang paling lengkap di Kuta tentunya ada di Jalan Legian.

Tapi jangan salah, Jalan Legian ini bukan di wisata atau daerah Legian lho!