Survei di luar sana telah menunjukkan, bahwa memang angka ketidakcocokan istri dengan ibu mertua jauh lebih besar dibandingkan dengan angka ketidakcocokan suami dengan ibu mertua.

Mengapa demikian? Ternyata faktor utama yang mempengaruhi adalah masalah psikologis wanita. Beberapa istri merasa bahwa ketika suami sudah menikah maka fokus utama suami adalah padanya saja, tidak untuk wanita lain termasuk ibunya.

Sedangkan dalam benak seorang ibu yang memiliki anak laki-laki, dia merasa masih memiliki anak lelakinya tersebut dan kurang suka jika menantunya tak bisa menjadi istri yang dianggap baik untuk anaknya dan terkesan memonopoli.

Dengan adanya ketidaksingkronan tersebut, muncul lah konflik antara menantu perempuan dan ibu mertuanya. Jelas itu bisa mengganggu keharmonisan hubungan mertua-anak, pun bisa juga pastinya mempengaruhi hubungan rumah tangga suami-istri.

Ladies, sebagai seorang menantu, jangan pernah ya kamu mengalami permasalahan tersebut. Sebagai yang lebih muda dan juga merupakan anak menantu, kamu harus bisa memahami dan menghormati iu mertuamu.

Nah, agar hubunganmu tetap manis dengan ibu mertua, yuk coba beberapa tips jitunya berikut ini:

Melakukan Aktivitas Bersama dalam Sesekali Waktu

kiki widyasari dan arifah wulansari
arifahwulansari.com

Banyak menantu perempuan yang terkadang merasa gengsi melakukan aktivitas bersama dengan ibu mertuanya karena beberapa hal, bisa karena merasa ibu mertuanya kurang gaul, ibu mertuanya sudah terlalu tua, atau tidak percaya diri berjalan bersama ibu mertuanya.

Hal-hal semacam itu justru membangun sebuah jarak antara menantu dan ibu mertuanya. Toh melakukan aktivitas bersama juga tak melulu tentang keluar rumah dan berbelanja bukan?

Bisa kamu mengajak ibu mertuamu nonton TV atau film bersama di rumah, memasak di dapur bersama, membantunya mencuci baju atau beres-beres rumah bersama, dan bahkan sampai duduk santai bersama sambil berbincang juga bisa.

Dengan aktivitas positif yang kamu bangun bersamanya, akan tercipta sebuah kedekatan batin yang kuat untuk saling memahami dan menyayangi. Sehingga walau jarak memisahkan pun, kedekatan batin akan tetap terjaga kuat.

Meminta Nasihatnya

PIC-MUSLIM-WOMAN-HUGGING
muslimfamilia.com

Orangtua, apalagi seorang Ibu, akan merasa lebih dihormati dan dianggap berguna jika anak-anaknya menjadikannya sosok untuk meminta nasihat dan pandangan hidup.

Walau itu hanya masalah sepele tentang resep masakan, obat-obatan herbal, atau cara menghadapi suamimu yang kadang menjengkelkan, hal tersebut sudah menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi ibu mertua, jika kamu meminta nasihatnya.

Apalagi jika kamu sedang mengalami permasalahan rumah tangga yang berat, tak hanya berlari kepada ibu kandung, namun ibu mertuamu juga perlu untuk kamu datangi dalam meminta nasihat dan pendapatnya.

Memberikan Kejutan

rajut-hiasan-amplop-surat-love
www.dakwatuna.com

Siapapun pasti senang jika diberi kejutan, baik berupa barang, uang, maupun sesuatu yang menyiratkan sebuah nilai kasih sayang dan perhatian.

Begitupun dengan ibu mertuamu. Sesekali belikan ibu mertua hadiah atau makanan yang disukainya, tidak hanya di saat-saat spesial, namun kadang di hari biasa juga bisa.

Hal tersebut akan membuat ibu mertuamu senang dan merasa kamu sangat perhatian padanya. Benar bukan?

Ringan Tangan

maxresdefault
youtube.com

Jadilah menantu yang ringan tangan, tak hanya gemar membantu secara fisik, namun juga siap membantu uang jika orangtua membutuhkan. Orangtua kandung maupun mertua.

Namun orangtua rata-rata akan sungkan dan sama sekali tak mau merepotkan anak-anaknya, terlebih masalah uang, sehingga pandai-pandai saja bagi anak dan menantu untuk memahami dan mengetahui permasalahan orangtua dan mertuanya.

Dengan sikap ringan tangan, siapapun akan senang denganmu, dan pastinya juga ibu mertuamu bukan?

Mendo’akannya

muslimah_berdoa
mutakhorij-assunniyyah.blogspot.com

Dan yang terakhir adalah jurus paling ampuh agar tetap selalu dekat dengan siapapun yang disayang, termasuk ibu mertua. Mintalah kepada Tuhan kelembutan hati-hati kalian agar terus berada dalam sikap saling menyayangi.

Dengan saling mendo’akan juga walau jarak tubuh terpisah jauh, maka hati tetap akan terasa dekat.