Banyak sekali kisah yang terjadi di sekeliling kita, bahwa ada perselisihan antara menantu dan mertua. Terlebih menantu perempuan dan mertua perempuan.

Kebanyakan itu semua dipicu adanya kesalah-pahaman, atau rasa cemburu yang pastinya sering melibatkan sosok laki-laki, yang adalah suami dari si Menantu perempuan tersebut.

Mungkin si Ibu yang merasa bahwa anak laki-lakinya harus menurut padanya, atau si Istri yang merasa bahwa suami harus mengutamakannya.

Eits, tunggu dulu!

Para Istri harus tahu bahwa yang sebenarnya harus diutamakan oleh suami kalian itu adalah Ibu mereka dulu, baru kalian, lho!

Dan hal tersebut telah dikuatkan oleh sabda Rasulullah Muhammad SAW. Jadi bagi muslimah, kamu harus bisa lebih menghormati mertuamu, agar mertuamu juga mencintaimu.

Kalau kamu ingin tahu kenapa kok Ibu harus diutamakan oleh suamimu padahal kamu harus mengutamakan suamimu disbanding orangtuamu, liat yuk 4 alasan kuatnya berikut ini.

1Dia Mengasuh Suamimu Sejak Dalam Kandungan

tentangwanita.com

Kamu seorang Istri, juga seorang Ibu. Pasti paham benar rasanya mengandung, melahirkan, menyusui, dan mengasuh anakmu hingga dia besar.

Sakit, sedih, senang, gelisah, dan berbagai rasa silih berganti mendatangimu. Apalagi jika kamu terpaksa jauh dari suamimu dan harus mengurus anak sendiri.

Nah sekarang di balik, ya seperti itulah yang dirasakan Ibu Mertuamu saat mengurus suamimu dulu. Hehehe.

2Belum Sempat Dia Dibahagiakan Anaknya, Anaknya Lebih Memilih Hidup Bersamamu

abiummi.com

Sebagai seorang Ibu, keinginan untuk selalu dekat dengan anak pasti sangat kuat. Apalagi ketika anak telah dewasa dan memiliki mimpi yang harus diraihnya.

Belum sempat si Anak membahagiakan Ibunya, walau jelas jasa Ibu tak pernah mampu dibalas anak, tapi suamimu itu lebih memilih hidup bersamamu, meninggalkan Ibu dan Ayahnya.

Hmm, apa kamu masih tega untuk iri pada mertuamu?

3Surga di Telapak Kaki Ibu

blog.djarumbeasiswaplus.org

Kata pepatah itu rasanya sudah tak asing lagi ya bagi kita. Jangan sampai deh, kita membuat suami kita durhaka pada Ibunya hanya karena keegoisan kita.

Kamu juga pasti tak ingin kan anak lelakimu mendurhakaimu ketika dia besar nanti?

4Ibu Mulai Menua dan Lelah

www.dakwatuna.com

Telah banyak yang Ibu berikan bagi anak laki-lakinya yang kini jadi suamimu. Apa sebagai wanita asing yang kemudian dipilih suami untuk ditanggung dunia akhiratnya itu, kamu tega menelantarkan Ibunya?

Ibunya adalah wanita yang telah mendidik dan mengorbankan banyak hal tak terkira sampai suamimu besar dan mampu mencukupi kebutuhanmu sekarang.

Dan kini, si Ibu telah menua dan lelah. Wajar jika orangtua itu mulai labil emosinya, maka sebagai yang lebih muda harusnya kamu bisa lebih sabar dan memahaminya.

Nah, itulah tadi 4 alasan kuat mengapa sebagai seorang menantu perempuan, kita harus bisa menempatkan posisi yang baik kepada mertua kita, terutama Ibu Mertua.

Jika memang ada tindakan Ibu Mertua yang kurang mengenakan, coba komunikasikan dengan baik bersamanya, diskusikan dengan baik bersama suami.

Bukankah jika sebagai orang muda kita bisa menghargai orang tua, maka orang tua pasti akan balik menyayangi kita bukan?