Negeri kita tercinta, Indonesia, memang memiliki kekayaan yang luar biasa. Salah satunya adalah kekayaan kuliner Nusantara yang sangat beragam dan tak terkira banyaknya.

Setiap daerah pasti mempunyai makanan khas daerah masing-masing. Begitupun dengan Jawa Timur.

Yup, kali ini kita mampir ke Jawa Timur. Jawa timur adalah provinsi paling timur pulau Jawa. Provinsi yang beribukota di Surabaya ini tak hanya kaya akan wisata budayanya namun ia juga memiliki makanan khas yang nikmat dan lezat.

Apakah kamu pecinta kuliner? Jika kamu singgah ke Jawa Timur jangan lupa mencicipi aneka masakan khas Jawa Timur berikut.

1Rawon

infokuliner.com

Makanan ini memiliki ciri khas dari segi kuah. Rawon memiliki kuah berwana kehitam-hitaman. Warna gelap ini diperoleh dari salah satu bahan masakan yaitu kluwek.

Jika kamu ingin menikmati kuliner yang satu ini kamu dapat menyambangi kota Pasuruan. Ya karena rawon terkenal di daerah Pasuruan.

Rawon biasanya berisi tauge, sayuran hijau,telur dan juga daging sapi yang lembut. Bisa kamu bayangkan betapa lezatnya makanan khas Jawa Tmur ini.

Kamu dapat menyantap rawon dengan nasi yang di atasnya ditaburi bawang goreng, serta kerupuk menjadi pelengkapnya.

2Soto Lamongan

www.jendelakuliner.com

Jika kita mendengar kata Lamongan, salah satu hal yang terkenal dari kota ini adalah sotonya.

Soto Lamongan memang beda dari soto-soto yang lainnya. Terdapat koya bertaburan di atas santapan soto ini.

Koya yaitu semacam bubuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih. Tak perlu khawatir, meskipun soto ini adalah khas dari Lamongan, kamu juga dapat menjumpai di daerah lain.

3Rujak Cingur

stuffpoint.com

Selama ini kita mengenal rujak adalah irisan buah-buahan segar dengan sambal pedas menggoda.

Rujak yang satu ini berbeda dari rujak buah. Adalah cingur, yang artinya mulut, cingur dikenal sebagai mulut sapi.

Di dalam rujak cigur terdapat cingur dan sayuran serta pelengkap lainnya. Yang membuat rujak cingur terasa sedap dan nikmat adalah bumbu-bumbu khasnya.

Yaitu petis, gula merah, cabe, dan juga kacang tanag yang digoreng. Semua bumbu tersebut diulek dan diberi sedikit air. Rasakan kelezatan rujak cingur jika kamu mampir di Jawa Timur.

4Lontong Balap

boergeris.com

Ingin tahu makanan yang ada dari jaman sebelum penjajahan? “Lontong Balap” namanya.

Lontong balap terdiri dari lontog, tauge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, dan sambal. Semua bahan tersebut lalu disiram dengan kuah yang nikmat.

5Gado-gado

www.kuliner123.com

Makanan ini sangat terkenal di Jawa Timur. Banyak yang menyukai gado-gado. Tak hanya orang-orang dalam negeri yang suka, orang luar negeri juga menyukai gado-gado.

Gado-gado merupakan makanan yang sehat. Bagaimana tidak, bahan-bahan yang ada di dalamnya antara lain sayuran rebus, tahu, tempe,telur, dan kentang.

Selanjutnya disiram dengan saus kacang yang gurih dan pedas. Yummy..

6Pecel

junantoherdiawan.com

Pecel merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang populer. Makanan ini cukup sederhana, di dalamnya terdapat sayuran rebus yang kemudian disiram dengan sambal kacang ditambah kerupuk atau rempeyek sebagi pelengkapnya.

7Tahu Thek

tempatberwisatamurah.com

Kamu dapat menikmati olahan tahu dengan tampilan yang lebih menggoda selera. Adalah tahu thek namanya.

Bahan dasar yang terdapat dalam makanan khas ini tentu tahu. Tahu digoreng setengah matang kemudian ditambah potongan lontong, kentang goreng, dan mentimun.

Selanjutnya disiram dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah goreng dan petis yang telah dihaluskan.

Menggoda selera bukan? Itulah beberapa makanan khas yang wajib kamu cicipi saat kamu singgah di Jawa Timur. Penasaran? Silahkan coba kelezatannya.