Lagu Indonesia Raya adalah lagu yang harusnya wajib dihafalkan oleh seluruh warga Negara Indonesia di luar kepala.

Lagu yang merupakan lagu kebangsaan Negara kita ini, bukan hanya sekedar lagu yang biasa dinyanyikan saat upacara bendera atau upacara kenegaraan.

Namun lagu ini memiliki begitu banyak inspirasi, dan kisah heroik, demi mendapatkan Indonesia yang merdeka atas penjajahan di masa dahulu.

Miris sekali, jika ada warga Indonesia, yang tak hafal lagu ini. Padahal andai kalian tahu, lagu ciptaan Wage Rudolf Supratman ini telah mampu membakar semangat para pejuang Indonesia di masa lampau.

1Diciptakan Oleh Seorang Mantan Wartawan

www.findagrave.com

Wage Rudolf Supratman adalah seorang mantan wartawan yang pernah bermukim di Makssar kemudian kembali lagi ke Tanah Jawa.

Suatu hari, jelang diadakannya Kongres Pemuda pada tahun 1928, Supratman membaca sebuah iklan di surat kabar yang isinya merupakan tantangan bagi para pemuda Indonesia untuk membuat sebuah lagu.

Tak main-main, lagu tersebut diserukan sebagai lagu yang akan dijadikan Lagu Kebangsaan Indonesia, karena juga akan diperdengarkan saat Kongres Pemuda tersebut.

Supratman tertantang. Dia kemudian bekerja keras demi menyelesaikan sebuah lagu yang kemudian dia juduli Indonesia Raya itu.

2Diperdengarkan Saat Kongres Pemuda II Tahun 1928

www.we-apply-what-u-say.com

Ternyata lagu gubahan Supratman menarik para peserta Kongres. Dia pun dipanggil di Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928, untuk memperdengarkan lagunya tersebut.

Supratman diminta oleh Ketua Kongres membawakan lagu Indonesia Raya itu tanpa lagu vocal dan hanya dengan suara biola tua miliknya itu.

Supratman menurut, dan mulai memainkan lagu Indonesia Raya dengan biolanya.

Seketika seluruh hadirin terdiam, ada yang pelan-pelan menitikkan air mata. Dan selesai lagu tersebut diperdengarkan, seluruh hadirin berdiri dan bertepuk tangan.

3Indonesia Raya Mendapatkan Sambutan Luar Biasa dari Para Pemuda Indonesia

thiarthea.com

Begitu lagu Indonesia Raya diumumkan ke khalayak luas, para Pemuda Indonesia langsung menyambut dengan penuh antusias, gegap gempita, seolah ada sebuah semangat baru untuk meraih kemerdekaan.

Mereka tak henti-hentinya mengumandangkan lagu tersebut, menyanyikan dengan penuh semangat, dan menuliskan lirk lagunya dimana-mana.

Hal tersebut membuat Belanda geram. Mereka merasa takut dan khawatir bahwa lagu tersebut bisa membangkitkan semangat nasionalisme pemuda Indonesia.

Akhirnya W.R Supratman diburu dan hendak ditangkap, dianggap dia menjadi sebab para Pemuda seperti itu.

Dalam tekanan seperti itu, ditambah penyakitnya yang semakin parah, Supratman akhirnya meninggal di usia yang masih muda yaitu masih 35 tahun.

4Lagu Indonesia Raya Ditetapkan Sebagai Lagu Kebangsaan

youtube.com

Walau Supratman telah tiada, walau Belanda sempat melarang lagu tersebut diperdengarkan atau dinyanyikan, namun akhirnya Indonesia Raya ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia.

Tak ada yang mampu mengekspresikan betapa dahsyat bahasa persatuan yang mampu dikumpulkan W.R Supratman dalam sebuah lagu yang berjudul Indonesia Raya tersebut.

Lagu yang mungkin saat ini bagi bangsa Indonesia dianggap sebagai lagu yang hanya dinyanyikan saat upacara saja, namun lagu ini begitu luar biasa maknanya bagi perjuangan bangsa Indonesia.