Nike Ardilla, hingga kini menjadi satu-satunya penyanyi yang namanya tidak pernah lekang tergerus abad.

Belum ada penyanyi muda era sekarang yang mampu mengalahkan kualitas, popularitas dan karisma Nike Ardila.

Nike Ardila adalah legenda abadi. Dia menghembuskan nafas terakhirnya di usia 19 tahun akibat kecelakaan tunggal yang dialaminya. Peristiwa tragis itu merenggut nyawa sang idola pada tahun 1995.

Prestasi Nike tidak hanya diakui seluruh penghuni tanah air Indonesia, tetapi juga seluruh dunia. Nike kerap dijadikan kiblat bagi musisi dan belantika musik Indonesia. Karya-karya Nike berupa lagu dan album telah mendulang sukses luar biasa.

Kecemerlangan Nike semakin terlihat tatkala ia menduduki rangking terbaik di beberapa negara di lingkup ASEAN. Nike menjadi penyanyi muda, berbakat dan cantik yang meraih prestasi emas di kala era 90-an.

Hampir semua orang tahu, judul single yang dibawakan oleh Nike Ardilla. Namun, ternyata Nike masih menyimpan beberapa lagu yang tidak pernah diangkat menjadi single.

Karya-karya Nike yang terpendam itu justru memiliki kualitas terbaik. Lagunya enak didengar dan syairnya menusuk tajam serta penuh makna.

Apa saja sih judul lagu dan liriknya? Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut!

1Bila

itunesku.com

Lagu berjudul Bila, menjadi daftar lagu emas pertama yang pernah dibawakan Nike Ardila. Lagu tersebut merupakan ciptaan Teddy Riadi. Kamu bisa mendengarkan merdunya suara Nike saat menyanyikan lagu ini di album Sandiwara Cinta.

Memang, nuansa yang muncul dari lagu Bila terasa berbeda daripada lagu Nike yang lainnya. Kesan hangat dan tenang lebih dominan dalam lagu ini. Alat musik yang digunakan pun lebih banyak berupa petikan gitar.

Kualitas vokal Nike yang sempurna tetap terlihat meskipun lagu tersebut tidak banyak melambungkan nada tinggi. Lembut namun powerfull itulah kesan ketika Nike menyanyikan lagu Bila.

2Di Dalam Sunyi

kompasiana.com

Franky Sahilatua dan Embong Raharjo turut mempersembahkan lagu ciptaan mereka untuk dinyanyikan sang diva, Nike Ardilla.

Lagu itu berjudul di Dalam Sunyi. Mungkin karena tidak menjadi single dan hanya nyempil di album Biarlah Aku Mengalah (1993), makanya lagu ini kurang banyak dikenal. Kebanyakan orang hanya menikmati lagu-lagu Nike yang diciptakan Deddy Dores.

Aroma jazz terasa kental sepanjang lagu melalui tiupan saxophone. Kesan berbeda dari lagu-lagu Nike yang lain juga muncul dari tembang ini.

Nike berhasil membuktikan bahwa ia memiliki penyanyi multitalenta dengan kualitas vokal tiada duanya.

3Kau Bukan Untukku

arnityani.wordpress.com

Inilah lagu yang didengungkan Nike Ardilla tepat 3 bulan sebelum peristiwa kecelakaan naas pada tahun 1995. Lagu berjudul Kau Bukan Untukku tersebut merupakan ciptaan Erens F Mangolo.

Sama dengan lagu Bila, tembang yang satu ini juga masuk dalam kompilasi album Sandiwara Cinta. Dengan membawa tema galau dan putus asa karena cinta bertepuk sebelah tangan, lagu tersebut menyentuh hati Nike.

sylverhand.wordpress.com
sylverhand.wordpress.com

Bahkan Nike sempat meneteskan airmata tatkala rekaman lagu Kau Bukan Untukku. Nike sampai tak bersuara karena syairnya sangat menusuk hati Nike. Oleh sebab itu, proses rekaman Nike ditunda.

4Jeritanku

apple.com

Lagu Nike selanjutnya yang masuk dalam kategori terbaik, berjudul Jeritanku.

Tembang bertema cinta besutan Pance Pondaag ini bisa kamu dengarkan dalam album Biarkan Cintamu Berlalu. Lagu Jeritanku diproduksi setahun sebelum Nike Ardilla meninggal dunia.

Pance Pondaag termasuk pencipta lagu pop kondang di era 90-an. Lagu bergenre jazz ciptaan Pance Pondaag berhasil dibawakan dengan sangat baik oleh Nike Ardilla.

Nike menyanyikan lagu Jeritanku dengan diiringi saxophone dan piano yang didalangi oleh Embong Rahardjo.

5Semestinya

terbarux.blogspot.com

Rupanya Deddy Dukun juga turut berpartisipasi melambungkan nama Nike Ardilla lewat lagu ciptaannya yang berjudul Semestinya. Lagi-lagi Nike ditantang untuk membawakan lagu beraroma jazz dalam lagu ini.

Lagu Semestinya disandingkan dalam gabungan album Biarlah Aku Mengalah. Uniknya, meskipun termasuk kategori galau, lagu Semestinya ini memberikan pesan semangat tentang cinta.

Demikianlah tadi 6 judul lagu emas yang melambungkan nama Nike Ardilla di kancah musik tanah air dan ASEAN. Semoga karyanya terus dikenang selamanya ya, guys!