Nike Ardilla adalah sebuah fenomena. Ia memulai karier bernyanyinya saat menjuarai sebuah festival menyanyi pada umur 8 tahun. Barangkali itulah awal yang menyebabkan lagu Nike Ardilla tetap digemari dan menjadi masterpiece sampai saat ini.

Tahukah kamu? Hingga saat ini, penjualan album Nika Ardilla telah terjual di berbagai negara di Asia. Bahkan penjualannya mencapai total 20 juta kopi album di Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Jepang.

Nah, sebagai nostalgia masa lalu berikut beberapa lagu lagu Nike Ardilla yang dinyanyikan selama ia masih hidup. Seluruhnya merupakan karya yang tak lekang oleh waktu. Lagu mana yang jadi favorit kamu?

1Seberkas Sinar

rentalmobilyogyamurah.com

Penyanyi legendaris ini pernah menjuarai 5 festival musik pada usia 13 tahun. Sayangnya, pada umur 19 tahun, ia meninggal dalam sebuah kecelakaan lalu lintas di Bandung tahun 1995.

Lagu Nike Ardilla berjudul Seberkas Sinar ini diciptakan oleh Dedi Dores, album pertama berjudul sama, Seberkas Cahaya yang dirilis tahun 1989. Album fenomenal yang tercatat telah terjual hingga 500.000 kopi/kaset.

2Bintang Kehidupan

poobearsgfx.wordpress.com

Pada umur 11 tahun, Nike melakukan debut rekaman pertamanya dengan lagu single berjudul Lupa Diri. Lupa diri bukanlah lagu anak-anak. Pada usia 11 tahun pula Nike pertama kali bermain di film layar lebar.

Tahun 1990, album keduanya yang berjudul sama, Bintang Kehidupan menjadi fenomena yang sangat menggemparkan. Album kedua ini terjual hingga 2.000.000 unit. Rekor yang sangat mendominasi hingga saat ini.

3Panggung Sandiwara

tiketnonton.com

Lagu Nike Ardilla yang satu ini rilis setelah kematiannya, tahun 1997. Inilah lagu ciptaan Ian Antono. Ian Antono menjelaskan ia merekam lagu ini dinyanyikan langsung oleh Nike Ardilla beberapa bulan sebelum ia meninggal.

Lagu ini juga pernah dipopulerkan oleh Ahmad Albar dan Nicky Astria. Bahkan lagu ini hingga saat ini lagu ini telah dinyanyikan oleh banyak musisi terkenal di Indonesia. Lagu ini sangat populer di Indonesia selama 4 dekade terakhir.

4Tinggallah Ku Sendiri

pendoasion.wordpress.com

Ini adalah lagu Nike Ardilla yang menjadi hits pada tahun 1993. Menurut Inka Christie, lagu ini sebenarnya pertama kali direkam oleh dengan vokal Inka Christie, namun belum pernah dirilis.

Nike mendengarkan Inka saat take-vocal lagu ini dan ia memohon pada Inka agar lagu ini diberikan kepadanya dan ia nyanyikan. Jadilah lagu in single ini terkenal sebagai lagu Nike Ardilla.

5Sandiwara Cinta

redvelvetcafe.net

Pada umur 16 tahun, Nike mewakili Indonesia di Asia Song Festival 1991 di China. Bahkan ia menjadi juara pada kategori Penyanyi Pop Terbaik se-Asia Pasifik. Sebuah pencapaian yang akan sangat sulit ditandingi hingga sekarang.

Inilah album terakhir yang dirilis pada awal bulan Maret tahun 1995. Bulan yang sama saat Nike mengalami kecelakaan yang menyebabkan ia meninggal dunia. Namun, sebenarnya lagu Sandiwara Cinta telah diputar di berbagai radio sejak tahun 1994.

6Mama Aku Ingin Pulang

rangtalu.wordpress.com

Lagu ini rilis tahun 1995, tahun di mana Nike mengalami kecelakaan dan meninggal. Banyak yang mengira lagu ini adalah lagu Nike Ardilla terakhir sebelum ia meninggal.

Namun sebenarnya lagu ini telah direkam oleh Nike pada dua tahun sebelum dirilis pada tahun 1995. Lagu ini memang memiliki lirik yang dramatis, seolah menandai berpindahnya Nika dari label Blackboard ke Musica Studio.

Bagaimana? Lagu yang mana pilihan kamu? Album yang mana favorit kamu? Mungkin di antara lagu dan album di atas bukan favorit kamu? Tentu kamu bisa menyampaikan pendapat kamu di kolom comment  di bawah artikel ini.