Seorang fotografer bernama Dave Sandford yang sudah berkecimpung dalam dunia fotografer profesional selama 18 tahun. Dia melakukan pemotretan tim olahraga profesional sebagai pekerjaannya.

Meskipun Sandford bekerja dalam bidang fotografi olahraga namun dia juga suka dengan air, karena memang sejak kecil dia suka bermain air. Kemudian Sandford tertarik melakukan fotografi ombak.

Dia memilih danau yang cukup terkenal di Amerika yaitu lake erie yang terletak di Ontario, Kanada. Sandford memilih waktu untuk berburu foto pada bulan Oktober sampai Desember.

Pada saat inilah lake erie menunjukkan wujud mengerikannya sehingga lebih mirip laut daripada danau. Dengan panjang 388 km dan lebar sekitar 92 km, lake erie merupakan danau terdangkal dari lima the Great Lake lainnya.

Namun, karena kedangkalannya danau inilah yang menyebabkan kondisi dapat berubah sangat derastis hanya dalam hitungan menit. Ombak akan datang secara tak terduga.

Lake Erie merupakan alam yang keras dan tidak bisa diprediksi. Tercatat pada abad 17 sebanyak 1800-8000 kapal telah karam dan kebanyakan tidak ditemukan.

Sandford menggunakan gear andalannya untuk hunting ombak ini. ‘Senjata’ yang ia bawa yaitu Canon 1Dx dengan lensa 400 mm dan 70-200 mm. Dengan rata-rata ketinggian ombak 25 inchi atau sekitar 0,6 meter.

Pada waktu seperti orang akan cenderung menjauhi danau, namun saat seperti ini juga Danau Erie akan menunjukkan kekuatan aslinya dan terlihat hidup.

1The Sandstorm

www.architecturendesign.net

Seperti namanya ombak ganas ini terlihat berhamburan seperti pasir yang tertiup angin. Hampir mirip seperti badai pasir, kumpulan debu beterbangan menutupi dan menerjang semua yang dilewatinya.

2Red Peak

www.architecturendesign.net

Foto ini diambil ketika sore hari, ketika matahari berwarna kemerahan memancarkan cahaya merahnya yang sangat indah. Ombak ganas dengan latar belakang langit mega membara.

Deburan indah air yang tersapu angin menambah eloknya foto ini. Meskipun dengan cahaya yang cukup minim, Sandford tetap mampu menampilkan fotonya dengan fokus dan kecerahan yang maksimal.

3The Gales of November

www.architecturendesign.net

Ya mungkin inilah ombak yang cukup ganas yang mampu menggambarkan betapa kerasnya alam di Lake Erie. Terlihat tiga gulungan ombak yang besar.

Ombak seperti ini yang akan muncul karena angin yang berhembus saat bulan November. Jika ada perahu yang tersapu gulungan ombak ini, bisa kamu bayangkan apa yang terjadi.

4Freshwater Fury

www.architecturendesign.net

Seperti sebuah cengkraman tangan yang sangat besar. Yah begitulah ombak ini terlihat. Seperti kemarahan yang tergambar melalui cengkraman. Ombak yang sangat mengerikan.

Namun oleh Sandford diubah menjadi karya foto yang indah dengan deburan air yang tersapu angin. Sangat menakjubkan bukan?

5Black Friday

www.architecturendesign.net

Seperti sebuah ombak yang berputar terlihat dari lengkungannya. Namun penulis sendiri juga tidak tahu kenapa foto ini bisa diberi nama black friday.

6Two Face

www.architecturendesign.net

Sesuai namanya two face, ombak besar ini menggulung ke dua arah yang berbeda saling membelakangi. Dengan latar belakang langit biru yang bersih.

7Eerie Erie

www.architecturendesign.net

Foto ombak danau seakan-akan seperti makhluk dengan dua mata dan mulut yang cukup mengerikan. Di Danau Erie sendiri memiliki banyak misteri seperti adanya makhluk penunggu yang menjaga danau.

Apakah ini ombak yang kebetulan terbentuk seperti itu atau inilah makhluk penghuni Danau Erie yang menjadi misteri? Bagaimana menurut kamu?

8The Phonograph-Songs of the Deep

www.architecturendesign.net

Bentuk ombak yang menggulung dengan ujungnya yang tertutup seperti sebuah terompet. Ya lebih tepatnya phonograph sebuah yang digunakan untuk memutar musik dari jaman dahulu.

Sangat menarik bisa menemukan momen objek ombak yang menakjubkan seperti ini. Kamu tertarik untuk melakukannya? Silahkan datang ke Danau Erie.

9Lake Erie Monster

www.architecturendesign.net

Inilah monster erie yang sesungguhnya. Seperti terlihat sebuah ombak besar dan tinggi seperti sebuah tembok yang menghalangi pandangan. Dipadu dengan langit merah yang cantik.

Sang monter yang sangat mengerikan namun dikemas indah dan menakjubkan oleh Sandford.