Ibu adalah sosok yang lembut, penuh kasih sayang dan penyabar. Bicara tentang ibu tidak akan ada habisnya.

Dia seperti malaikat yang nyata ada di bumi ini karena kasih sayangnya tak tergantikan oleh apapun. Ibu adalah sahabat sejati yang senantiasa bersama kita dalam keadaan apapun, baik suka maupun dalam kesedihan.

Di kehidupan ini, figur seorang ibu mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan mental dan emosional seseorang.

Dalam sebuah keluarga ibu memiliki peran yang penting salah satu mendidik anak-anaknya. Meskipun kita memiliki sosok ayah yang sangat baik, namun ibu tetap tidak akan tergantikan peranannya.

Baik anak perempuan maupun anak laki-laki karakter ibu sangat penting bagi mereka. Terutama bagi anak laki-laki, ibu adalah sosok yang dapat mendidiknya menjadi pribadi yang penuh kasih sayang dan bertanggungjawab.

Baginya ibu adalah cinta pertamanya, karena ibulah yang pertama kali mengajarkan tentang kasih sayang penuh kelembutan.

Agar anak laki-laki memiliki pribadi yang sabar, penuh kasih sayang dan bertanggungjawab kamu bisa melakukan beberapa cara berikut.

1Mengajarkan Kesabaran dan Ketegaran

ujlagujlug.blogspot.com

Dalam sebuah rumah tangga kamu pernah mengalami masalah, masalah yang menimpa keluarga tersebut sebaiknya kamu hadapi dengan penuh kesabaran dan ketergaran.

Kesabaran yang ibu tunjukkan dapat menjadi contoh nyata bagi anak-anaknya. Dengan begitu, sikap sabar dan tegar yang kamu tunjukkan akan mengajarkan kepada anak secara tidak langsung.

Kelak ketika sudah dewasa mereka juga akan tegar dan kuat dalam mengahdapai tantangan hidupnya.

2Mengajarkan Kelembutan

id.up-wallpaper.com

Jika anak laki-laki tumbuh tanpa sosok ibu ia akan menjadi pribadi yang kasar dan kurang peka bahkan terhadap dirinya sendiri.

Ia cenderung egois dan kurang menghargai orang lain. Peran ibu disini mengajarkan anak laki-laki menjadi seseorang yang memiliki sikap lemah lembut, peka terhadap lingkungan dan tidak meninggalkan sisi ketegasannya.

3Jadilah Perekat

s-hukum.blogspot.com

Ketika di dalam rumah terjadi konflik sosok ibu diharapkan bisa menjadi orang yang netral. Ia menjadi penengah dan pendamai perselisihan yang terjadi.

Konflik bisa terjadi antara anak dan ayah, atau antar anak-anaknya. Maka secara tidak langsung ibu memberikan teladan pada anak laki-lakinya untuk menjadi anak yang penuh kasih.

4Menjadi Penyemangat

inhearttalk.blogspot.com

Ketika suami mengalami masa sulit atau ada masalah jadilah sosok yang mampu memberikan semangat sehingga suami akan bangkit kembali.

Begitupun pada anak, ada kalanya mereka mengalami tantangan hidup yang berat. Maka berikanlah dukungan dan keyakinan sehingga energi postif dan penuh keoptimisan akan mengalir kepada anak.

Hal ini mengajarkan banwa segala sesuatu ada jalan keluarnya.

5Menjadi Ibu Pemberani

luthviar.blogspot.com

Ibu tidak harus identik dengan orang yang lemah dan serba butuh perlindungan. Di sisi lain tunjukkan bahwa ibu adalah sosok yang pemberani juga.

Ibu dapat melakukan sendiri tugas-tugas lelaki tanpa harus menunggu suami pulang kerja. Misal saja kerika ban sepeda kempes, ia memiliki gagasan untuk menambalkannya. Atau atap bocor, ia berusaha membenahinya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi ibu yang baik bagi anak laki-lakinya. Mungkin hal di atas terlihat sepele, akan tetapi di mata sang buah hati kamu adalah sosok ibu yang hebat.