Kita semua baik pria maupun wanita pasti sudah tahu sedikit banyak tentang menstruasi bukan? Ya meskipun pria tidak mengalami, paling tidak tahu lah bagaimana menstruasi itu.

Ya, menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen maupun LH-Progesteron.

Proses ini ditandai dengan meluruhnya dinding rahim yang disertai dengan pendarahan. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Menstruasi ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause.

Nah, kali ini kita bukan akan membahas tentang prosesnya Guys, tapi lebih kepada apa saja yang sebaiknya dilakukan ketika sedang menstruasi. Mau tahu lebih lanjut? Check this out Guys!

1Ketika Nyeri, Usahakan Minum Pereda Nyeri yang Alami

carageek.com

Sebagian wanita, akan merasakan nyeri ketika sedang dalam siklus haid. Entah itu nyeri di bagian punggung, perut, ataupun bagian tubuh lainnya. Nah, ketika nyeri melanda, sebaiknya meminum ramuan alami untuk meredakan nyeri tersebut.

Selain aman, namun bahan – bahannya dapat dengan mudah dan murah kita dapatkan. Ramuan yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri haid adalah kunyit asam.

Selain meredakan nyeri haid, ramuan ini juga berkhasiat untuk meningkatkan stamina tubuh ketika haid dan mengurangi bau tidak sedap pada darah kotor yang dikeluarkan.

2Rajin Ganti Pembalut

kompasiana.com

Saat menstruasi, rajinlah mengganti pembalut Guys, lebih-lebih ketika sedang dalam masa ‘banyak-banyaknya’. Minimal sebaiknya mengganti pembalut dari 2 hingga 4 kali sehari. Kenapa harus begitu?

Yup, karena jika cairan yang tertampung di pembalut menumpuk, baik itu darah kotor yang dikeluarkan maupun cairan keringat, pasti akan meningkatkan tingkat kelembaban di area miss V.

Nah, karena kuman sangat menyukai yang lembab-lembab seperti itu, maka akan meningkatkan kemungkinan terkena iritasi dan keputihan yang abnormal.

Dan, did you know? Keputihan yang tidak normal ini merupakan pemicu utama infertilitas atau kemandulan di Indonesia. Ngeri bukan?

3Bilas Miss V dengan Benar

ummi-online.com

Nah, ketika membersihkan area kemaluan, usahakan membersikannya dari depan kearah belakang. Apa tujuannya? Yes, hal ini dilakukan agar kuman yang terdapat di bagian dekat anus tidak berpindah ke area miss V.

Guys, yang penting juga, kaliam harus selalu mencuci tangan hingga bersih sebelum membilas daerah kemaluan. Jangan sampai kuman yang berada di tangan sebelumnya, berpindah ke area sensitive.

Mudah sekali bukan Guys? Satu langkah kesadaran merawat miss V yang kita lakukan bisa menekan angka kemandulan di Indonesia Guys, so let’s do it right now! Kalau bukan kita siapa lagi? Semoga bermanfaat!