Saat kamu memasuki gerbang usia 25 tahun, kamu sudah dianggap cukup dewasa untuk bisa memutuskan banyak hal sendiri.

Kamu sudah mengalami banyak sekali perubahan memasuki usia seperempat abad. Mulai dari perubahan karir, gaya hidup, sampai urusan hati. Tidak boleh ada yang main-main lagi kali ini.

Nah, ada baiknya sebelum masuk ke usia 25, kamu harus melakukan lompatan besar, perubahan signifikan yang harus segera dipraktikkan supaya tak ada penyesalan yang mengikuti kemudian.

Segara kejar 5 perubahan ini agar kamu tidak tertinggal dan bisa hidup bahagia di masa depan;

1Ikuti Kata Hati, Panggilan Jiwa

viaberita.com

Kamu bukan lagi anak-anak yang harus mengikuti apa kata orang. Sekaranglah saatnya kamu benar-benar menjalani semua hal yang memang menjadi kecintaanmu, kesukaanmu, dan keahlianmu.

Misalnya, kamu ingin menjadi sastrawan, maka geluti dunia literasi sampai ke akar-akarnya. Tenang, tidak ada kata terlambat asal kamu terus bekerja keras.

2Belajar Hidup Cukup

arrahmah.co.id

Kalau sebelumnya kamu sangat peduli soal gadget, makan makanan enak di restoran, belanja pakaian, maka sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Paksakan diri untuk bisa mengerem, mengontrol pengeluaran.

Memasuki umur 25 sudah bukan masanya mengejar gengsi dan gaya hidup. Semakin bertambah bilangan usia, haruslah semakin sederhana dan bersahaja menjalani hidup.

3Rencanakan Pernikahan

awahyudi04.wordpress.com

Sudah tidak ada lagi yang namanya galau. Jangan lagi main-main dengan perasaan, alasan cinta monyet lah, atau yang lain. Segeralah tentukan rencana pernikahan.

Sudah bukan waktunya kamu pacaran. Stop pacaran, dan segera naik pelaminan. Come on, kamu harus dewasa menyikapi segala sesuatunya. Ini demi masa depan keturunanmu kelak juga lho.

4Jaga Persahabatan

sukarto.com

Semaki dewasa, kamu tidak boleh lagi berteman dengan orang-orang hanya untuk bersenang-senang. Pertemanan itu haruslah yang kekal sampai surga.

Buat apa berteman dengan seseorang yang tidak bisa menuntunmu ke surga dan menikmati keindahan akhirat bersama-sama?

Carilah lingkungan yang baik, jika sudah dapat teman yang bisa saling mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran, jagalah ia.

Ikat erat, sebab temanmu itulah yang kelak akan bersaksi bahwa kalian bersahabat bukan karena kesamaan hobi, atau alasan kerdil lain. Tapi kalian benar-benar bersahabat atas dasar akidah.

5Wujudkan Semua Rencana Hidup

mihaistanescu.ro

Kamu juga mesti berdamai dengan banyak hal, seperti kegagalan, kesalahan, kompromi terhadap rencana yang tidak sesuai dengan takdir Allah Swt.

Pada usia ini, kamu memang akan belajar tentang kesabaran menjalani proses, lebih ikhlas menerima keadaan, dan beradaptasi dengan seluruh perubahan.

Doa, usaha, dan doa kembali adalah langkah tepat yang harus kamu tempuh dalam setiap prosesnya.

6Buat Proyek Kesehatan Diri

lighthouse-indonesia.com

Selain olah raga, menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, kamu harus mulai menyiapkan dana khusus kesehatan, semacam asuransi.

Kelak, ketika kamu sakit dan membutuhkan biaya besar, kamu tak perlu berutang. Hindari utang sebisa mungkin ya. Proyeksi kesehatan ini sangatlah penting sebagai rencana jangka panjang.