Bagi kamu yang kini sedang menjalani hidup menjadi anak kos, kadang kala ada beberapa kebiasaan yang biasa kamu lakukan di rumah membuatmu kehabisan uang di akhir bulan. Bahkan saat gajian atau uang bulananmu belum kamu terima. Menyedihkan bukan?

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi beberapa tips mudah agar kamu bisa hidup lebih hemat lagi. Sehingga uang yang kamu miliki tidak habis dengan cepat. Bahkan kamu bisa menyisakan sebagiannya untuk ditabung atau keperluan lainnya.

1Makan Kenyang Sepuasnya di Warung Prasmanan

detik.com

Saat ini sudah banyak warung yang menerapkan sistem prasmanan untuk kepuasan konsumennya. Makan sedikit atau banyak, harganya juga sama. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengambil nasi sebanyak-banyaknya serta lauk kesukaanmu. Sehari cukup makan 2 kali dengan porsi besar.

2Masak Nasi Sendiri

wikihow.com

Ada syarat untuk tips yang satu ini, yaitu ketersediaan rice cooker. Tentu nasi sebagai makanan utama orang Indonesia harus ada di setiap makan kita. Kalau sudah ada rice cooker, tinggal beli lauknya saja. Nasi masak sendiri  dong.

Sekarang coba kita  hitung berapa uang yang bisa kita hemat dalam sebulan. Misalkan saja harga nasi di warung satu porsi 3.000 rupiah. Sehari saja kamu sudah habiskan 9.000 rupiah. Kalau sebulan berarti kan 270.000 rupiah. Dengan rice cooker kita bisa lebih hemat lagi dong pastinya.

3Membawa Botol Minum Sendiri

mhdanugrah.wordpress.com

Membawa botol air minum sendiri banyak keuntungannya lho. Selain untuk menghemat pengeluaran kita kalau pas butuh minum, juga memberikan alternatif minuman sehat karena notabene yang kita bawa di botol minuman adalah air putih.

4Puasa

putihkental.co

Tips ini juga memiliki banyak manfaat, diantaranya merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Juga dapat menjadikan tubuh kita sehat karena proses detoksifikasi atau pembersihan racun-racun dari dalam tubuh kita. Serta membuat pengeluaran kita untuk makan di luar dapat dikontrol.

Banyak macam puasa sunnah yang dapat kamu lakukan. Seperti puasa senin kamis, puasa pertengahan bulan, puasa daud dan puasa sunnah lainnya.

5Menghemat Barang Sampai Titik Penghabisan

kaskus.co.id

Apapun barang kebutuhan harianmu, entah itu sampo, sabun mandi, pasta gigi, kecap, saus dan barang lainnya, jika sudah mau habis jangan langsung dibuang begitu saja. Karena kamu masih bisa menggunakannya dengan sedikit upaya kecil lho.

Seperti sampo atau sabun cari. Cobalah untuk mencampurkannya dengan sedikit air. Lalu kocok dan diamkan dalam kondisi terbalik. Atau untuk pasta gigi, jika sudah dirasa mau habis, gunakan sendok untuk memencetnya hingga gepeng kemudian lipat sampai kecil. Lebih hemat bukan?