Kenapa ya gunung berapi itu bisa mengeluarka lahar? Memangnya asal lahar itu darimana? Lalu, di dalam bumi kita ini sebenarnya isinya apa saja sih?

Kamu pernah nggak terlintas pertanyaan-pertanyaan semacam itu di benak kamu. Bertanya-tanya dengan sesuatu yang sangat dekat dengan kita. Tempat di mana kita bernapas dan berdiri serta berjalan setiap harinya.

aryosuwondo.blogspot.com
aryosuwondo.blogspot.com

Lalu, setelah ada lintasan-lintasan pertanyaan seperti itu, apakah kamu pernah mencari tahu jawabannya? Mungkin di antara kamu ada yang mencari informasinya ada juga yang tidak.

Tapi sebenarnya pengetahuan tentang bumi ini kan sudah kita pelajari di bangku sekolah, bahkan kelas 4 SD pun kita sudah belajar hal ini. Kalau sekarang kamu lupa sih nggak papa juga, kan bisa cari informasinya lagi.

Namun bagi kamu-kamu yang mungkin nggak sempat untuk mencari informasinya sendiri, yuk kita diskusikan bersama. Sebenarnya lapisan bumi kita itu ada apa saja sih.

1Planet Bumi

dianakusumaa.blogspot.com

Sebelum kita masuk ke dalam lapisan-lapisan bumi yang lebih dalam, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan planet yang kita diami dan planet itu adalah planet bumi.

Kalau melihat bentuknya melalui satelit, bentuk bumi kita itu bulat, sama seperti planet-planet lainnya. Lalu di mana kita berada? Kita berada di atas permukaan bumi tentunya.

Bumi kita kan selalu berputar pada porosnya tuh, kok kita nggak jatuh ya? Kita kan ada di permukaannya? Ya, itulah fungsi dari gaya gravitasi yang menyebabkan kita bisa tetap di atas bumi walaupun kita berada dipermukaan.

Selain itu, kita pun dilindungi oleh lapisan atmosfer yang membuat kita terlindung dari sinar matahari yang begitu panas dan benda-benda langit yang berjatuhan dari luar angkasa.

2Kerak Bumi

fileq.wordpress.com

Bagian paling luar dari lapisan bumi kita adalah kerak bumi.  Kerak bumi sebagian lapisan bumi terluar dibagi menjadi dua bagian, yaitu kerak samudra dan kerak benua.

Apa perbedaan kerak samudra dan kerak benua? Perbedaannya terletak pada bahan penyusunnya. Penyusun kerak samudra adalah batuan basalt dan penyusun kerak benua adalaha granit.

3Mantel Bumi

adiwarsito.wordpress.com

Lapisan kedua dari permukaan bumi adalah mantel bumi. Mantel bumi adalah bagian yang tidak terlihat oleh kita selama kita hidup di permukaan bumi ini.

Kok gitu? Ya memang begitu, soalnya mantel bumi letaknya sangat dalam dari permukaan. Mantel bumi itu merupakan  lapisan yang berisi bebatuan yang memiliki kedalaman sekitar 2900 km.

Wow, dalam sekali ya mantel bumi ini, setelah mantel bumi lapisan selanjutanya ada apa ya? Kita lanjutkan yuk!

4Inti Luar

jendelasarjana.com

Lapisan bumi yang ketiga ini adalah inti luar bumi. Kalau kita lihat dari namanya, berarti masih ada inti bagian dalamnya dong ya bumi kita itu. Untuk tahu kebenarnya langsung kita ulas saja yuk!

Berdasarkan informasi dari wikipedia lapisan inti luar itu adalah lapisan cair dengan ketebalan sekitar 2,266 km (1,408 mil), terdiri dari besi dan nikel yang terletak di atas inti dalam dan di bawah mantel.

5Inti Dalam

muhammadzuhal.wordpress.com

Inti dalam bumi adalah bagian paling dalam dari lapisan bumi kita. Lapisan ini berbentuk dari bola padat. Diyakini bahwa inti dalam bumi terdiri dari campuran besi dan nikel.

Selain itu, diperkirakan suhu pada inti dalam bumi diperkirakan sama dengan suhu permukaan matahari. Wah, nggak kebayang panasnya ya?

Demikianlah sekilas informasi mengenai lapisan bumi kita. Semoga bermanfaat!