Memasuki masa perkuliahan, tanggung jawab sebagai siswa menjadi semakin berat. Selain porsi tugasnya yang semakin banyak, siswa yang telah bertransformasi menjadi mahasiswa, juga dituntut untuk memberikan kualitas tugas yang lebih baik.

Mungkin kamu dahulu harus repot-repot pergi ke toko buku atau perpustakaan demi mencari buku untuk referensi tugas-tugas. Belum lagi tugas-tugas dikerjakan dengan tulis tangan atau mesin ketik.

Sekarang? cukup menyalakan laptop, buka browser, lalu googling untuk cari referensi.

Google memang sudah merevolusi pola kegiatan manusia dalam mencari informasi. Melihat fenomena ini Google pun tergerak membuat beberapa layanan yang digabung dalam program Google for Education.

Sesuai dengan namanya, program ini ditujukan untuk membantu kegiatan belajar para siswa. Tapi di luar dari program tersebut, Google pada dasarnya memang sudah memfasilitasi kebutuhan akademis kita juga sih. Beberapa di antaranya adalah layanan berikut ini:

1Google Scholar

jasonsalemi.strikingly.com

Google Scholar merupakan mesin pencari Google yang dikhususkan untuk mencari literatur ilmiah. Ketika kamu memasukan suatu kata kunci ke dalam Google Scholar, hasil pencariannya akan berfokus kepada artikel ilmiah, jurnal, skripsi, tesis, buku dan berbagai tulisan ilmiah lainnya.

Fitur-fitur Google Scholar termasuk pencarian rujukan dan kemampuan untuk menyimpan hasil pencarian.

Jika kamu beruntung, kamu bisa saja menemukan beberapa artikel ilmiah atau buku yang dapat diunduh secara gratis. Sehingga lebih mudah bekerja tanpa menggunakan internet. Untuk mengaksesnya, kamu bisa ke scholar.google.com

2Google Classroom

chrome.google.com

Kalau dahulu belajar hanya dapat dilakukan di dalam kelas, kini dengan Google Classroom, kegiatan belajar bisa dilakukan tanpa harus bertemu di kelas.

Fasilitas yang tersedia memungkinkan kita untuk dari mengumpulkan tugas, berdiskusi, hingga dalam hal pengontrolan, para guru juga bisa mengawasi perkembangan tugas yang sedang dikerjakan oleh para murid.

Sayangnya prosedur untuk menggunakan Google Classroom cukup rumit, karena menuntut kesinambungan antara guru dan seluruh murid.

Ditambah lagi, layanan ini mewajibkan jaringan internet dan perangkat komputer yang memadai, hal yang menjadi kesulitan tersendiri bagi beberapa Sekolah atau Universitas di Indonesia.

3Google Books

slashgear.com

Tatkala buku teks harganya terlampau mahal, buku bekas memang bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Atau kalau tidak terlalu peduli dengan masalah copyright, fotokopi buku teman maupun beli buku bajakan pun bisa jadi solusi.

Tapi, dibanding beli dengan cara tidak resmi atau beli buku bajakan, ada baiknya kamu mencoba layanan Google Books.

Layanan Google Books menyediakan berbagai macam buku yang dapat diakses secara online. Buku-buku yang ada di dalam Google Books berbayar, tetapi ada preview atau abstrak dari beberapa halaman buku.

Preview yang disediakan Google Books cukup memadai untuk menjadi referensi dalam mengerjakan tugas.

Preview buku yang ada dalam Google Books juga dapat disimpan dengan mengklik tombol “tambahkan ke koleksiku”, sehingga dapat kamu akses lagi di lain waktu. Untuk menggunakan Google Books, kamu bisa ke books.google.com

4Google Drive

dailygenius.com

Skripsi harus tertunda karena laptop rusak? Data-data skripsi hilang karena harddisk bad sector? Sebenarnya masalah-masalah tersebut tidak akan kamu alami jika kamu menggunakan Google Drive.

Google Drive adalah layanan komputasi awan atau cloud computation yang memungkinkan kamu untuk mengunggah semua file dan folder kamu ke server Google. Sebagai permulaan, pengguna akan mendapatkan penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis.

Jika ingin menambah besaran penyimpanan, pengguna harus membayar sejumlah uang. Dengan $1.99 per bulan pengguna akan mendapatkan penyimpanan sebesar 100GB, dan dengan $9.99 per bulan pengguna akan mendapatkan penyimpanan sebesar 1 TB. Untuk mengaksesnya, kamu dapat mengunjungi drive.google.com

5Google Docs, Sheets, Slides

littlegreendude.com

Untuk Office Suite, Google juga memiliki layanan yang sama, yaitu: Google Docs sebagai pengganti MS Word, Google Sheet sebagai pengganti MS Excel, dan Goolgle Slides sebagai pengganti MS Power Point.

Office Suite milik Google ini memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah ruang untuk mengedit satu dokumen secara bersama-sama.

Hal ini akan memudahkan kamu dalam menyelesaikan tugas, terutama untuk tugas kelompok. Selain editing, kamu juga bisa melakukan chat dalam dokumen, sehingga diskusi jadi lebih mudah dan real time.

Jika kamu berpikir menjadikan Office Suite Google sebagai software utama dalam membuat presentasi, tabel, dan tulisan. Maka Office Suite Google bisa jadi pilihan, karena saat ini Google Docs, Sheet, dan Slides dapat diakses secara offline.

searchengineland.com
searchengineland.com

Kalian mungkin sudah tahu dengan beberapa layanan Google di atas, tapi apa sudah digunakan secara lebih maksimal?

Terutama bagi para mahasiswa yang dapat mengakses internet dengan mudah, jika digunakan dengan maksimal maka layanan Google mampu membantu banyak kegiatan belajar.