Kamu tahu Lego bukan? Lego adalah sejenis ala permaina bongkah plastik yang cukup populer di kalangan anak-anak atau kolektor mainan. Tahukah kamu bahwa Lego pertama kali dikeluarkan oleh sebuah perusahaan Denmark?

Lego telah berkembang begitu luas hingga sekarang. Bahkan berbagai produk populer dunia telah dibuat menjadi versi Lego. Nah, berikut ini sejarah singkat dan perkembangan paling mutakhir di dunia Lego.

1Sejarah Lego

weekend.gazeta.pl

Ternyata Lego mempunyai sejarah yang panjang, sejak tahun 1916. Dimulai ketika seorang pengerajin kayu, Ole Kirk Christiansen membuat berbagai versi miniatur produk-produknya.

Suatu saat Ole bangkrut dan ia memulai usaha baru pada tahun 1932. Ia memutuskan untuk membuat berbagai mainan anak seperti celengan, kereta tarik, mobil-mobilan dan truk mainan.

Nama Lego sendiri dapat diartikan secara bebas dalam bahasa Latin sebagai “Saya menyusun” atau “Saya Merangkai. Nah, sekarang kamu tahu bukan bahwa Lego bahkan telah ada sebelum teknologi mencetak plastik belum hadir di Denmark.

Pada tahun 1947, barulah perusahaan Lego membeli satu set alat mesin cetak injeksi plastik. Salah satu Lego yang diproduksi pertama kali adalah mainan truk yang dapat di bongkar pasang.

2Bata Lego

blogs.thegospelcoalition.org

Kamu tentu mengingat berbagai bentuk bata seperti gambar di atas bukan? Itu adalah Lego. Berbagai bata tersebut dinamakan automatic binding bricks. Bata Lego mulai diproduksi tahun 1949 mengunakan material cellulose acetate.

Nah, barulah pada tahun 1953 bata ini diberi nama baru, Lego Mursten atau Bata Lego. Pada tahun 1955 perusahaan ini meluncurkan varian baru mainan hasil produksi mereka, dinamakan Town Plan. Kamu tentu familiar bukan?

3Legoland

gotravelaz.com

Lego terus berkembang, pada tahun 1963, perusahaan ini mengganti bahan cellulose acetate dengan acrylonitrile butadine styrene (ABS). Bahan ABS ini lebih stabil dan tidak mengandung racun, warnanya juga tidak mudah pudar.

Tahun 1966 sepertinya tahun yang paling sukses sepanjang sejarah Lego sebelumnya, saat itu diluncurkan mainan Sistem Kereta Api Lego. Satu set mainan kereta api dengan motor listri 4,5 volt dan 12 volt.

kiwifar.ms
kiwifar.ms

Hingga lahirlah Legolan pertama di Bilunda, Denmark, pada tahun 1968. Taman rekreasi Lego yang menampilkan berbagai model rumit miniatur kota-kota di dunia dalam bentuk susunan bata-bata Lego.

Kini, lego telah jauh berkembang dan ‘menguasai dunia’. Mainan dengan ide unik yang tiada bandingannya. Meskipun banyak perusahaan lain yang membuat bata Lego atau konstruksi yang serupa tetap saja jenis mainan semacam itu akan dikenal sebagai Lego.

4Print 3D Face Lego Head

boredpanda.com

Nah, sebuah perusahaan terpisah yang satu ini sepertinya sadar betul akan potensi usaha di balik mainan Lego. Perusahaan Funky3DFaces menawarkan ‘jasa’ 3D printing kepala Lego dengan bentuk dan wajah semau kamu.

Jadi, itu artinya kamu kini bisa mengganti kepala Lego koleksi kamu dengan kepala Lego berwajah sama persis dengan wajahmu dan orang-orang tercinta di sekeliling kamu. Keren bukan?

boredpanda.com
boredpanda.com

Materi kepala Lego yang digunakan adalah arenite, bahan yang mengandung pasir, kuarsa dan semen. Dengan tinggi atau lebar kira-kira 15 milimeter. Kamu bisa dapatkan kepala Lego dengan wajah dan detil bentuk, rambut dan warna sesuai keinginan kamu.

Funky3DFaces menawarkan jasa 3D printing ini hanya dengan harga 30 dolar Amerika saja. Produk unik ini pertama kali diperkenalkan pada publik pada event Comic Con Birmingham 2015 di Inggris.

Bagaimana? Kamu tertarik dengan kepala Lego 3D dengan waah kamu sendiri? kamu bisa memesannya secara online lewat laman website resmi Funky3DFaces.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here