Aktivitas akademis anak zaman sekarang lebih berat jika dibandingkan dengan zaman bunda masih kecil. Selain pelajaran semakin sulit, anak-anak zaman sekarang juga dibebani dengan berbagai les dan kegiatan ekstrakulikuler.

Rekreasi di saat liburan adalah kebutuhan yang sebisa mungkin dipenuhi oleh orang tua. Rekreasi membuat anak-anak sejenak melupakan beban akademis yang harus ia tanggung.

Namun demikian di ibu kota, apakah rekreasi hanya terbatas pada berjalan-jalan di mall? Terlalu sering rekreasi di mall akan membentuk sifat konsumtif.

Hal ini tidak baik untuk masa depan anak. Anak tidak lagi dapat membedakan mana barang-barang yang benar-benar ia butuhkan dan mana yang hanya keinginan sesaatnya.

Beberapa tempat di sekitar Jakarta di bawah ini dapat menjadi pilihan tempat rekreasi edukatif sebagai sarana bermain sekaligus belajar anak.

1Melrimba Garden, Puncak Bogor

id.theasianparent.com

Melrimba Garden terletak di Jalan Raya Puncak kilometer 87. Bogor selalu menjadi tempat tujuan melepas penat warga Jakarta sekaligus menikmati udara sejuk.

Melrimba Garden adalah taman bunga yang indah untuk berfoto mengabadikan momentum kebersamaan keluarga. Si kecil juga dapat berjalan-jalan di kebun stroberi sembari mencicipi buah yang memiliki rasa asam ini.

Taman yang memiliki luas kurang lebih 5 hektar ini dikelilingi hamparan kebun teh Ciliwung.

www.mydinara.blogspot.com
www.mydinara.blogspot.com

Beberapa fasilitas yang ditawarkan Melrimba Garden untuk liburan keluarga di antaranya outbond, fun fishing, strawberry pick and eat, tea walk, dan kids play ground.

Selain bersenang-senang, anak-anak bisa melihat green house sebagai tempat produksi dan penyemaian tanaman. Di taman ini anak-anak disediakan showroom agar anak belajar keanekaragaman Anggrek Bulan yang sudah hampir punah.

2Taman Mekarsari, Bogor

www.tameliamaruf.wordpress.com

Taman Mekarsari berada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol kilometer 3, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Taman agrowisata Mekarsari memiliki 1470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon termasuk di dalamnya tanaman rempah, tanaman biofarma, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayur, tanaman industri, dan tanaman pelindung.

www.anekatempatwisata.com
www.anekatempatwisata.com

Kamu bisa menikmati fasilitas atraksi air, atraksi sepeda, atraksi kebun, dan budidaya, outbond, area bermain, serta berbagai pertunjukan seperti pongo show dan operet.

Di Taman Mekarsari anak-anak sekaligus belajar bercocok tanam seperti masyarakat pedesaan.

3Kidzania

www.len-diary.blogspot.com

Berbeda dengan 2 tempat wisata sebelumnya yang menonjolkan alam sebagai tempat edutainment, Kidzania merupakan sebuah replika kota yang sesungguhnya agar lebih mudah dipahami anak-anak.

Replika ini lengkap dengan jalan raya, ritel, bangunan dan lalu lalang kendaraan di kota. Di perkotaan tiruan, anak-anak memainkan peran berbagai profesi diantaranya dokter, pilot, pekerja konstruksi, pembalap F1, dan lebih dari 100 profesi lainnya.

Agar anak-anak bebas mengekspresikan diri dengan berbagai profesi, orang dewasa tidak diperbolehkan masuk establishment. Orang dewasa hanya diperbolehkan menyaksikan kecerdasan anak dengan menjadi penonton teater dan televisi.

Kidzania berlokasi di Pacific Plaza Shopping Mall lantai 6, jalan Jendral Sudirman Kavling 52-53, Kawasan Niaga Sudirman, Jakarta.

4Pinisi Edutainment Park

www.myfourleafclover.com

Pinisi Eduteinment Park sangat cocok untuk anak-anak berusia 2-16 tahun. Taman permainan ini dibangun menyerupai pelabuhan tradisional di area seluas 6.000 m2.

Di Pinisi Edutainment anak-anak menikmati permainan riding games klasik yang menarik di antaranya Kids Indoor Playground, Carousel, 4D Simulator, Bumper Boat, Wall Climbing, Cyber Games, Choo-Choo Train, dan Pinisi Boat.

Anak-anak juga dapat belajar membatik, bermain angklung, gamelan, dan mendalang. Bagi anak yang suka berkreasi mencoret-coret ada juga kelas dekorasi layang-layang.

Pinisi Edutainment Park berlokasi di Gedung Pasaraya Blok M, Lantai 8, 9, 10 Jalan Iskandar Syah II No. 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

SHARE