Serunya Liburan dengan Tema Petualangan Bersama Buah Hati Tercinta

blog.outdoorsgeek.com

Anak-anak pasti sangat menanti masa liburan yang terasa singkat meski sebenarnya panjang. Karena, hari libur adalah waktu yang paling tepat untuk menyegarkan otak dan raga dari kesibukan di sekolah yang benar-benar padat.

Bukan hanya orang bekerja saja yang memiliki kesibukan yang padat, ternyata anak-anak pun sama. Kamu sebagai orangtua, bisa membuatkan ide cemerlang untuk tema liburan sekolah anakmu.

Tak melulu harus dengan biaya yang mahal dan ke tempat yang mewah kok, kamu bisa mengajak mereka membuat konsep liburan bersama untuk mengeksplorasi alam dan sekitarnya. Jadi, ajak saja anakmu untuk berliburan dengan tema “petualangan”.

Wah, pasti seru dan mengasyikkan tuh. Anak-anak pasti akan menyambut dengan gembira ide yang kamu lontarkan itu. Lalu, mau mengisi liburan dengan konsep petualangan yang seperti apa? Simak saja beberapa kegiatan berikut ini.

1Road Trip Seru

blog.expedia.com.au

Ide pertama yang pasti sangat seru untuk dilakukan adalah melakukan road trip bersama keluarga. Tapi, jika anakmu masih balita, jangan ajak mereka bepergian terlalu jauh terlebih dahulu ya.

Namun, apabila anakmu sudah terbiasa untuk bepergian, kamu bisa mengajak mereka untuk melakukan perjalanan ke tempat yang jauh dari tempat tinggalmu. Kamu bisa mengajak mereka melihat pemandangan di sekeliling jalan dan dilewati.

Selain itu, mampir untuk melakukan wisata kuliner juga bisa dilakukan. Perjalanan pun menjadi sangat seru dan menyenangkan.

2Kemah Asik di Gunung

blog.outdoorsgeek.com

Ingin berpetualang lebih seru lagi di alam terbuka? Rencanakan saja untuk kemah selama beberapa hari di gunung. Liburan yang penuh edukasi akan anak-anak rasakan selama berkemah secara langsung di alam luas.

Mereka bisa merasakan udara yang segar dari pegunungan serta mengalami berbagai macam kejadian yang hanya akan dirasakan di alam dan tak pernah terjadi di rumah. Selain itu, anak-anak pun bisa belajar untuk mencintai alam.

Jadi, tak ada salahnya untuk mengajak anak berpetualang seru sambil kemah dan belajar dari alam.

3Keliling Kota dengan Transportasi Umum

www.historymuseum.ca

Mengajak anak berlibur dengan kendaraan pribadi pasti sudah biasa dilakukan. Lalu, bagaimana jika mengajak mereka untuk liburan seru sambil berpetualang mengelilingi kota naik kendaraan umum.

Misalkan saja pergi menggunakan bus,, kereta api, naik becak, delman, angkot, dan alat transportasi semacamnya. Kalian bisa berangkat menuju ke tempat wisata yang penuh dengan sejarah seperti museum maupun ke taman bermain.

Meski akan melelahkan, tapi hal ini pasti sangat berkesan dan mengasyikkan bagi anak-anak.

4Mencari Harta Karun

beafunmum.com

Tak harus keluar rumah dan pergi jauh kok. Liburan petualangan yang asik dan menyenangkan juga bisa dilakukan di sekitar rumah. Apabila liburan kali ini kamu belum bisa mengajak anak-anak untuk kemah atau road trip bersama, ada alternatif lain.

Bermain mencari harta karun pun akan menjadi salah satu rencana liburan seru yang bisa kamu siapkan. Ajak anak untuk mencari benda-benda kesayangan mereka di sekitar rumah dari membaca  peta yang sudah kamu buat.

Mereka harus lihai dan terampil untuk membaca peta serta memahami petunjuk yang ada di sekitar harta karun disembunyikan.

5Naik Perahu untuk Mengelilingi Pulau

www.outboardmotoroilblog.com

Wah, anak-anak pasti jarang sekali untuk melihat bahkan menaiki perahu. Sekalinya mereka naik perahu, mereka diajak untuk berpetualang mengelilingi pulau. Pasti sangat mengasyikkan sekaligus menegangkan.

Bagaimana tak tegang? Baru kali ini mereka akan berada di atas perahu yang berjalan di atas air untuk melakukan petualangan yang berkesan.

6Ada Hewan Terlantar? Ayo Selamatkan Mereka

www.parenting.com

Mengajarkan anak untuk menyayangi binatang itu sangat perlu lho. Berhubung libur sekolah, ajak anak keliling sekitar rumah dan minta mereka untuk mencari hewan-hewan yang tidak terpelihara dengan baik.

Apabila anakmu menemukan seekor kucing malang yang nampak tak sehat, mintalah anakmu untuk menyelamatkannya. Kemudian bawa kucing itu pulang dan segera ajak menuju dokter hewan.

Biarkan saja anakmu untuk melihat semua perawatan yang dilakukan untuk si kucing. Hal ini akan menumbuhkan rasa empati dan rasa sayang yang teramat dalam kepada sesama makhluk ciptaan Allah.

Seru dan menarik bukan liburan dengan tema petualangan kali ini? Sebelum melakukan liburan yang menyenangkan ini, pastikan untuk menyiapkan semua peralatan yang kamu butuhkan agar tak kerepotan saat liburan tengah berlangsung.

Selamat berlibur kawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here