Didunia ini semua makhluk memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Manusia, hewan, tumbuhan, alam dan lain sebagainya adalah sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan untuk saling menjaga dan mengisi.

Indonesia sangatlah kaya soal yang satu ini. Keberagaman fauna di Indonesia membuat kebun binatang ramai dikunjungi.

Kamu harus bersyukur atas segala limpahan dari Tuhan Yang Maha Esa kepada negara tercinta Indonesia ini. Cara mensyukuri pemberian tersebut dapat dilakukan dengan cara melestarikan hewan dan tumbuhan yang ada.

Hewan dan tumbuhan yang ada saat ini harus dijaga kelestariannya agar generasi mendatang juga ikut menikmati anugerah yang tak ternilai tersebut. Tentu manusia membutuhkan hewan, sama halnya hewan juga membutuhkan tumbuhan untuk bertahan hidup.

Kelestarian hewan dan tumbuhan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup generasi manusia pada saat ini dan pada saat yang akan datang.

Kalau kamu lihat beberapa foto berikut, mungkin kamu akan berfikir ulang untuk membunuh hewan itu. Karena hewan juga memiliki keluarga yang harus mereka jaga, yang mereka sayangi juga. Bukankah kamu juga memilikinya?

1Orang Utan

www.inboundsumatra.com

Sudah tidak asing bukan dengan hewan yang satu ini? Memang hewan ini kerap kali kedapatan berulah seperti manusia. Betina orang utan akan memperlakukan anaknya dengan sangat mesra. Bahkan melebihi kemesraan yang lainnya.

Kalau sudah melihat kemesraan mereka, apa kamu masih tega untuk membunuhnya?

2Gajah

poskotanews.com

Ibu gajah akan menjaga anaknya ketika anaknya sedang makan. Tidak hanya waktu makan, tetapi diwaktu lain ibu gajah juga akan selalu menjaga anaknya. Gajah juga dikenal sebagai hewan yang memiliki insting tinggi.

So, jangan berani-berani ganggu anak gajah ya.

3Burung

beritaberitaterkini.blogspot.com

Induk burung selalu setia pergi dipagi hari untuk kembali disiang hari menyuapi anak-anaknya. Makanan yang ia dapat mungkin hanya sebentar mampir di pelatuknya. Karena makanan itu akan langsung ia suapkan pada anak-anaknya.

Aduh, terharu banget kan?

4Kucing

www.kaskus.co.id

Kadang kala kucing memang suka membuat keributan dirumah-rumah. Apalagi kalau sudah sembarangan melahirkan. Geregetan kan?

Ups! Tapi perlu kamu tahu, kalau kucing sudah melahirkan anaknya, ia akan menjaga si anak dengan sangat baik. Kalau anaknya kamu ganggu, maka si ibu akan dengan sangat sigap melindungi anaknya. Jadi jangan coba-coba mendekati anak kucing ya.

5Kelinci

keepo.me

Uuh! Mana tega membunuh kelinci. Hewan ini selain imut dan menggemaskan, sangat sayang jika harus dibunuh. Kelinci juga memiliki keluarga, dan mereka sering lari-lari bersama di padang rumput. Imut kan?

Lebih baik kamu pelihara kelinci dari pada memburu kelinci.

6Pinguin

pinguinradio.com

Kalau binatang yang ini, mungkin memang jarang ditemukan didataran Indonesia. Pinguin selain lucu juga sangat menyenangkan. Banyak ulah pinguin yang menggemaskan. Hewan ini juga termasuk hewan yang menyayangi keluarga.

Ya pokoknya kalau kamu sayang keluargamu, jangan sakiti hewan yang juga menyayangi keluarganya.

Beberapa hewan tadi mungkin hanya sedikit dari banyaknya hewan yang tidak bisa disebutkan satu-satu. Didalam hutan tentu masih banyak hewan yang saling menjaga dan melindungi. Bahkan kepada hewan yang berbeda jenispun dari mereka.

Hewan saja masih punya hati nurani, tetapi kenapa masih banyak pemburu-pemburu ilegal tidak bertanggung jawab bertebaran didunia ini?

Semoga polisi dan pemerintah bisa lebih maksimal dalam memantau keamanan flora dan fauna didunia ini.

Perlakukanlah hewan atau makhluk hidup lainnya dengan perlakuan yang baik. Kalau mau dibunuh, bunuh saja hewan yang memang pas untuk dibunuh. Misalnya ayam untuk disembelih. Kan ngga apa-apa kalau begitu. Hehehe.