Bagaimana perkembangan anakmu akhir-akhir ini? Apakah kamu sudah melatih si kecil untuk merangsang indera-indera yang dimilikinya? Jika belum, mulailah merancang kegiatan yang bisa dibuat secara sederhana untuk menumbuhkan kepekaan indera bayi mungilmu.

Karena kecerdasan seorang anak itu akan mudah dibangun sedari bayi, apalagi ketika usia keemasan bayi. Wuihhh, akan sangat cepat untuk melatihnya. Kamu bisa kok membuatkan bayimu beberapa permainan yang mudah untuk ditemukan di sekitarmu.

Sehingga, si kecil akan bisa merangsang kepekaan inderanya dengan bermain bersama orang tua di rumah. Menggunakan alat hasil kreatifitas ibu dan ayah. Si kecil pasti akan senang untuk melakukan aktivitas bermain sambil belajar tersebut.

Gunakan saja beberapa benda ini untuk merangsang indera buah hatimu.

1Bermain di Halaman yang Berumput

wallpaperbeta.com

Ajaklah anakmu untuk bermain menginjak rumput yang basah di halaman rumah, cara ini dapat merangsang saraf-saraf di telapak kaki serta melatih motorik bayi, apalagi motorik kasar. Lihatlah, bagaimana reaksi si kecil saat menginjak rumput-rumput basah itu.

Jadi, selain merangsang indera serta motorik, ini juga bisa dijadikan ajang bermain bersama dengan buah hatimu di alam bebas. Pasti menyenangkan.

2Membuat Perkusi

baby-brain.co.uk

Kumpulkanlah beberapa botol bekas air mineral kemudian cuci hingga bersih. Lalu siapkan saja biji-bijian, pasir, atau beras. Nah, dengan memanfaatkan beberapa benda ini, kamu bisa membuat sebuah mainan untuk anakmu.

Bimbinglah buah hatimu untuk memasukkan benda-benda tersebut ke dalam botol secara perlahan, jangan isi banyak-banyak, secukupnya saja. Kemudian tutup botol itu dan goyang-goyangkan, hingga menjadi sebuah perkusi sederhana untuk dimainkan.

Perkusi ini akan membantumu melatih indera pendengaran si kecil. Ajak saja anakmu untuk bermain perkusi ini sambil bernyanyi lagu kesukaannya. Bisa sambil goyang juga lho bu.

3Mencium Wewangian

wellfesto.com

Untuk melatih indera penciuman bayi, meminta bayimu untuk mencium bau-bauan seperti sabun, shampoo, parfum, atau wewangian lain.

Kamu juga bisa lho mengajak mereka ke halaman rumah maupun taman untuk mencium wangi-wangi bunga yang sedang bermekaran.

Jadi, si kecil bisa belajar di mana saja, bukan hanya di dalam rumah terus. Asyik bukan?

4Membedakan Panas dan Dingin

fieldnotesfromfatherhood.com

Melatih sang buah hati untuk membedakan mana benda yang panas dan dingin, sehingga dia anak akan paham untuk membedakan temperatur atau suhu. Berikan saja dia dua gelas yang masing-masing berisi air hangat dan dingin.

Kemudian berikan perintah sederhana kepada bayimu untuk menyentuh gelas itu secara bergantian. Lalu ajarkan kepadanya, mana gelas yang berisi air hangat dan mana yang berisi air dingin, lihat juga reaksinya ketika menyentuh masing-masing gelas tersebut.

5Mencicipi Berbagai Rasa

www.youtube.com

Mari cicip-mencicip, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk melatih indera pengecap bayi sambil mengenal bermacam-macam rasa. Siapkan saja asam, garam, gula, dan jeruk.

Berikan saja satu persatu-satu bahan yang telah kamu siapkan, lalu minta mereka untuk merasakan, perhatikan bagaimana mana reaksi mereka.

6Bermain Warna dan Geometri

erde-matabaru.blogspot.com

Kamu bisa membuat beberapa bentuk geometri seperti lingkaran, segitiga, dan persegi. Buat masing-masing bentuk itu dengan warna yang berbeda-beda. Kamu bisa mengajarkan anak untuk mengenal pola bentuk dan warna sekaligus.

Jadi, kamu ajarkan anak terlebih dahulu, angkat satu bentuk dengan menyebutkan namanya, kemudian beri tahu bentuk ini berwarna apa, jika sudah, minta anakmu untuk menirukan, hingga berulang kali sampai mereka bisa. Begitu juga dengan bentuk yang lain.

Jika mereka sudah mahir, tingkatkan saja latihan si kecil dengan meronce bentuk-bentuk tersebut dengan pola yang sederhana.

Selamat bermain.