Bagi kamu penggemar olah raga ekstrim, paralayang tentu bukan hal yang asing lagi untuk dilakukan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para peminat olah raga ekstrim. Jangankan paralayang, dari kecil saja sudah ahli main layangan. Abaikan. Hihi.

Paralayang adalah aktifitas yang bisa membantu pengendalian diri. Terbang dengan parasut paralayang akan membuatmu menikmati indahnya alam Indonesia dari udara.

Mungkin kamu masih bingung atau belum mengetahui dimana tempat-tempat yang sangat direkomendasikan untuk melakukan paralayang.

Yang berikut ini tentu tidak kalah dengan spot-spot paralayang diluar negri. Alam yang terbentang di Indonesia juga menawarkan berjuta keindahan untuk kamu nikmati. Nah, berikut adalah 5 lokasi eksotis yang harus kamu coba.

1Puncak Lawang, Danau Maninjau, Sumatera Barat

ikasoewadji.wordpress.com

Puncak Lawang di Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sangat sempurna untuk menjadi lokasi melayangnya kamu di udara. Bahkan tidak hanya warga negara Indonesia saja yang melakukan paralayang disini, warga negara asingpun sudah banyak yang mencoba.

Kabarnya juga, kawasan ini pernah dijadikan spot untuk kejuaraan Agam World Cup Paragliding 2013 pada 18-21 April 2013. Waw! Keren kan?

Lokasi paralayang dikawasan ini ngga hanya satu kok. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba paralayang di lokasi wisata Puncak Lawang, atau Lawang Park, dan di jalan antara Puncak Lawang dan Lawang Park.

Ketinggian bukitnya mencapai 700 meter dari lokasi pendaratan di Bayur, tepi Danau Maninjau. Ketinggian tersebut yang menjadi keunggulan bagi Maninjau.

Para penggiat olah raga ekstrim ini bisa terbang lebih lama dibandingkan dengan kawasan Puncak, Jawa Barat, yang selisih takeoff dan mendaratnya hanya 250 meter.

Hati-hati juga ya kalau mendarat dari puncak, khawatir salah mendarat justru dijalanan yang padat dengan mobil. Hihi.

2Kawasan Bukit Joblo, Wonogiri

topixsolo.blogspot.com

Dulu bukit ini tidak ada istimewanya sama sekali. Kalau dilihat, bukit Joglo sama saja dengan bukit lainnya. Akan tetapi saat ini bukit Joglo sudah berubah dan menjelma menjadi salah satu lokasi menarik untuk dikunjungi sekaligus menjadi surga para pecinta olahraga ekstrem, paralayang.

Keadaaan cuaca dan geografis bukit yang sangat mendukung inilah yang menjadikan para pecinta olah raga ekstrim semakin tertantang untuk paralayang di daerah ini.

3Bukit Beta, Danau Toba, Sumatera Utara

www.becaksiantar.com

Terbang bebas seperti burung? Waw, pasti seru. Nah, paralayang akan membuat kamu merasakan indahnya terbang bebas seperti burung.

Danau tobe memang menawarkan pesona alam yang sangat indah sehingga dimanfaatkan oleh para pecinta paralayang untuk terban dan menikmati eksotisnya alam disana.

Belum lagi ketika menjelang matahari terbit atau matahari terbenam, permainan cahaya sinar matahari yang berpadu dengan suasana alam sekitar, membuat pemandangan yang luar biasa di Bukit Beta semakin sempurna.

Waw! Sudah siap untuk terbang guys?

4Matantimali, Sulawesi Tengah

s-mardiyanto72.blogspot.com

Matantimali kian mempesona dengan suguhan pemandangan alam yang indah membentang. Para penggiat memangfaatkan hal tersebut dengan menjadikan Matantimali sebagai spot untuk olah raga ekstrim paralayang.

Lokasinya yang menghadap ke pulau dan teluk palu memberikan banyak keuntungan bagi paralayangers. Xixixi.

Angin yang menghantam lereng gunung, menyebabkan gelombang udara yang dibutuhkan untuk mendapatkan ketinggian. Gelembung panas bumi di kawasan tersebut juga menguntungkan para pecinta paralayang untuk menstabilkan ketinggian.

Ekstrim bukan?

5Bukit Timbis, Desa Kutuh, Kuta, Bali

balebengong.net

Arena olah raga paralayang yang tidak kalah serunya juga ada di Bali guys. berjarak 15 kilometer dari pantai kuta ini menjadi surganya para penikmat paralayang.

Sayangnya, bukit ini mulai terancam akibat pembangunan gedung yang kian menjamur di kawasan tersebut. Hal tersebut membuat aliran udara berubah menjadi tidak alami dan pasti akan mengganggu kegiatan paralayang di bukit tersebut.