youtube.com

Cara Membuat Lontong Sayur yang Gurih dan Lezat

Posted on

Bisa dibilang beras merupakan bahan makanan paling penting di Indonesia. Saking pentingnya sampai harga beras dan ketersediaannya bisa bikin negara dan masyarakat resah lho!

Mindset yang berkembang di masyarakat, nggak disebut makan kalau belum menyantap masakan dari beras. Makanan karbohidrat lain seperti roti dan ketela mungkin hanya dianggap cemilan biasa.

Umumnya beras ditanak menjadi nasi putih yang dimakan bersama lauk. Lalu beras berkembang lebih banyak varian dalam cara pengolahannya, sebagai alternatif lain dari nasi.

Supaya tidak bosan makan nasi putih setiap hari, banyak cara mengolah beras menjadi makanan utama lainnya, salah satu yang paling digemari adalah lontong.

indonesian-medan-food.blogspot.com

Lontong adalah makanan khas Indonesia yang berkembang di masyarakat Jawa, terbuat dari beras yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam.

Penyajian lontong juga beragam, ada yang dimakan bersama sate, bersama gulai, atau yang lebih segar dan populer adalah lontong sayur.

Bagi kamu yang ingin membuat sendiri lontong sayur dirumah, berikut ini telah kita siapkan resep membuat lontong sayur dengan rinci, agar kamu lebih mudah mempraktekkannya.

Dan setelah jadi, rasa gurihnya pasti akan membuat keluarga lahap memakannya.

Resep Lontong Sayur

youtube.com
youtube.com

Bahan:

  • Lontong sebanyak 13-15 pcs (tergantung ukuran), bisa membuat sendiri atau banyak juga dijual diluar.
  • Sayuran buncis segar kurang lebih sebanyak 300 gram. Cuci bersih, potong kedua ujungnya dan potong potong batangnya sesuai selera.
  • Labu siam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 500-600 gram. Kupas kulitnya dan potong potong kecil memanjang sesuai selera.
  • Batang serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 9 pcs.
  • Santan asli dari perasan buah kelapa kurang lebih sebanyak 1.5-1.8 liter. Biasanya membutuhkan parutan kelapa dari 1.5 butir buah kelapa.
  • Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 6 cm saja. Cuci bersih dan memarkan supaya aroma dan rasanya keluar.
  • Daun salam kurang lebih 6 lembar saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
  • Buah petai kurang lebih sebanyak 15 mata petai. Tiap bagian dibelah dua supaya tidak terlalu besar.
  • Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 7 sendok kecil atau sesuai selera.
  • Gula pasir kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak setengah sendok makan.
  • Buah cabai merah besar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 6-7 buah. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.
  • Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 6-7 siung.
  • Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 14-16 butir. Lebih baik gunakan bawang merah lokal supaya aroma dan rasanya lebih mantap.
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 8-9 pcs. Sangrai dulu sebelum dihaluskan.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halusnya.

Cara membuat:

Membuat lontong sayur tidaklah sulit. Langkah pertama adalah haluskan bawang merah, bawang putih, buah cabai merah besar dan kemiri yang sudah disangrai sampai benar benar halus.

Siapkan penggorengan dan beri sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bumbu di atas dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata dan tercium bau dari bumbunya.

youtube.com
youtube.com

Masukkan daun salam yang sudah dipersiapkan, lengkuas yang sudah dimemarkan dan batang serai yang sudah dimemarkan juga. Aduk-aduk semua bahan sampai tercium bau harum dan tercampur rata.

Masukkan labu siam yang sudah dipotong potong memanjang, petai yang sudah dibagi menjadi dua dan buncis yang sudah dipotong kecil kecil. Aduk-aduk lagi sampai semua bahan benar-benar tercampur rata dan agak layu.

youtube.com
youtube.com

Masukkan santan dari perasan buah kelapanya dan aduk-aduk lagi sampai mendidih. Masukkan garam beryodium dan gula pasir secukupnya. Aduk-aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.

youtube.com
youtube.com

Cicipi dulu dan tambahkan garam dan gula kalau diperlukan. Sesekali tetap diaduk-aduk sampai bumbu meresap sempurna dan matang. Angkat dan siap disajikan.

Untuk menambah cita rasa, bisa menambahkan telur ayam yang direbus, bawang goreng dan kerupuk sebagai pelengkap resep lontong sayur ini.

youtube.com
youtube.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *