Di jaman yang serba canggih seperti ini, para job seekers tentunya tidak perlu lagi keluar masuk kantor dengan menjinjing map berisi surat lamaran dan berkas lainnya.

Karena kebanyakan perusahaan lebih memilih menginformasikan lowongan kerja dan menerima aplikasi lamaran via online.

Tidak mengherankan jika sampai ada situs lowongan pekerjaan yang menawarkan ribuan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan.

Namun sayang, akhir-akhir ini banyak oknum tak bertanggung jawab menawarkan lowongan kerja palsu untuk menipu para job seeker dengan iming-iming gaji besar dan tawaran lain yang menggiurkan.

Nah maka dari itu, sebelum kita terjebak olehnya, kita bisa saja menghindarinya bukan? Mau tahu apa saja yang wajib kita lakukan agar bisa menghindari lowongan kerja palsu di internet? Check this one out!

1Cek Selalu Informasi Mengenai Perusahaan

pekanbaru.tribunnews.com

Yups, ini tips pertama agar kita terhindar dari lowongan kerja palsu di internet, yaitu pastikan informasi perusahaan dengan baik dan benar.

Untuk memastikan informasi perusahaan ini, kita bisa melakukan penyelidikan pada alamat dan nomor telepon perusahaan yang diberikan dengan mencari alamat resmi perusahaan tersebut serta sesuaikan dengan nomor teleponnya.

Nah, kalau perusahaan yang bersangkutan punya alamat berbeda dengan informasi yang dicantumkan, maka iklan lowongan tersebut patut kita curigai Guys.

That’s why, kita harus selalu memeriksa informasi perusahaan dengan baik sebelum melamar pekerjaan tersebut.

2Hosting Gratisan?Impossible Bukan?

cangcut.net

Biasanya nih ya Guys, sebuah iklan lowongan kerja akan mencantumkan alamat email yang dapat kita gunakan untuk memasukkan lamaran.

Tim rekrutmen perusahaan bonafide pasti memiliki hosting email sendiri dan bukan yang gratisan seperti Yahoo! ataupun Gmail.

Kalau email yang digunakan pada iklan menggunakan hosting email yang banyak digunakan orang alias gratisan, kemungkinan besar iklan lowongan itu hoax Guys!

3Minta Biaya akomodasi? Sudah Lah Lupakan!

eswete.net

Perlu kamu tahu Guys, tidak ada satu pun perusahaan yang menarik bayaran dari calon karyawannya. So, kalau ada iklan lowongan pekerjaan yang menarik meminta sejumlah uang untuk apapun itu, sudah pasti iklan itu fiktif belaka.

Segera tinggalkan dan jangan pernah meliriknya lagi!

4Mencari Pekerjaan? Pastikan Lewat Situs Terpercaya

thesavingsqueen.blogspot.com

Tips agar terhindar dari lowongan kerja palsu satu lagi adalah pastikan untuk selalu mencari media atau tempat info lowongan kerja terpercaya Guys.

Pastikan situs penyedia informasi lowongan kerja yang kamu kunjungi mempunyai kredibilitas tinggi dan nama yang cukup populer.

Jangan khawatir data pribadi kamu akan tersebar, karena situs pencari kerja profesional biasanya akan menjaga kerahasiaan member dan lamarannya.

5Hati-Hati dengan Iklan yang Mengumbar Janji

ruangloker.blogspot.com

Yang terakhir nih Guys, ini juga yang terpenting lho, karena kadang tergiurnya kita akan gaji yang ditawarkan kerap kali membuka peluang tertipunya para job seekers.

Kuncinya, jangan mudah tergiur dengan lowongan yang menawarkan gaji besar dengan pekerjaan gampang nan santai ya Guys.

Biasanya kan yang dipromosikan seperti itu. Berpikirlah secara rasional sebelum mengambil keputusan. Gaji besar pasti tanggung jawab yang diemban tentunya besar juga bukan?

Yups itu dia sedikit tips agar kita bisa menghindari lowongan pekerjaan palsu di internet. Butuh pekerjaan sih iya, tapi jangan sampai jadi korban penipuan karena kita kurang jeli bukan? Semoga bermanfaat!

 

 

SHARE