Apakah kamu tahu satelit buatan? Kalau satelit alami kan kita sudah tahu tuh, misalnya saja bulan yang merupakan satelit alami yang mengelilingi Bumi. Kalau satelit buatan itu apa ya? Satelit buatan juga sama seperti satelit alami yaitu sama-sama berada di sekitar bumi.

ekorahayu.com
ekorahayu.com

Lalu bedanya apa antara satelit alami dan buatan? Bedanya, kalau satelit buatan punya misi khusus yang direncanakan, misalnya saja untuk memantau kondisi cuaca atau kalau satelit komunikasi ya untuk melancarkan arus komunikasi di Bumi ini.

Dengan adanya satelit, kita jadi tahu kondisi bumi kita secara global itu seperti apa, selain itu dengan adanya satelit, kita bisa berkomunikasi dan berinternet ria dengan sangat lancarnya.

Wah, keren banget dong yang bikin satelit. Kira-kira yang membuatnya orang dari negara mana ya? Percaya atau tidak, ada beberapa satelit keren yang dibuat oleh orang Indonesia lho! Mau tau satelit apa saja? Kita lihat yuk!

1INASAT-1

lenterautama.blogspot.com

Wah, ini satelit apa ya? Satelit ini namanya INASAT-1, ini merupakan satelit pertama yang dirancang oleh orang Indonesia. Kamu mau tahu apa tugasnya satelit ini? Satelit ini digunakan untuk penginderaan di udara, fungsinya untuk memotret cuaca dari udara.

Data yang didapatkan oleh INASAT-1 ini, nantinya akan digunakan oleh orang-orang LAPAN untuk dianalisis lebih lanjut. Sehingga kita akan tahu pergerakan awan, gelombang awan, dan lain sebagainya.

Jadi prakiraan cuaca dan lain-lainnya yang dikeluarkan oleh LAPAN bukan hanya sekedar sebuah ramalan belaka ya, namun karena mereka mendapatkan data-datanya lewat satelit.

Tapi kalau kita yang baca datanya, ya kita nggak bisa juga. Butuh orang yang memang paham ilmunya.

2LAPAN-TUBsat

raumfahrttechnik.tu-berlin.de

Dilihat dari namanya saja, kita bisa tahu siapa yang membuat alat ini, ya! Alat ini dibuat oleh LAPAN bekerjasama dengan salah satu universitas di Jerman. Satelit ini merupakan satelit kecil yang berfungsi untuk memantau permukaan Bumi di Indonesia.

Jadi kalau terjadi kebakaran hutan, kita bisa langsung tahu seberapa luas lahan yang terbakar, begitu pula jika terjadi gunung meletus, banjir dan bencana lainnya, satelit pun bisa merekam hal-hal seperti itu.

Dengan adanya teknologi seperti ini, kita bisa tahu tuh bagaimana terjadinya bencana dan kita bisa mengantisipasi jika ada gejala-gejala serupa, mengantisipasi untuk siaga terhadap bencana yang akan terjadi.

3LAPAN-A2

spaceflight101.com

Satelit yang satu ini masih buatan LAPAN, bisa dibilang LAPAN-A2 ini menggantikan LAPAN TUBsat setelah selesai beroperasi. Jadi LAPAN-A2 merupakan satelit yang lebih baru.

Satelit ini sepenuhnya dibuat oleh orang Indonesia lho, walaupun masih berkonsultasi dengan Jerman.

Oiya, yang keren dari satelit ini, karena ia punya 3 misi besar, yaitu memantau Bumi, mengawasi kalau-kalau terjadi bencana dan memantau kapal-kapal yang ada di Indonesia dan yang ada di dunia.

4LAPAN-A3

ipapa.co.id

Lagi-lagi, satelit yang keempat ini pun merupakan keluaran LAPAN, yaitu LAPAN-A3. Dari namanya, sepertinya satelit ini merupakan generasi yang lebih baru dibandingkan LAPAN-A2. Perlu kita ketahui, bahwa satelit ini baru akan beroperasi pertengahan 2016 ini.

Satelit ini pun buatan orang Indonesia, yaitu hasil kerjasama antara LAPAN dan IPB. Kok kerjasamanya dengan IPB ya? Iya, soalnya satelit ini akan diluncurkan dengan misi memantau pertanian dan sumberdaya alam yang ada di Indonesia.

5Iinusat

youtube.com

Satelit terakhir yang dibuat oleh anak negeri ini adalah Iinusat. Satelit ini merupakan satelit yang dibuat oleh 6 perguruan tinggi di Indonesia, yang meliputi UGM, UI, ITB, ITS, PENS, dan ITT Bandung.

SHARE