Walaupun metode yang paling sering digunakan untuk mencari luas segitiga adalah dengan mengalikan antara panjangnya alas dan tinggi kemudian membagi hasilnya dengan 2, terdapat beberapa cara lain untuk mencari luas segitiga tergantung pada ukuran yang diberikan.

Ada beberapa rumus lainnya untuk mencari luas segitiga. Misalnya jika diketahui panjang ketiga sisinya, atau panjang salah satu sisi segitiga sama sisi, atau panjang kedua sisi dan sudut antara keduanya. Maka masing-masing memiliki cara tersendiri untuk menemukan luasnya.

Kali ini kita akan belajar menghitung luas segitiga menggunakan teorema Heron. Yaitu ketika panjang ketiga sisinya telah diketahui.

Langkah pertama, hitunglah setengah keliling segitiga. Untuk mencari setengah keliling segitiga, yang harus kamu lakukan adalah menambahkan semua sisinya dan membagi hasilnya dengan 2.

Rumus untuk mencari setengah keliling segitiga yaitu setengah keliling = (panjang sisi a + panjang sisi b + panjang sisi c) / 2, atau s = (a + b + c) / 2. Misalkan kita mengetahui bahwa panjang ketiga sisi segitiga siku-sikunya adalah 3 cm, 4 cm, dan 5 cm.

Maka kita bisa memasukkannya ke dalam persamaan dan mencari setengah kelilingnya:

  • s = (3 + 4 + 5)/2
  • s = 12/2
  • s = 6

Kemudian masukkan nilai yang sesuai ke dalam rumus untuk mencari luas segitiga. Rumus untuk mencari luas segitiga disebut teorema Heron, sebagaimana persamaan berikut ini.

Luas = √{s (s – a)(s – b)(s – c)}.

Penting kita ingat, dari langkah sebelumnya bahwa s adalah setengah keliling dan a, b, dan c adalah ketiga sisi segitiga. Dengan menggunakan “urutan pengerjaan”, mulailah menyelesaikan semua yang ada di dalam tanda kurung.

Kemudian semua yang ada di dalam akar, dan akhirnya menyelesaikan akar kuadrat. Inilah rumus yang kita gunakan setelah memasukkan nilai yang sudah diketahui.

  • Luas = √{6 (6 – 3)(6 – 4)(6 – 5)}

Selanjutnya, kurangkan nilai dari tiga perhitungan di dalam tanda kurung. Untuk melakukannya, langsung kurangkan saja 6 – 3, 6 – 4, dan 6 – 5, seperti berikut ini:

  • 6 – 3 = 3
  • 6 – 4 = 2
  • 6 – 5 = 1
  • Jadi, luasnya = √{6 (3)(2)(1)}

Lalu, kalikan hasil tiga perhitungan di dalam kurung. Kalikan saja 3 x 2 x 1 dan hasilnya 6. Kamu harus mengalikan angka-angka ini terlebih dahulu sebelum mengalikannya dengan angka 6 karena angka yang berada di dalam tanda kurung harus dihitung dahulu.

Jika sudah, kalikan 6 dengan setengah keliling, yang juga bernilai 6. 6 x 6 = 36.

36 adalah kuadrat sempurna dan √36 = 6. Jangan lupa satuan awal yang kamu gunakan yaitu sentimeter. Tuliskan jawaban akhir dalam sentimeter kuadrat. Luas segitiga dengan sisi 3, 4, dan 5 cm adalah 6 cm2.