gambarcantik.blogspot.com

Luas Wilayah Indonesia Dengan Segala Sisinya Yang Menakjubkan

Posted on

Tahukah kamu, berapa luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia? Indonesia merupakan salah satu negara terluas di dunia dengan total luas negara 5.193.250 km² yang mencakup daratan dan lautan.

Hal ini yang akhirnya menempatkan Indonesia sebagai negara terluas ke-7 di dunia. Sementara di atasnya ada Rusia, Kanada, Amerika Serikat, China, Brazil dan Australia. Dan bila dibandingkan dengan luas negara di Asia, Indonesia berada diperingkat ke-2.

sedangkan dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara, Indonesia menempatkan dirinya sebagai negara terluas.

Selain itu, Indonesia juga telah dikenal di dunia sebagai negara kepulauan terluas.Karena Indonesia adalah negara kepulauan, maka wilayah Indonesia terdiri dari daratan dan lautan.

Sepertiga luas Indonesia adalah daratan dan dua pertiganya adalah lautan. Luas daratan Indonesia adalah 1.919.440 km² yang menempatkan Indonesia sebagai negara ke 15 terluas di dunia. Benar-benar mengagumkan.

Indonesia juga sering disebut sebagai Nusantara. hal ini tidak dari keberadaan pulau-pulau yang berjumlah tidak kurang dari 17.508 pulau di wilayah Indonesia. Nusantara sendiri berarti kepulauan yang terpisah oleh laut atau bangsa-bangsa yang terpisah oleh laut.

Luas wilayah negara Indonesia menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara. Tidak sedikit dari mereka yang memiliki rencana untuk berkeliling Indonesia.

Mereka menginginkan untuk dapat menikmati keindahan alam serta keanekaragaman flora dan fauna di setiap daerah di Indonesia yang mereka kunjungi.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil yang berawal dari Samudera Hindia hingga Samudera Pasifik. Hal ini menjadikan Indonesia memiliki lautan yang luas, yaitu sekitar 3.273.810 km².

Lautan Indonesia pun memiliki batas sesuai hukum laut internasional, yaitu dengan menggunakan teritorial laut sepanjang 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif sepanjang 200 mil laut yang searah dengan penjuru mata angin.

Luasnya lautan Indonesia ini membawa keberkahan bagi bangsa Indonesia. Sumber daya alam yang terkandung di dalam lautan sangat banyak sekali dan ini bisa digunakan untuk mensejahterakan bangsa Indonesia.

Hal ini tentu menjadi pekerjaan panjang bagi kita agar kemanfaatannya dapat tetap dirasakan oleh anak cucu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *