Siapa bilang melukis harus menggunakan media kanvas atau kertas? Di tangan orang-orang yang memiliki cita rasa seni tinggi kaca pun dapat digunakan sebagai media untuk melukis.

Lukisan di atas kaca justru memiliki keunikan tersendiri dibandingkan lukisan di atas kanvas. Bahan yang digunakan bermacam-macam ada cat kaca, pasir, bahkan salju. Karya yang dihasilkan jangan ditanyakan lagi, menarik dan indah.

Berikut ini 3 jenis lukisan yang menggunakan media kaca.

1Melukis Menggunakan Cat Kaca

www.suararakyatindonesia.org

Melukis menggunakan cat kaca diatas kaca disebut juga sebagai glass painting. Lukisan kaca ini mudah ditemui di toko-toko souvenir atau toko-toko kerajinan. Perpaduan warna yang menarik membuat hasil karya lukisan kaca sangat indah.

Lukisan dapat dibuat pada barang-barang berbahan dasar kaca seperti gelas, lampu hias, tempat lilin, mangkuk, vas bunga, asbak rokok, dan lain-lain. Lukisan kaca akan lebih indah di atas kaca bening transparan.

Alat yang digunakan untuk membuat lukisan kaca sangat sederhana yaitu kuas, lidi, dan cutton bud. Sedangkan bahan yang digunakan diantaranya media kaca yang akan dilukis, cat kaca, serta pola atau gambar.

www.youtube.com
www.youtube.com

Bagi yang masih dalam tahap belajar, buatlah pola diatas terlebih dahulu. Membuat pola di atas kaca tentu saja lebih sulit dibandingkan membuat pola diatas kertas.

Cat yang digunakan untuk membuat lukisan kaca ada 2 jenis yaitu cat opaque coates, dan cat transparent vetro.

Jenis opaque coates merupakan jenis cat yang tidak transparan, sehingga cat ini menutup kaca yang telah dilukis. Cat opaque coates diencerken menggunakan thinner dan ditambah glass fixed catalist (+ 5%)

Sedangkan jenis transparent vetro menghasilkan lukisan transparan sehingga terkesan lebih eksklusif dan indah. Namun cat jenis kedua ini memiliki harga yang cukup mahal. Hal ini sebanding dengan hasil karya yang elegan.

Cat transparent vetro langsung dapat digunakan diatas kaca. Namun, jika terlalu kental atau sudah mengental dapat diencerkan dengan menggunakan thinner.

2Melukis Menggunakan Pasir

www.youtube.com

Siapa tak kenal Vina Candrawati? Pelukis pasir yang terkenal lewat ajang pencarian bakat Indonesia Mencari Bakat (IMB) di Trans TV.

Vina merupakan istri dari magician Denny Darco dan membawa tenar lukisan pasir. Ia menggunakan pasir sebagai media melukis diatas kaca transparan.

Apabila terjadi kesalahan saat melukis, tak perlu repot mencari penghapus. Vina hanya perlu menaburkan pasir baru di atas lukisannya kemudian membentuknya sesuai yang diinginkan.

Hal yang menarik dari Vina, selain suaminya sendiri yang menjadi gurunya, Vina belajar banyak dari berbagai video dari situs Youtube.

www.youtube.com
www.youtube.com

Selain artis, terdapat beberapa pelukis pasir yang terkenal bahkan hingga mancanegara. Salah satu di antaranya adalah Niar Lazza yang merupakan pelukis pasir dari Pulau Dewata, Bali. Niar memulai karirnya menjadi pelukis pasir sejak tahun 2009.

Sampai sekarang, ia membuat berbagai lukisan pasir, sand stories/movies, dan juga tampil di depan publik bersama animasi pasir.

Salah satu penampilannya pada 18 Juni 2011 dengan tema “Everybody Hurts” yang didedikasikan pada korban bom bali.

Satu lagi pelukis pasir yang juga berasal dari Bali bernama Angela Roseli. Ia memulai karirnya pada tahun 2010. Ia tampil lebih dari 400 event di Indonesia.

3Melukis Menggunakan Salju

www.boredpanda.com

Melukis menggunakan salju menjadi trend di UK. Lukisan ini dibuat di atas kaca rumah bahkan kaca rumah sakit menggunakan snow spray. Hasil karyanya sangat menakjubkan.

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Lukisan terlihat begitu nyata, dengan menggunakan pencahayaan di bagian tertentu. Lukisan salju seolah memiliki cerita sesuai dengan tema. Sepintas kamu tidak akan menyangka bahwa lukisan tersebut menggunakan salju.

SHARE