Kebanyakan seniman tentu membuat karyanya secara permanen. Tujuannya agar bisa selalu dinikmati keindahannya sepanjang waktu. Lukisan fenomenal Monalisa karya Leonardo da Vinci sudah berumur hampir 5 abad, masih bisa dilihat di museum.

Patung Buddha Avukana yang masih terjaga dan terawat dengan baik, padahal patung tersebut dibuat abad ke 5 Masehi. Karya seni rupa tersebut masih bisa bertahan sampai berabad-abad dan dapat dinikmati sepanjang waktu.

Namun, kini ada sesuatu yang unik dan jarang terjadi. Ada karya seni rupa yang dibuat dengan tingkat kesulitan tinggi, memakan waktu lama membuatnya, tapi bisa lenyap dalam hitungan detik saja.

Inilah seni lukis yang spesial, bukan menggunakan media kanvas agar tahan lama, tapi sang seniman, Andres Amador membuatnya dari pasir di pantai. Pantas saja jika lukisan ini cepat lenyap, soalnya ombak pantai bisa menyapu lukisan kapan saja.

Terkadang, Andres Amador harus menahan kesabaran dalam-dalam saat lukisan yang baru proses pembuatan, tiba-tiba dihempaskan begitu saja oleh ombak.

Dilematis memang bagi Andres, melukis di siang hari, angin laut mendatangkan ombak. Melukis di malam hari, walau tidak ada ombak tapi tidak maksimal jika dilakukan dalam keadaan gelap.

Itulah tantangan yang harus dilakukan Andres untuk membuat satu karya seni yang fenomenal. Walaupun tidak akan bertahan lebih dari satu hari, namun dengan bantuan fotografi hasil karyanya bisa didokumentasikan dengan baik.

Perjalanan Andres hingga menjadi seniman lukisan pasir yang terkenal tidaklah mudah. Dulu Andres bahkan tidak sampai terpikir untuk menjadi seniman profesional.

Sempat menjadi relawan kemanusiaan di Pearce Corps, Andres lebih banyak menghabiskan waktunya menjadi karyawan biasa. Namun, semuanya berubah ketika Andres mengunjungi festival Burning Man di nevada 1999.

Andres termotivasi untuk membuat karya yang berbeda dari umumnya. Sedangkan untuk pola lukisan, Andres terinspirasi dari pola-pola geometri crop circles yang fenomenal di Amerika. Maka lukisan pasir Andres juga lebih banyak berpola geometri.

Ingin tahu seperti apa indahnya lukisan pasir Andres Amador? Berikut beberapa gambar karya-karya tersebut.

1Gelombang vs Gelombang

boredpanda.com

Gelombang asli dari lautan melawan gelombang dari pasir. Uniknya gelombang pasir dipimpin oleh panglima manusia. Hhmm, menang siapa ya akhirnya?

2Pola yang Rumit

boredpanda.com

Lukisan pasir dengan pola yang rumit dibuat Andres Amador. Sayang jika lukisan yang mengagumkan ini harus cepat tersapu ombak.

Untuk menyiasati agar lukisan tidak cepat disapu ombak, Andres memilih bulan-bulan yang diperkirakan arus laut sedang pasang.

3Geometri di Antara Bebatuan

boredpanda.com

Sempitnya area pasir yang dapat dilukis, membuat bebatuan pantai juga masuk dalam lukisan geometri. Tapi kehadiran bebatuan besar malah membuat lukisan lebih nampak alami.

4Garis dan Lekukan Ular

boredpanda.com

Garis-lurus saling terhubung secara acak. Dalam setiap ruang di dalam garis ada lekukan halus yang mirip dengan gerak ular.

5Berfoto Bersama

boredpanda.com

Tidak hanya untuk dinikmati sendiri, lukisan Andres juga dinikmati oleh banyak rekan-rekannya, ataupun para pengunjung pantai.

6Tersapu Ombak

boredpanda.com

Setelah susah payah membuatnya, sedikit demi sedikit lukisan pasir termakan oleh ombak. Namun hal ini tidak dipermasalahkan oleh Andres, justru ada hikmah di balik itu.

“Terkadang lukisan-lukisan ini dihapus oleh ombak bahkan sebelum lukisan tersebut selesai dengan sempurna, dan hal itu menunjukkan pada kita bahwa segala hal dalam hidup hanyalah sementara, tak ada yang abadi” (Andres Amador).

7Bola-bola Molekul

boredpanda.com

Pola yang unik, mengingatkan kita pada pelajaran kimia yakni gambar molekul, atom, proton, dan neutron.

8Sebelum Hilang, Sempatkan Berfoto Dulu

boredpanda.com

Sebagian lukisan pasir di atas tampak sudah mulai menghilang. Sebelum betul-betul hilang, sempatkanlah banyak berfoto terlebih dahulu.

9Tumbuhan Menjalar

boredpanda.com

Lukisan berbentuk tumbuhan yang menjalar keluar dari bebatuan. Sangat mengesankan dan seperti nyata.