Percaya tidak, kamu bisa lulus tepat waktu, tapi tetap mendapatkan segudang pengalaman dan ilmu? Sebelumnya, kamu mesti paham dulu, definisi tepat waktu.

Tepat waktu di sini maksudnya, lulus kuliah tepat pada standarnya, missal yang mengambil S1, lulus 4 tahun pas.

Lulus kuliah tepat waktu tak melulu harus study oriented. Jangan mau hanya jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang), yang kerjaannya habis kuliah langsung pulang. Kamu tidak akan dapat apa-apa, kecuali ilmu teoritis dari bangku kuliah.

Jadi, kalau ingin lulus tepat waktu dan tetap punya segalanya, lakukan 10 tips berikut ini. Cekidot!

1Gunakan Jatah Kuliah Sesuai Aturan

uii.ac.id

Kuliah biasanya ada jatahnya guys, misalnya kamu harus hadir 75% dari ketentuan tatap muka dengan dosen. Nah, kesempatan 25% absensi kuliah, boleh lah kamu pakai untuk yang lain. Tapi, gunakanlah untuk kegiatan positif ya.

2Rajin Mengerjakan Tugas

cumibunting.com

Salah satu kunci lulus tepat waktu adalah nilai kamu memenuhi standar dari kampus. Untuk mendapatkan nilai yang lebih, berarti kamu harus ada usaha tambahan. Misalnya, rajin mengerjakan tugas dari dosen.

Sesulit apapun, tetap kerjakan tugas itu. Biasanya, dosen sangat suka dengan mahasiswa yang rajin mengerjakan tugas dan tidak segan memberikan nilai bagus.

3Ambil 24 SKS Setiap Semester

silfianaelfa.wordpress.com

Mahasiswa yang boleh ambil SKS ini IP-nya harus di atas tiga koma nol nol. Jadi, semester pertama dan setiap semester seterusnya, usahakan IP kamu di atas tiga koma nol nol. Dengan demikian, kamu tetap bisa ambil 24 SKS setiap semester.

Ya, kalau memang tidak sanggup 24 SKS semua, minimal 22 SKS lah. Nanti kamu akan skripsi plus wisuda di semester 8.

4Kamu Perlu Ikut Organisasi

uii.ac.id

Siapa bilang organisasi menghalangi untuk lulus tepat waktu? Banyak juga kok, aktivis yang lulusnya tepat waktu dan IPK-nya keren-keren.

Organisasi itu penting juga guys, untuk mengasah kemampuan dan pengalaman yang tidak kamu dapatkan di dunia perkuliahan. Minimal kamu harus ikut satu atau dua organisasi supaya kecerdasanmu tidak mentok di teori saja.

5Selalu Menjaga Kesehatan

astronlife.wordpress.com

Hindari rokok, kurangi begadang malam hari dan rutin berolahraga merupakan kunci agar kamu bisa hidup sehat. Selama kuliah, jagalah kesehatanmu. Jangan sampai sakit parah.

Selain kamu akan ketinggalan mata kuliah, absen kamu juga pasti berkurang dan tidak memenuhi syarat. Itulah sebabnya, kamu harus menjaga daya tahan tubuhmu supaya tetap fit setiap saat.

6Jangan Malu Bertanya

himajermanuny.com

Kalau kamu ingin lulus tepat waktu, tidak melulu harus terlalu nurut sama dosen alias meng-iya-kan apapun perkataannya. Ada kalanya, mungkin pendapatmu bertentangan dengan sang dosen.

Jika memang itu kamu alami dan dosen kamu terbilang killer, jangan ragu bertanya kepadanya. Tapi, gunakan kata-kata yang pas dan sopan.

Dosen juga manusia kok, dia pasti juga bisa menghargai mahasiswanya. Kalau tidak bisa menghargai, tidak mungkin kan dia jadi dosen.

7Stop Pergaulan Bebas

gugurkandungan.com

Mahasiswa di luar kota rentan banget terserang penyakit pergaulan bebas. Apalagi mereka hidup tanpa pengawasan orang tua secara langsung, lebih bahaya lagi. So, kamu harus menjaga pergaulan.

Boleh berteman dengan siapa saja. Tidak pandang bulu, laki-laki atau perempuan, tapi kamu juga harus paham etika.

Jangan sekali-sekali berduaan dengan lawan jenis kamu di dalam kosan. Kalau memang harus ngobrol berdua, usahakan di tempat umum yang banyak orang. Lebih aman kan guys.

8Banyak Berdiskusi Dengan Teman yang Pintar

gugussakti.com

Cari teman yang paling pintar di kelas dan rajinlah berdiskusi dengannya. Nah, bagaimana kalau yang paling pintar ternyata kamu sendiri? Ya, baguslah. Itu artinya kamu hanya perlu membimbing teman-teman kamu untuk jadi pintar juga seperti kamu.

9Nongkrong boleh, Tapi Jangan Tiap Malam

kuliner.panduwisata.com

Mahasiswa memang hobi banget nongkrong, jalan-jalan, nonton, main dan lain-lain. oke, anggaplah itu sebagai waktu kamu untuk menghabiskan masa muda. Namun, kamu juga harus ingat batasannya.

Artinya, kamu harus tetap berangkat kuliah sesuai ketentuan. Selalu mengerjakan tugas dan tentunya rajin belajar. Selebihnya, kamu boleh menggunakan waktu untuk organisasi dan kegiatan lain yang positif.

10Organisasi dan Akademik Seimbang

nahason-bastin.blogspot.com

Kelebihan mahasiswa yang jadi aktivis adalah punya pikiran out of the box atau di luar kotak. Pikirannya tidak melulu apa kata dosen. Para aktivis ini justru sangat berkembang dan punya pemikiran sendiri yang biasanya lebih brilian.

Nah, kalau kamu aktivis, usahakan seimbangkan antara organisasi dan akademik kamu. Prinsipnya, kamu ikut dan totalitas di organisasi atau tidak usah ikut sama sekali.