Banyak tentunya yang sudah mengenal apa itu anemia. Yups, penyakit kurang darah, rata semua orang mengertinya seperti itu. Akan tetapi, pahamkah Kamu? Anemia ini tidak hanya disebabkan satu faktor saja lho Guys.

Nah, di sini kita bakal mengupas soal apa saja macam-macam anemia berdasarkan factor penyebabnya. Disimak yuk biar tahu, see this Guys!

1Anemia Karena Sel Darah Merah Abnormal

theconversation.com

Did you know Guys? Sel darah merah yang abnormal akan membawa penderitanya pada anemia.Rubah pikiran kalian bahwa anemia itu hanya karena penghancuran sel darah merah yang meningkat, karena sel darah merah yang abnormal juga bisa menyebabkan itu terjadi.

Dan, ada macam-macam anemia karena abnormalnya darah merah ini. Apa sajakah itu?

Sickle Cell Anemia (Anemia Sel Sabit)

Ketika sel-sel darah merah memiliki tepi yang runcing dan melengkung, kondisi ini disebut dengan anemia sel sabit. Bila dibandingkan sel darah merah pada umunya, sel darah ini punya umur yang sangat singkat.

Produksi sel darah merah yang tidak dapat mengimbangi kecepatan sel sabit ini rapuh dan mati membawa sang penderita pada anemia. Seringkali, sel-sel sabit ini bisa sangat berbahaya.

Ketika terjebak di pembuluh darah kecil, sel-sel ini dapat menghalangi aliran darah yang harusnya membawa nutrisi ke organ-organ penting dalam tubuh.

Talasemia

lookfordiagnosis.com
lookfordiagnosis.com

Talasemia itu anemia lho ya Guys, Kamu perlu tahu itu, Kondisi ini terjadi saat seseorang memproduksi sel darah merah atau hemoglobin lebih sedikit dari jumlah normalnya. Bila tidak ditangani, kondisi ini dapat membawa penderitanya pada anemia, baik ringan atau berat.

2Anemia Karena Produksi yang Terganggu

tokoherbalacemaxs.com

We know ya Guys kalau manusia itu memproduksi sel darah merah di sumsum tulang belakang. Nah, ada hormon yang dihasilkan oleh ginjal untuk membantu produksi sel darah merah ini,.

Yes, called hormoneritropoitin. Agar terbentuk sel-sel darah merah yang sehat, dibutuhkan bahan baku utama seperti asam folat, zat besi, dan vitamin B12. Ketika semua proses pembentukan tersebut mengalami gangguan, maka terjadilah anemia.

Berikut ini adalah macam-macam anemia yang disebabkan oleh produksi yang terganggu:

Anemia Defisiensi Asam Folat

Anemia ini cenderung membuat sel-sel darah merah menjadi berukuran lebih besar. Anemia defisiensi asam folat juga seringkali disebut dengan anemia megaloblastik. Kita harus memenuhi asupan asam folat sebaik mungkin agar dapat terhindar dari anemia ini.

Anemia Defisiensi Zat Besi

claugitaandini.blogspot.com
claugitaandini.blogspot.com

Ini merupakan jenis anemia yang paling sering ditemui. Kondisi ini disebabkan sebagai sinyal tubuh yang menandakan kekuarangan zat besi sebagai bahan utama dalam pembuatan hemoglobin.

Anemia jenis ini juga sering ditemukan pada ibu hamil. Pencegahan anemia jenis ini bisa dengan memenuhi asupan zat besi harian.

Anemia Defisiensi Vitamin B12

analisd3kesehatan.wordpress.com
analisd3kesehatan.wordpress.com

Anemia ini disebut juga dengan nama anemia pernisiosa. Hal ini terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin B12 karena gangguan autoimun atau gangguan pada usus.

Anemia Gagal Ginjal

obattradisionalgagalginjalkronis.web.id
obattradisionalgagalginjalkronis.web.id

Telah dijelaskan di awal bahwa hormon yang dihasilkan ginjal akan membantu produksi sel darah merah. Nah ini yang membuat kesehatan ginjal banyak berpengaruh dalam pembentukan sel darah merah.

Ketika terjadi kerusakan pada ginjal dalam jangka waktu yang cukup lama, maka resiko anemia pun akan lebih besar.

Anemia Aplastik

celotehlarangan.com
celotehlarangan.com

Nah, ini yang lebih parah Guys. Kenapa? Karena anemia jenis ini disebabkan ketidakmampuan tubuh dalam membuat sel darah yang baru. Dalam kondisi ini, tubuh tidak hanya akan kekurangan sel darah merah, namun juga trombosit dan sel darah putih.

SHARE