Pemandangan langit selalu menjadi daya tarik bagi manusia. Salah satu unsur langit yang memikat manusia adalah awan. Bentuknya nyata dan indah, tapi naik gunung dan disentuh tidak bisa. Kok bisa begitu ya?

Karena sejatinya awan adalah kumpulan titik-titik air atau kristal es di udara yang terjadi karena adanya kondensasi uap air di udara yang melebihi titik jenuh.

Terbentuknya awan dikarenakan udara yang banyak mengandung uap air mengalami proses pendinginan sehingga mencapai titik embun. Jadi butiran-butiran awan yang terlihat padat sebenarnya adalah titik embun yang tak bisa dipegang namun bisa dirasakan.

Dalam proses pembentukan awan bisa bermacam-macam tergantung kekuatan alam yang mendorong kelembapan udara tersebut ke atas. Maka hasilnya pun kamu bisa melihat macam-macam bentuk awan dari yang biasa sampai yang menakjubkan.

Ada banyak macam formasi awan yang telah diklasifikasi oleh para ilmuwan meteorologi. Nah, berikut ini adalah macam-macam formasi awan dengan bentuk paling mengagumkan.

1Mammatus

wikipedia.org

Membayangkan tiba-tiba ada tonjolan-tonjolan raksasa di atas kita, mungkin bagi yang belum tahu akan ketakutan karena dianggapnya sebagai pertanda bencana.

Awan Mammatus, juga sering dikenal sebagai mammatocumulus, merupakan istilah meteorologi untuk menyebut formasi awan ini. Cirinya ada pola seluler dari kantong yang tergantung di bawah awan.

wikimedia.org

Secara terminologi Mammatus berasal dari bahasa latin dari kata Mama yang artinya dada. Ini karena ada kemiripan bentuk awan dengan payudara seorang wanita. Mammatus paling sering dikaitkan dengan awan landasan dan juga badai petir.

2Roll Clouds

wikipedia.org

Dari namanya sudah sangat menjelaskan bentuk formasi awan ini. Awan dengan bentuk gulungan horizontal ini termasuk jenis awan rendah dan awan arcus. 

Berbentuk seperti tabung yang merupakan gelombang soliter, terdiri dari satu puncak dan bergerak tanpa mengubah kecepatan dan bentuk adalah ciri dari Roll Clouds.

 

wikipedia.org

Menurut para ilmuwan, salah satu yang menyebabkan terbentuknya awan ini adalah sirkulasi yang terkait dengan angin laut, yang berkembang di semenanjung Cape York dan Teluk Carpentaria, Australia.

Dan benar, formasi awan Roll Clouds paling menarik yang pernah terjadi dan sempat diabadikan hanya ada di Queensland, Australia.

3Altocumus Lenticularis

wikipedia.org

Altocumus lenticularis atau sering dipanggil Lenticular clouds adalah salah satu jenis formasi awan yang berbentuk seperti jamur dan sangat jarang sekali muncul.

Umumnya formasi awan ini terbentuk di atas atau di dekat gunung di mana udara lembab yang stabil mengalir melalui gunung atau di sekitar gunung.

wikipedia.org

Karena bentuknya yang unik seperti bentuk piring terbang, formasi awan ini sering kali dianggap sebagai penampakan UFO.

4Undalatus Asperatus

wikipedia.org

Seperti bentuk Lenticular, Undalatus asperatus juga salah satu jenis formasi awan yang jarang terlihat. Karena belum banyak terlihat para pakar meteorologi belum bisa menglasifikasikan formasi ini sebagai formasi awan baru.

wikipedia.org

Pada tahun 2009 awan ini telah diusulkan oleh Cloud Appreciation Society menjadi salah satu jenis formasi awan. Meskipun awan ini tampak gelap menyerupai badai, awan ini cenderung menghilang tanpa membentuk badai.

5Fallstreak Hole

wikipedia.org

Fallstreak Hole atau biasa disebut Hole Punch Cloud, sesuai namanya yang berarti pelubang atau pembolong. Awan ini membentuk lingkaran pada celah tengahnya seperti sengaja dibolong.

Terjadinya lubang itu diyakini sebagai gangguan stabilitas lapisan awan. Seperti ketika ada pesawat jet yang lewat, kemungkinan dapat menyebabkan proses penguapan domino dan menciptakan lubang.