Dinosaurus adalah hewan pra sejarah yang terkenal sampai saat ini. Beberapa produk makanan seperti nugget dan permen mengadopsi bentuk hewan yang sangat besar ini.

Begitu juga dengan produk-produk lain yang akrab dengan dunia anak-anak seperti sikat gigi, pasta gigi, dan lain-lain. Dinosaurus tampil sebagai model pada kemasannya.

Selain itu film Jurassic Park yang mengunakan dinosaurus sebagai tokoh pemeran semakin memberikan gambaran yang jelas di benak kita seberapa besar dan mengerikannya hewan-hewan masa purbakala ini.

www.youtube.com
www.youtube.com

Dinosaurus diyakini oleh ilmuwan sebagai makhluk penghuni bumi pada zaman pra sejarah. Hewan-hewan yang sangat besar ini kemudian punah jutaan tahun yang lalu. Ada yang berpendapat bahwa hewan ini punah karena meteor yang jatuh ke bumi.

Dari beberapa fosil yang ditemukan dan didukung ilmu pengetahuan yang maju, ilmuwan memberikan nama-nama spesies dinosaurus.

4 dinosaurus ini mungkin pernah kamu lihat di film.

1Tyranosaurus

www.dinosaurfact.net

Masih ingatkah kamu dengan dinosaurus pemangsa yang paling ditakuti dalam film Jurrasic Park? Dialah Tyranosaurus Rex atau akrab disebut sebagai T-Rex. T-Rex bisa diibaratkan sebagai singa di hutan rimba zaman sekarang.

T-Rex adalah dinosaurus yang termasuk karnivora. Hewan ini merupakan predator ulung yang ditakuti dinosaurus lainnya. T-Rex memiliki panjang tubuh 12,5 meter dan berat mencapai 7 Ton.

Informasi yang terbaru mengatakan bahwa T-Rex memiliki panjang mencapai 13 meter.

Gigitan T-Rex merupakan gigitan terkuat dibandingkan hewan darat lain yang pernah ada di dunia. Rahang T-Rex memiliki gigi dengan ukuran 15 cm. Mata dinosaurus ini seperti mata serigala yang siap menangkap musuh atau mangsanya.

Hal yang tak kalah menakjubkan adalah T-Rex dapat berlari hingga kecepatan 40 Km/jam.

2Triceratops

www.satukepingan.blogspot.com

Spesies dinosaurus yang kedua sering digambarkan menjadi hewan yang lucu pada kemasan pasta gigi. Triceratop atau yang sering dipanggil tritop memiliki 3 tanduk.

Beberapa orang menyebutnya sebagai dinosaurus ksatriya. Kombinasi bentuk tanduk dan kepalanya membuat dirinya tampil seperti seorang ksatriya dengan tameng dan pedangnya.

www.phandroid.com
www.phandroid.com

Namun jika kamu melihat hewan aslinya, maka tak ada lagi kesan imut dan lucu. Triceratops memiliki panjang yang bisa mencapai 9 meter. Selain itu tingginya 3,8 meter dan beratnya 6,5 ton.

Tak seperti dinosaurus lainnya, Tritop tidak takut pada T-Rex. Tanduknya yang tajam dapat melindunginya dari dinosaurus bengis semacam T-Rex.

3Brachiosaurus

www.walkingwith.wikia.com

Meskipun bertubuh yang sangat besar, kamu tidak perlu takut dengan Brachiosaurus. Dinosaurus satu ini merupakan herbivora yang masuk dalam kelompok Sauropodomorpha.

Ukuran tubuh Brachiosaurus diperkirakan memiliki panjang 26 meter dengan berat mencapai 70-80 Ton. Wah kalau hewan ini hidup di masa sekarang pasti sangat banyak ya dagingnya jika disembelih sebagai hewan qurban.

Eh tapi ngeri juga melihat hewan super duper raksasa. Kandang yang harus disiapkan pasti juga sangat besar.

4Mammoth

www.dkfindout.com

Jika kamu melihat gambar di atas, sekilas mirip dengan Gajah yang masih tetap hidup di zaman sekarang. Mammoth merupakan nenek moyang dari Gajah.

Namun, gajah yang hidup di Zaman Pliosen atau sekitar 4,8 juta tahun yang lalu ini memiliki bulu tebal. Bulu tebal inilah yang membedakan Mammoth dengan Gajah. Mammoth juga dikenal sebagai wooled Elephant atau gajah berbulu tebal.

Mammoth memiliki tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan Gajah. Berat dari Mammoth bisa mencapai 12 ton. Dibagian kepala memiliki gading yang berukuran 3,3 meter. Gading ini digunakan sebagai senjata untuk berkelahi membela diri dari ancaman dinosaurus lain.

SHARE