Asal kamu punya tekad yang kuat, dan tidak mudah menyerah, maka kamu akan mudah membuat kerajinan tangan yang bernilai jual cukup tinggi.

Kamu bisa memanfaatkan bahan bekas yang sudah tak terpakai tapi tidak rusak parah dan masih bisa dikreasikan menjadi barang bernilai guna.

Ini nih contohnya;

1Kardus Bekas

blogoinformasi.com

Membuat karya berbahan kardus bekas sebenarnya dapat menghemat dari segi biaya. Mungkin banyak kardus-kardus bekas yang tidak terpakai menumpuk di gudang rumah. Daripada membuat penuh ruangan alangkah baiknya kardus-kardus ini kita manfaatkan.

Dari segi ekonomi kardus bekas memang ada nilainya tapi itu pun harus ber kilo-kilo gram. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang di rumahnya sudah penuh dengan tumpukan kardus bekas.

Cobalah untuk mencari ide membuat sebuah kerajinan tangan yang berbahan kardus bekas. Misalnya, cup lampu atau bingkai foto.

2Sedotan Bekas

bikinpinter.com

Sedotan adalah salah satu bahan plastik yang sering kita temui di warung-warung makan atau warung-warung minuman.

Fungsinya jelas sebagai alat untuk mempermudah saat minum. Harganya pun terjangkau, dalam satu kemasan biasanya ada 20-30 sedotan plastik tidak sampai sepuluh ribu rupiah saat ini.

Bunga plastik dengan model seperti pada gambar di atas, cocok sekali dipadukan dengan tanaman imitasi untuk dijadikan pajangan ruangan, sehingga suasananya pun jadi lebih terkesan hidup.

3Kain Perca

trainerlaris.com

Kain perca, juga dikenal dengan kain sisa. kain perca ini berupa kain sisa guntingan saat proses pembuatan pakaian, kerajinan atau produk tekstil lainnya.

Untuk menggabungkan kain perca sehingga menjadi kain yang lebar ini ada tekniknya untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus.

Beberapa teknik jahit perca yang pertama yaitu patchwork, merupakan teknik menjahit, menyusun dan menggabungkan kain perca mengikuti pola berulang sesuai rencana.

Kedua, appligue adalah teknik membentuk gambar dari potongan kain kemudian menempelkan di atas permukaan kain dasar membentuk pola tertentu. Kedua seni ini kemudian disempurnakan dengan teknik jahit tindas.

Teknik ini dilakukan setelah menyisipkan dakron atau koldore/busa angin atau silikon atau kapas, di antara lembaran kain sehingga hasilnya lebih rapi dan memiliki ketebalan yang memberikan keindahan dan keunikan.

Produk jahit perca di antaranya adalah bedcover, selimut, sarung bantal kursi, hiasan dinding, tutup kotak tisu, cempal, alas panas, taplak meja, sarung toples, tas, tutup kulkas, tutup galon, tutup tudung saji, tempat surat dan lain sebagainya.

4Flanel

solosouvenir.wordpress.com

Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa tenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan shingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya).

Kain flanel ini mudah kita temukan di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitannya tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Secara umum kain flanel terdapat 2 tipe yaitu kain flanel polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya memiliki satu warna di seluruh bagiannya, sementara kain flanel yang bercorak memiliki serat-serat dengan warna berbeda. Biasanya kain bercorak dihargai lebih mahal.

Kain flanel dapat dimanfaatkan untuk membuat aneka kerajinan tangan seperti aksesoris bunga, menghias kotak tisu, gantungan kunci, dompet, boneka dan masih banyak lagi yang lainnya.

5Cangkang Telur

tersebar2.blogspot.com

Kerajinan kulit telur merupakan perpaduan kreatifitas dan upaya memanfaatkan limbah yang tidak terpakai. Selain itu kerajinan kulit telur memiliki prospek ekonomi dan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Aneka kerajinan kulit telur dapat menjadi berbagai bentuk. Misalnya saja kulit telur dapat dijadikan bahan penghias furnitur dan aksesoris penghias rumah yang unik dan menghasilkan kerajinan yang berharga puluhan juta rupiah.

Kulit telur yang dicat atau diukir menjadi hiasan, tidak kalah menarik dengan material lainnya. Daripada cangkang telur terbuang percuma, kan?