Kulit adalah organ tubuh paling besar yang dimiliki manusia. Organ tubuh ini juga rentan terserang penyakit. Jika dipisahkan dengan organ lain, kulit memiliki berat sekitar 3 sampai 5 kg dengan luas permukaan sekitar 1,5 sampai 2 meter persegi.

Kamu tentu sangat mementingkan kesehatan kulit, selain karena memang kewajiban menjaga kesehatan juga karena kulit adalah organ yang paling nampak untuk dipandang orang lain. Kulit wajah ataupun tangan utamanya.

Namun kulit ternyata rentan terserang penyakit. Tidak hanya satu jenis penyakit namun beragam.

Biasanya penyakit kulit disebabkan oleh virus atau alergi dan beberapa faktor lain. Penyakit kulit selain mengganggu kesehatan juga mengganggu pesona atau kecantikan pada kulit. Wah, tentu kamu tidak mengharapkan terkena penyakit kulit kan.

Untuk itu, ada baiknya kamu kenali jenis-jenis penyakit kulit yang akan dibahas dibawah ini.

1Lupus

www.sundhed.dk

Penyakit lupus bisa disebabkan oleh autommune atau kekebalan tubuh yang terganggu. Normalnya sistem kekebalan tubuh akan menjaga tubuh dari gangguan virus, bakteri dan bentuk lain yang berbahaya.

Sedangkan lupus adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh salah mengidentifikasi bahaya dan sebaliknya justru menyerang sel tubuh yang sehat sehingga merusak jaringan lunak seperti kulit dan organ lainnya.

Lupus juga dapat menimbulkan masalah lanjutan lainnya seperti gangguan pada ginjal, sistem syaraf, jaringan darah dan kulit.

2Eksim

obat-gatalbiduran.blogspot.com

Gejala utama yang dirasakan oleh penderita eksim adalah rasa gatal yang berlebihan pada kulit. Kemudian kulit memerah, bersisik dan pecah-pecah serta timbul gelembung-gelembung kecil yang mengandung air atau nanah.

Wah, hati-hati ya guys. Penyakit eksim ternyata sangat menyakitkan lho.

Eksim bisa disebabkan karena alergi terhadap rangsangan zat kimia tertentu seperti yang terdapat dalam detergen, sabun, obat-obatan bahkan kosmetik. Bisa juga karena alergi terhadap makanan misalnya udang, ikan laut, telur, daging ayam, alkohol, MSG, dan lain-lain.

Orang-orang yang berbakat alergi memang cendrung mudah terserang eksim. Tetapi dengan pengobatan yang tepat penyakit ini dapat dikendalikan kok. Jadi kamu tidak perlu khawatir ya.

3Bisul

www.minyakkutuskutus.net

Yang satu ini memang sudah sangat tersohor di seantero dunia. Setiap orang mungkin pernah merasakannya. Kamu juga kan? Xixi.

Tapi tahukah kamu, bisul ini bisa disebabkan karena infeksi bakteri stafilokokus aereus pada kulit melalui folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, kemudian menimbulkan infeksi lokal.

Faktor lain yang bisa menyebabkan bisul antara lain karena kebersihan lingkungan, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetik yang menyumbat pori, dan pemakaian bahan kimia. So, agar kamu terhindar dari bisul sebaiknya kamu menjaga kebersihan ya guys.

4Kudis

gejalapenyebabsakit.blogspot.com

Waduh! Yang ini juga ngga kalah tenar sama bisul. Kudis adalah penyakit kulit yang menyerang pada kulit. Yaiyalah, kan kita lagi bahas penyakit kulit. Duh!

Kudis dapat disebabkan oleh parasit tungau yang gatal yaitu sarcoptes scabiei var hominis. Kulit terjangkit kudis lebih banyak terjadi di daerah kumuh dan tidak menjaga kebersihan tubuh.

Gejala kudis adalah adanya rasa gatal yang begitu hebat pada malam hari, terutama di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan lain-lain. Kudis sangat gampang menular pada orang lain, secara langsung maupun tidak langsung.

Nah itulah tadi beberapa jenis penyakit kulit yang rentan menyerang. Jika kekebalan tubuh menurun dan kebersihan kurang terjaga, maka kamu akan sangat mudah terserang beragam penyakit kulit. Maka dari itu mulai sekarang lakukanlah upaya untuk mencegah timbulnya penyakit kulit.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati kan guys?