Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan berinteraksi dengan orang lain. Interaksi tersebut sangat wajar karena manusia membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

Dalam interaksi, terbentuklah sebuah hubungan yang disebut pertemanan. Dan dari pertemanan itulah kemudian berkembang menjadi sebuah hubungan yang lebih dalam.

Pertemanan itulah yang sedikit banyak sangat mempengaruhi kehidupan kita sebagai manusia, dan hamba Tuhan.

Bagaimana kita bergaul, bagaimana kita memilih teman, dan bagaimana kita memperlakukan orang lain atau teman, itulah sejatinya yang sering kita hadapi dalam kehidupan ini.

Dan kamu harus tau bagaimana karakter orang-orang di sekitarmu, karakter teman-teman yang berada di sekelilingmu, agar kamu tidak salah memilih orang dalam berteman.

Berikut ini adalah beberapa macam pertemanan yang akan kamu hadapi dalam kehidupan ini. Beberapa karakter orang dan lingkungan akan sangat mempengaruhi jenis pertemanan tersebut.

1Teman Hanya Butuh

mricecreamblog.wordpress.com

Teman-teman ini biasanya hanya sekedar numpang lewat. Kalau dia butuh bantuan dan menganggap kita bisa membantunya, maka dia akan datang kepada kita.

Dan mirisnya, kalau sudah tak membutuhkan kita, seolah dia tak mengenal kita. Paling-paling hanya sekedar menyapa ala kadarnya atau mengajak bicara dengan bahasan basa-basi.

Teman jenis ini akan mudah kita temui di lingkungan sekitar tempat kerja atau sekolah, yang biasanya baru kita kenal atau jarang sekali berinteraksi dengan kita.

2Teman Menusuk Dari Belakang

puusskecil.wordpress.com

Teman yang macam seperti ini sangat berbahaya dan harus diwaspadai. Karena bahkan orang terdekat kita pun bisa melakukan seperti itu dengan tega.

Walaupun kita sudah dekat dengan seseorang, namun yang namanya manusia adalah tempat salah dan dosa, serta setan selalu mudah untuk menggoda kapanpun.

Maka cukuplah kita mengadukan masalah kita kepada Tuhan, jika memang kita ingin meminta saran atau pertimbangan ya seperlunya saja dalam hal yang benar-benar penting.

Karena teman seperti ini hanya akan bisa terdeteksi setelah hasil aksinya terlihat di sekitar kita. Maka sebelum kita menjadi korban, sebaiknya waspada sejak dini.

3Teman Cuek

tekooo.com

Teman seperti ini juga banyak di sekitar kita. Mereka cenderung tidak mau tahu segala macam urusan orang lain, kecuali hal tersebut menyangkut dirinya.

Nah, jika kita memiliki teman seperti ini, maka kita yang harus bersabar dan berusaha menahan diri dalam menjaga interaksi dengannya.

Namun secuek-cueknya manusia, dia tetaplah makhluk sosial, sehingga mau tak mau dia tetap akan membutuhkan orang lain.

4Teman Suka Ikut Campur

shofanimah.blogspot.com

Kebalikan dari teman yang cuek, teman semacam ini adalah teman yang sangat perhatian, namun tujuannya bukan benar-benar peduli, tapi ingin tahu.

Kadang kala dia mencari tahu hanya untuk memuaskan rasa penasarannya, namun ada juga yang memiliki misi adu domba di baliknya.

Ya bukannya berpikiran buruk, namun menghadapi teman seperti ini kita wajib waspada. Jaga baik-baik rahasia terdalam kita, hanya kepada Tuhan.

5Teman Baik

www.katamalia.com

Nah, kalau teman yang satu ini yang sepertinya potensial untuk dijadikan sahabat, bahkan teman hidup atau pendamping halal.

Teman baik adalah mereka yang benar-benar siap membantu dengan tulus saat kita butuh, dan tidak sungkan juga menasehati saat kita salah.

Mereka juga tetap akan bersama kita dan mau menghargai kita saat kita dalam keadaan terpuruk. Mungkin mereka baru saja kita kenal, tapi mereka bisa tumbuh menjadi teman baik.

Jadi, siapapun yang ada di sekitar kita dan menyebut dirinya teman, kita harus bisa menempatkan diri kita sebagai seseorang yang membuat orang lain nyaman di sekitar kita.

Dengan dia nyaman, maka dia akan berlaku baik kepada kita. Kalaupun ternyata balasannya tidak baik, maka itu urusan dia dengan Tuhan. Setuju kan?

SHARE