Hai, kamu yang hobi komputer, yang mulai mempelajari komputer atau yang lagi asik bermain komputer tentu kamu harus tahu dong tentang komputer itu sendiri dan seluk beluknya.

Banyak sekali kalau kita mempelajari benda satu ini, benda yang dimana kecanggihan mulai berawal. Tentu kamu yang mulai demen harus mempelajari satu-persatu, mulai dari tahap yang sedang sampai tahap yang besar.

Yuuk guys, mari belajar bersama disini, mari kita bahas bersama.

Dalam sebuah perangkat komputer ada banyak sekali komponen yang dipakai untuk menjalankan sistem. Perangkat komputer tersebut beragam jenisnya. Salah satu komponen komputer yang dapat kita pelajari adalah software komputer.

Software komputer merupakan bagian komputer yang tidak terlihat. Jadi, software komputer dapat diartikan sebagai perangkat lunak komputer yang dikemas dalam sebuah program. Pada dasarnya, software komputer memiliki peran besar dalam perangkat komputer itu sendiri.

Pengertian software komputer adalah perangkat lunak komputer yang menghubungkan pengguna (brainware) dengan perangkat keras (hardware) untuk menjalankan sebuah perintah dan menampilkannya dalam bentuk visual, grafik dan suara.

pheebles.blogspot.com
pheebles.blogspot.com

Software komputer bisa juga disebut alat penerjemah perintah-perintah dari pengguna untuk ditransfer ke perangkat keras komputer. Kemudian terjadilah proses dalam sistem komputer yang akan menghasilkan data melalui perangkat output.

Kemudian yang perlu kita bahas selanjutnya adalah macam-macam software komputer. Menurut beberapa sumber, software komputer terbagi dalam 5 kelompok. Apa sajakah itu? Yups, sistem operasi, program aplikasi, program tambahan, bahasa pemrograman, dan program paket.

Kelima kelompok tersebut memiliki kegunaan masing-masing yang berbeda-beda. Selain itu, fungsi software komputer dalam kelima kelompok tersebut juga saling berikatan satu sama lain untuk menghasilkan program komputer yang baik dan sesuai instruksi pengguna.

1Sistem Operasi

dosenpendidikan.com

Berfungsi sebagai alat pengontrol seluruh program dalam komputer. Beberapa perangkat yang mendapat manajemen dari sistem operasi adalah perangkat keras komputer (hardware).

Jadi, sistem operasi dapat diartikan sebagai alat untuk mengatur seluruh sistem dalam komputer. Contoh sistem operasi yang ada pada perangkat komputer saat ini adalah MacOS, Linux, Windows OS dan sebagainya.

2Program Aplikasi

mudahbelajarit.blogspot.com

Sebuah program yang digunakan untuk menuntaskan beberapa aplikasi yang terdapat dalam perangkat komputer. Program aplikasi bekerja dengan tujuan menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam sebuah aplikasi.

Sebagai contoh dari program aplikasi antara lain: Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint dll), Adobe (Photoshop, Reader dll) dan masih banyak lagi.

3Program Tambahan

alternativeto.net

Berupa software yang sifatnya advance atau tambahan dengan tujuan untuk menyelesaikan beberapa masalah yang tidak dapat diduga sebelumnya. Seperti misalnya, kita ambil satu contoh perangkat program tambahan yaitu Scandisk.

Scandisk ini berfungsi untuk menghilangkan virus dalam sebuah perangkat penyimpanan data. Selain scandisk ada juga program tambahan lainnya seperti WinRar (menggabungkan beberapa file sekaligus), Defrag (membantu memperbaiki hardisk), Tune Up dan sebagainya.

4Bahasa Pemrograman

planet-source-code.com

Merupakan instruksi dan aturan berupa kode-kode khusus untuk menyelesaikan suatu tugas dalam sistem komputer. Bahasa pemrograman ada banyak sekali macamnya, dengan fungsi yang berbeda-beda.

Contoh dari bahasa pemrograman adalah HTML, Javascript, C+, Phyton, MySql, dan masih banyak lagi.

Tentu bahasa pemrograman ini banyak sekali karena berbeda program juga berbeda fungsi, semakin sulit program itu, semakin hebat dan canggih juga apa yang ditampilkannya.

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan mengenai pengertian software komputer dan macam-macamnya. Semoga bisa jadi referensi, dan semoga bermanfaat!