Sudah tahu kue macaron? Walaupun kue yang berasal dari prancis sudah lama populer di Eropa, namun di Indonesia baru akhir-akhir ini saja kue macaron digemari.

Cita rasanya dipenuhi oleh rasa gurih almond yang selaras dengan aneka rasa isi, seperti vanila, kopi, cokelat, buah-buahan, kelapa hingga green tea.

Teksturnya renyah di luar, tetapi lembut di dalam. Saat dimakan, langsung lumer di mulut, yummi!

Bentuk kue macaron memang sudah cantik dari sananya, bulat imut dan berwarna-warni. Tapi bagaimana jadinya kalau kue ini dibentuk seperti hewan yang lucu? Pasti jadi gemes ngelihatnya.

Saking imutnya macaron modifikasi ini, bukannya dimakan, malah jadi pajangan kamu dirumah deh.

Dibawah ini bukanlah panduan membuat macaron. Tetapi pada tingkat yang lebih lanjut, langkah membuat kerajinan macaron berbentuk kucing. Silahkan mencobanya!

1Langkah 1. Siapkan Dasar Kucingnya

boredpanda.com

Mulailah dengan menyiapkan macaron sebagai ‘dasar kucing’ dan piping bag sekali pakai. Pastikan juga ada alas bersih dibawahnya, agar adonan tidak mengotori mejamu.

Ingat, bentuk dasar kucingnya oval bukan bulat biasa. Bentuk oval akan memberikan kesan hidup dan kucing jadi lebih manis dan lucu.

2Langkah 2. Pilih Warna-warna Adonan

boredpanda.com

Kali ini kita akan memilih warna yang cocok untuk jenis kucing himalaya. Warna dasar yang dibutuhkan adalah putih, hitam, biru muda. Boleh ditambahkan warna lainnya untuk mempercantik tampilan.

Karena macaron sudah berwarna putih, warna dasar yang dibutuhkan tinggal hitam dan biru muda. Jangan lupa disetiap kantong berisi 100 gram warna adonan.

Kita juga tidak memerlukan piping tip yang biasa digunakan membentuk pola adonan, suapaya hemat waktu dan biaya tentunya. Mungkin untuk bentuk gambar lain bisa menggunakannya.

3Langkah 3. Potongan pada Ujung Piping Bag

boredpanda.com

Seberapa diameter lubang yang pas buat kamu dalam menggambar? Besar kecilnya potongan tergantung kepada detail yang kamu inginkan.

Semakin detail, maka potongan semakin kecil dan tipis. Jika ingin lebih praktis dan cepat, maka potongan bisa dibuat lebih besar.

Jangan lupa juga untuk membersihkan sisa potongan dan melancarkan jalan keluar adonan di ujung piping bag.

4Langkah 4. Menggambar Telinga, Wajah dan Tangan Kucing

Mulailah untuk menggambar kedua telinga kucing dengan adonan warna hitam. Dibutuhkan ketenangan dan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang rata dan halus.

Untuk gambar wajah, sesuaikan dengan bentuk dasar kucing, pipih dengan ukuran lebih kecil. Agar lebih lucu lagi, tambahkan kedua lengan kecil di bawah.

Menambahkan lengan akan membuatnya seperti boneka Disney Stackable Tsum Tsum yang banyak digemari.

Ketika selesai akan berbentuk seperti gambar dibawah ini.

boredpanda.com
boredpanda.com

5Langkah 5. Menggambar Mata

boredpanda.com

Sebelum menggambar mata diatas lapisan adonan hitam, tunggu dulu hingga adonan atas mengering. Walapun tanpa harus menunggu kering, adonan mata tidak akan terlalu luntur.

Akan tetapi jika ingin hasil yang maksimal dengan membentuk mata pop, tunggulah hingga mengering, baru menggambar adonan mata yang berwarna biru muda.

6Langkah 6. Menggambar Pupil Mata

boredpanda.com

Segeralah untuk menambahkan pupil mata dari adonan hitam. Kali ini karena kita tidak ingin pupil mata terlalu menonjol, maka penambahan pupil mata harus segera tanpa menunggu adonan biru mengering.

7Nikmati Kucing Himalaya Kamu!

boredpanda.com

Kalau sudah jadi seperti ini, enaknya dimakan atau dilihatin aja ya? so dari sini kamu bisa berkreasi sendiri menggambar macaron dengan jenis hewan yang lain.

SHARE