Mau kemana setelah lulus SMA? kalau mau kuliah mau kuliah di mana? Banyak anak-anak lulusa SMA yang menginginkan setelah lulus, mereka bisa melanjutkan kuliah ke universitas negeri.

Orang-orang berebut mengikuti ujian masuk PTN. Bahkan ada yang rela ambil jurusan apa saja asal diterima PTN. Nah ngomongin soal PTN, ada satu universitas yang menjadi favorit yakni Universitas Gadjah Mada (UGM).

UGM yang terletak di Yogyakarta ini memang menjadi buruan ribuan alumnus SMA yang ingin melanjutkan cita-cita kuliah. UGM yang juga dikenal sebagai kampus biru ini memang memiliki beberapa kelebihan sebagai fakta unik.

Yuk kita simak beberapa keunggulan UGM dan semoga jadi inspirasi bagi yang ingin masuk UGM

1Universitas Asli Indonesia

unofficialambassadors.com

UGM memang universitas paling tua yang dibangun oleh anak bangsa setelah kemerdekaan. Kebanyakan universitas favorit di Indonesia adalah lembaga pendidikan peninggalan kolonial Belanda.

Penggagas berdirinya UGM adalah Presiden RI Pertama Ir Soekarno. Makanya UGM sering disebut kampus kerakyatan soalnya didirikan langsung oleh rakyat Indonesia setelah kemerdekaan.

Bahkan warna almamater yang seperti UGM punya sering disebut almamater perjuangan. Warnanya unik seperti perpaduan krem dan coklat muda.

2Biaya Hidup Murah

travellingtrip.com

Mau bandingin biaya hidup di Jakarta, Bandung dan Yogya? pasti Yogyakarta jauh lebih murah dibanding dua kota tadi. Lokasi UGM di Yogyakarta cukup menguntungkan bagi mahasiswa yang kebanyakan rantau.

Biaya hidup yang murah di Yogyakarta membuat beban kuliah juga bisa sedikit berkurang. Lingkungan yang serba nyaman dan murah serta tidak macet juga membuat siapa saja akan kangen saat-saat kuliah di Yogya terutama UGM.

3Kualitas

thejewelholic.wordpress.com

Tidak diragukan lagi UGM merupakan universitas terbaik di Indonesia. Namanya tidak saja bergaung di kancah nasional, tapi sudah bergema di dunia Internasional.

Kualitas terbaik UGM diberikan mulai dari design kurikulum yang sudah diakui secara internasional, kualitas dosen yang kebanyakan bergelar S2 dan S3 dari universitas terkenal di luar negeri.

Termasuk sarana dan prasarana yang super lengkap, pengelolaan lingkungan kampus yang baik sehingga tercipta lingkungan edukasi yang kondusif, serta mahasiswanya yang sudah terkenal berkualitas.

4Fasilitas Lengkap

www.panoramio.com

Sebagai universitas kelas dunia, UGM memiliki fasilitas-fasilitas yang memadai. Perpustakaannya mewah dan besar, banyak titik hotspot wi-fi, student internet center, masjid kampus termewah di Indonesia, dan masih banyak lagi.

UGM juga menyediakan layanan kesehatan gratis buat mahasiswanya. UGM juga punya sepeda kampus buat mahasiswa, dosen, atau tamu yang mau berpergian di sekitaran UGM.

5Jurusan Komplit

fk.ugm.ac.id

Sebagai universitas, jurusan di UGM terbilang komplit dan lengkap. Mulai dari Sains, Teknik, Kesehatan, Sosial Humanirora, sampai Pertanian semua ada.

Total ada 25 jurusan Sekolah Vokasi, 69 Jurusan S1, 10 Kelas Internasional untuk jenjang S1, 24 Spesialis, 48 program S2, dan 54 program S3.

6Karakter Khas

ft.ugm.ac.id

Berada di Yogyakarta tentu akan terpengaruh karakter Yogyakarta. Dan itu yang sangat terlihat di UGM. Mahasiswa dan dosennya low profile, percaya diri, tidak banyak tingkah, sederhana dan rata-rata penurut.

Selain itu mahasiswa UGM lebih banyak sibuk dengan tugas dan organisasi sehingga jarang kita temui tempat hiburan ramai di sekitar kampus UGM. Tempat hiburan anak muda justru lebih banyak terdapat di dekat kampus swasta di Yogyakarta.

SHARE