Beberapa akan berselisih paham untuk menyetujui manfaat yang diberikan jika anak-anak bermain video game. Karena beberapa orang tua akan mengatakan bahwa bermain game itu lebih memberikan dampak buruk daripada yang positif.

Memang pendapat itu ada benarnya juga. Pasalnya, tidak semua video game itu baik untuk dimainkan oleh anak-anak. Seperti game kekerasan, permainan yang hanya boleh dimainkan oleh orang dewasa maupun game yang mengandung SARA.

Sehingga, sebagai orang tua, kita juga harus mendampingi kegiatan bermain game mereka. Karena tidak semua video game itu mengandung unsur-unsur negatif. Ada kok game yang mengedukasi anak-anak.

Jadi, arahkan saja mereka untuk bermain video game yang cocok dimainkan oleh anak sesuai mereka. Bukannya malah melarang anak-anak untuk bermain video game. Jika kalian melarang mereka, mungkin mereka akan menyelinap keluar.

Mereka akan bermain video game secara diam-diam agar kalian para orang tua tidak mengetahuinya. Nah, Apabila kalian mengijinkan anak-anak untuk bermain video game, buatkanlah mereka jadwal bermain yang tidak akan mengganggu jadwal belajar.

Seimbang bukan? Berikut ini adalah manfaat bermain video game untuk anak-anakmu.

1Anak Dapat Belajar Mengatur Strategi

highconcepts.org

Ketika bermain video game, maka anak-anak haruslah berfikir cerdas untuk mengalahkan lawan. Mereka harus membuat strategi sebaik mungkin supaya dapat menjadi pemenangnya.

Dengan memikirkan strategi dalam bermain ini, secara tidak langsung otak anak akan diasah untuk terus mengembangkan pikirannya. Hal ini akan baik jika kelak mereka gunakan dalam dunia nyata. Menyusun strategi dengan pemikiran yang lebih matang.

2Memperbaiki Suasana Hati

sofaworldjaipur.com

Jangan heran jika anakmu begitu senang ketika berhadapan dengan video game kesayangannya. Pada dasarnya anak membutuhkan waktu untuk beristirahat dari rutinitas belajarnya. Mereka akan merasa bahwa bermain game adalah obat mujarab.

Kebahagiaan akan muncul saat mereka diizinkan untuk memainkan beberapa permainan favorit mereka. Selain itu, mereka pun bisa menghilangkan stres yang mungkin mereka rasakan selama seharian ini.

3Mendekatkan Hubungan Kekeluargaan

www.huffingtonpost.com

Tidak ada salahnya untuk menemani anak bermain. Melalui video game inilah kedekatan hubungan antara orang tua dan anak dapat berkembang. Anak pun akan merasa senang jika orang tuanya mau bermain bersama.

Saat bermain bersama inilah, kamu bisa menanyakan kegiatan apa saja yang mereka lalui hari ini, hal yang mereka rencanakan untuk esok. Kamu pun dapat memantau permainan apa yang sedang mereka mainkan, Hebat bukan?

4Mampu Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

www.mumbub.com

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bermain video game mampu meningkatkan koordinasi tangan dan mata pada anak. Sehingga anak-anak bisa melakukan gerakan olahraga dan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.

5Memperbanyak Teman Bergaul

ngonoo.com

Anak-anak pasti senang menceritakan kegiatannya bermain video game kepada teman-temannya. Kalau sudah bertemu dengan teman yang cocok, bisa-bisa ngobrolnya tak terputus. Mungkin nantinya mereka akan janjian untuk bermain video game bersama.

Anak-anak bisa bermain game secara online. Nah, saat online inilah mereka bisa memperluas pergaulan. Karena para gamers di dunia maya itu berasal dari seluruh dunia. Anakmu bisa berhubungan baik nih nantinya dengan para gamer lain di lain negara sana.

6Melatih Jiwa Sportivitas

www.huffingtonpost.com

Bermain game sudah pasti menjunjung tinggi yang namanya sportivitas dan keadilan. Anak-anak harus mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan untuk berlaku adil dan tidak melakukan kecurangan apapun.

Dari permainan inilah mereka bisa belajar untuk sportiv dan menjunjung tinggi keadilan nantinya.

7Mampu Bekerjasama dalam Kelompok

gamingrade.com

Ada beberapa permainan yang dilakukan secara berkelompok atau banyak pemain. Untuk memenangkan permainan yang ada, para pemain haruslah “mengompakkan” diri mereka. Mereka harus memikirkan juga strategi untuk melawan musuh bersama-sama.

Sehingga anak-anak akan belajar untuk berkoordinasi secara berkelompok dengan pemain yang lain, agar misi mereka dapat terselesaikan.

8Belajar Bahasa Asing

www.socialmoms.net

Beberapa permainan dapat membuat anak kita menjadi tertarik untuk belajar bahasa asing. Karena mereka ingin memahami makna yang mungkin saja diucapkan para tokoh yang sedang mereka mainkan.

Jadi, ada baiknya juga bermain video game, anak-anak menjadi tertarik untuk mempelajari bahasa dari negara lain. Bahkan, beberapa orang justru belajar bahasa hanya dari game saja lho.