Usia anak-anak memang masa yang tidak pernah lepas dari yang namanya bermain. Menurut pakar anak, bermain bagi anak adalah kebutuhan mendasar, sama seperti kebutuhan akan makan dan kasih sayang.

Maka dari itu semua kegiatan dalam pandangan anak tidak ada yang dianggap serius dan hanya dianggap main-main saja.

Bermain sebetulnya adalah sarana pembelajaran yang bagus, di mana anak bisa bereksplorasi, menemukan hal baru, mengekspresikan perasaan, dan juga sarana kreatifitas.

Tidak ada yang salah dengan anak yang bermain, tapi yang menjadi masalah justru pada mainannya. Orang tua yang ingin menyenangkan anak dengan membelikan mainan, jika tidak selektif justru bisa membahayakan anak.

Mainan industri sekarang banyak sekali yang tidak memenuhi standar keamanan dan kesehatan. Bahkan belakangan ini merebak kabar beberapa mainan yang dapat membuat anak cedera mata.

Cedera mata bisa saja berupa goresan pada permukaan mata, hingga cedera yang dapat membahayakan penglihatan anak seperti ulkus kornea, katarak traumatik, pendarahan di dalam mata, dan ablasi retina.

Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui beberapa mainan yang diketahui dapat mencederakan mata anak. Berikut ini beberapa jenis mainan anak tersebut.

1Pistol-pistolan dengan Peluru

id.aliexpress.com

Ini mungkin bukan informasi baru, sebelumnya sudah banyak pemberitaan tentang kejadian anak yang mengalami cedera mata karena terkena peluru pistol-pistolan.

Yang paling berbahaya adalah pistol-pistolan dengan peluru dari manik-manik. Bahkan masih saja ada yang menjual dengan harga murah oleh penjual mainan.

Butuh kesadaran dan pengawasan dari orang tua tentunya. Bahkan peluru dari bahan yang paling ringan dan lembut (cushy darts) saja bisa juga berbahaya.

Soalnya mainan ini bisa melontarkan peluru hingga 22 meter dan jika ditembakkan dari jarak dekat tentu akan berbahaya sekali bagi anak-anak.

2Pistol Air

id.aliexpress.com

Bukan hanya pistol peluru, pistol dengan isi air juga bisa berbahaya jika ditembakkan dari jarak dekat dan mengenai mata.

Berbeda dengan pistol air terdahulu, pistol air sekarang lebih kencang dalam menyemprotkan air. Apalagi jika air oleh dicampur dengan zat lain sepreti sabun misalnya, lebih fatal tentunya.

Maka berhati-hatilah dalam membelikan mainan, atau kalau terlanjur awasi dengan baik anak-anak saat bermain pistol air.

3Pedang-pedangan

youtube.com

Karakter anak adalah karakter peniru. Ia tentu sangat senang untuk meniru jagoannya yang melawan musuh dengan menggunakan pedang.

Bisa dibayangkan jika pedang-pedangan yang terbuat dari plastik sekalipun, disabetkan ke mata temannya. Baik itu pedang ataupun bentuk lain yang sejenis tentu harus mendapatkan perhatian dari orang tua.

4Mainan Pancingan

catatankecilkeluarga.wordpress.com

Sekilas mainan pancingan terlihat aman, tetapi ujung dari pancing atau pun objek yang menggelantung di ujung pancing ternyata menyimpan potensi bahaya.

Terutama bagi balita yang belum mampu mengontrol gerakannya dengan baik. Saat hendak melemparkan tali tentu bisa mengenai teman-temannya.

5Senter Laser

http://www.bisnisaceh.com/images/web/2015/11/Laser_pointers1.jpg
bisnisaceh.com

Senter laser yang biasa digunakan presentasi justru diproduksi menjadi mainan anak. Sinar laser bisa berbahaya karena memiliki intensitas cahaya yang cukup tinggi dan dapat membuat mata cedera dalam.

Selain laser ada juga senter LED sebagai mainan. Walaupun tidak mencederai bagian mata, tapi sinar yang terlalu terang akan menggangu penglihatan.

Dan bisa jadi anak terjatuh atau mengalami kecelakaan lain saat penglihatannya terganggu.

6Aerosol String

thecitizen.com

Sangat jelas ini adalah barang berbahaya bagi mata anak, karena kandungan zat kimia yang ada pada aerosol string (semprotan benang).

Beruntung aerosol string yang sering jadi mainan anak di barat, tidak umum digunakan sebagai mainan di Indonesia.

Tapi bisa saja anak kita saat melihat aerosol string milik orang dewasa, lalu diam-diam di luar pengawasan kita menggunakannya sebagai mainan dengan teman-temannya.

Jika terkena mata, kemungkinan akan menyebabkan iritasi mata. Namun, dalam jarak dekat aerosol string bisa menyebabkan abrasi kornea yang dapat menimbulkan infeksi mata berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here