Kegiatan anak dan remaja tahun 90-an sangat variatif dan diisi oleh berbagai hal yang mungkin saja lebih bermanfaat sebab melibatkan fisik dan kemampuan motoriknya.

Ssalah satu kegiatan bermanfaat tersebut adalah dengan membaca majalah. Meski sekarang sudah jauh lebih beragam jenis majalah, namun nostalgia generasi 90-an terhadap aktivitas membaca ini bisa dikatakan kenangan terindah.

Nostalgia lagi yuk dengan mengingat kembali daftar majalah yang pernah eksis di tahun 90-an berikut ini;

1Bobo

bobo.kidnesia.com

Siapa generasi 90-an yang tidak kenal dengan majalah satu ini? Majalah Bobo merupakan majalah edukatif yang memberikan hiburan sekaligus pendidikan.

Secara implisit, pendidikan tersebut terdapat pada cerpen, puisi, komik, artikel, bahkan teka-teki silang.

Majalah ini juga menjembatani para pembacanya untuk mendapat sahabat pena. Tokoh-tokoh lain yang juga terkenal dari Majalah Bobo adalah Paman Gembul, Bona, Rong-rong, Husin, Asta, Oki, dan Nirmala.

2Donal Bebek

pizna.com

Selain Majalah Bobo, ada juga majalah anak-anak yang tidak kalah eksis, yaitu Majalah Donal Bebek. Majalah ini seakan menjadi bacaan wajib generasi 90-an kala itu.

Sama seperti Majalah Bobo, Majalah Donal Bebek juga menyimpan banyak cerita yang dikemas berupa komik. Disajikan secara ringan, menghibur, dan edukatif.

Tokoh-tokoh lain yang ada di dalam majalah ini adalah Desi, Paman Gober, Kwak-Kwik-Kwek, Madam MicMac, Agus Angsa dan Nenek Bebek, serta masih banyak lagi tokoh lainnya.

3Gadis

wodjo.wordpress.com

Majalah inilah yang menjadi perantara para selebriti kelas atas tanah air untuk memasuki jagad dunia hiburan.

Maka, tak heran bila saat itu sangat dikenal sebutan Gadis Sampul. Gadis sampul merupakan pemilihan gadis cantik dan berbakat yang diselenggarakan setiap tahun.

Majalah Gadis berhasil mengantarkan artis muda sampai pada puncak popularitas. Di antaranya ada Dian Sastro dan Astrid Tiar yang mengawali karirnya di dunia hiburan dengan menjadi Gadis Sampul.

4Hai

getscoop.com

Majalah Hai cukup terkenal bagi remaja era 90-an. Majalah ini lebih banyak mengulas industri musik maupun hal yang sedang terkenal kala itu.

Karena majalah lainnya sudah membahas mengenai bakat dan minat diri, maka majalah Hai berorientasi pada pengetahuan mengenaik musik maupun musisi.

Majalah Hai ini masih bertahan hingga saat ini, bahkan sudah ada majalah versi onlinenya lho. Ada yang selalu update info majalah ini?

5Aneka Yess!

commentbling.com

Majalah Aneka Yess merupakan salah satu majalah yang diminati remaja 90-an pada saati itu. Setiap ada selebriti yang sedang menjadi pembicaraan hangat, pasti akan menjadi cover Majalah Aneka Yess.

Majalah ini juga mengumpulkan remaja sebagai Cover Girl atau Cover Boy, seperti majalah gadis. Beberapa nama artis papan atas yang pada awalnya dididik oleh tim Aneka Yess adalah Christian Sugiono, Titi Kamal, Dwi Andhika, dan Luna Maya.

6Kawanku

rererethatuing.wordpress.com

Tidak hanya eksis tahun 90-an, majalah ini juga masih eksis hingga saat ini lho. Hanya saja, perbedaan majalah ini zaman dulu dan sekarang terletak pada desain cover.

Majalah Kawanku terbit pertama kali tahun 1970 dan ditujukan untuk remaja putri.

7Anita Cemerlang

tokopedia.com

Majalah ini terbit setiap bulan dan memberikan hiburan berupa kumpulan cerpen sejak tahun 1978. Segmen yang dirangkul oleh majalah ini adalah remaja

Majalah Anita harus berhenti terbit tahun 2000 akibat kemunculan majalah baru yang mengusung tampilan yang lebih segar. Pada akhirnya, minat terhadap Majalah Anita Cemerlang ini menurun.

8Mode

pinterest.com

Majalah yang satu ini mungkin agak berbeda dengan majalah lainnya yang cukup eksis tahun 90-an. Majalah Mode lebih memberikan pendekatan konten berupa perkembangan fashion yang terjadi setiap waktu.

Tak hanya untuk urusan baju, Majalah Mode juga memberikan informasi cukup lengkap mengenai model rambut yang sedang hits kala itu.