Makam adalah tempat terakhir para manusia di dunia, ini merupakan rumah masa depan bagi semua orang. Tidak ada satupun orang yang mampu menangkal perihal ini. Baik yang masih muda, tua, kaya atau miskin semua akan berkumpul di perumahan ini.

Kalau kita mendengar kata makam mungkin akan terasa aneh, ngeri atau takut, karena makam identik dengan angker, banyak orang mati yang ada disana dan terbayang akan hantu disana.

Berkunjung kesana saja kita merasa takut apalgi menjadi destinasi pengisi liburan, kayaknya nggak banget ya guys. Tapi jangan salah lho, di Indonesia ada makam yang justru menjadi destinasi pengisi liburan atau belajar kebudayaan.

Penasaran guys? yuuk disimak makam-makam unik di bawah ini.

1Desa Trunyan

marijalanseru.blogspot.com

Bali memang mempunyai ciri khas tersendiri dalam mengakhiri mayat orang mati, yang terkenal ada dua cara, yaitu membakar dan  dibiarkan begitu saja di bawah pohon taru dan kemenyan dan dipagari bambu anyam.

Cara yang kedua cukup ekstrim guys, bayangkan saja mayat di biarkan begitu saja sampai daging nya habis, tinggal tengkorak nya saja. Untung saja diberi kemenyan kuat agar tidak bau, kalau tidak entah bagaimana baunya.

Jika kamu inging melihat nya, tepatnya di Desa Trunyan, Kintamani, tepat di tepi Danau Batur. Konon disana terdapat pohon ajaib yaitu pohon taru dan kemenyan yang membuat mayit tidak bau dan hanya bisa hidup di desa disana.

hot.detik.com
hot.detik.com

Jangan kaget guys jika disana banyak tengkorak yang ditata rapi, kamu juga bisa menyentuhnya lho. Kira-kira jadi ngeri tidak?

2Museum Taman Prasasti

thesirihkuning.wordpress.com

Museum ini terletak di Ibukota negara kita, Jakarta, dimana museum ini bergaya romawi. Museum ini terletak di Jl. Tanah Abang I ini, bernama makam Kebon Jahe Kober. Yang dimana museum ini luasnya 1,2 hektar.

Nuansa romawi yang unik dan mengandung seni kelas tinggi, ditambah dengan suasana rindang, rumputnya yang hijau dan tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Makam tokoh Soe Hok Gie dan istri dari Thomas Stamford Raffles juga dimakamkam di sini lho, tak heran banyak pengunjung datang kesini untuk foto, jalan-jalan atau belajar budaya romawi.

bagaimana guys? liburan di wisata sudah terlalu mainstrem mungkin ya, kalau di makam seperti ini bagaimana?

3Pemakaman Gunung Sempu

sarwoono.blogspot.com

Pemakaman memang tidak identik dengan destinasi, tentu orang akan memilih di lain tempat yang benar-benar menghibur. Tapi tentu berbeda dengan tempat satu ini. Gunung Sempu justru  menjadi destinasi para pemuda untuk mencari ketenangan.

Saking indahnya pemandangan disana ada yang menulis tentang “Gunung Sempu, antara keangkeran dan keindahan. Konon makam ini makam cina yang terbesar di Indonesia, itulah mengapa orang menganggap tempat ini angker.

Tapi beda manusia beda pandangan, di balik makan gunung Sempu memberikan keindahan yang justru menjadi kunjungan manusia untuk sekedar foto atau mencari ketenangan.

angkisland.com
angkisland.com

Nah inilah guys pemandangan di balik makam yang katanya angker, disinilah banyak pemuda mencari ketenangan. Kamu yang domisili Jogja, mau coba main disini tidak?

4Pemakaman Raja-raja Imogiri

infowisatajogjaku.blogspot.com

Jika kamu ingin belajar sejarah tentang Raja-Raja Mataram Imogiri mulai dari Sultan Agung disinilah tempat yang tepat guys. Disnilah makam para raja-raja jaman dahulu sampai Sri Sultan Hamengku Buwono I – IX juga dimakamkan disini.

Ada beberapa keunikan yang ada disini, mulai dari pengunjung harus memakai pakaian adat jawa, ada air suci, ada daun tujuh macam yang digunakan sebagai pengobatan, serta cincin kayu yang berasal dari tongkat Sultan Agung.

Kamu pelajar Jogja? belajar sejarah disini yang tepat guys.

5Makam Kete Kesu

griyawisata.com

Makam ini terletak di Tanah Toraja, jika kamu sedang berkunjung di daerah itu sempatkan main di makam ini. Kete Kesu dikenal dengan deretan Tongkonan yang berjejer rapi dan masih terjaga dalam keadaan baik.

Jika kamu berjalan terus kamu akan disuguhi pemandangan berupa peti mayat yang disana disebut dengan Erong. Disitu terdapat tulang belulang manusia yang kadang sering terbuka.

Disitu juga terdapat patung-patung yang dibuat menyerupai manusia yang meninggal yang disebut Tau-Tau.

6Makam Raja Sidabutar

tobamuslimtour.blogspot.com

Makam ini dibuat sepenuhnya dari batu, tanpa sambungan. Makam ini terletak di Medan, Desa Tomok di Pulau Samosir. Di makam ini terdapat peninggalan sejarah zaman Megalihtikum, yang berbentuk ukiran sarkofagus yang membentuk patung etnik.

Makam Raja Sidabutar sendiri merupakan makam yang besar dan berusia yang sangat lama, yaitu sekitar 460 tahun.

Jika kamu berkunjung disini ada larangan yang harus ditaati, yaitu dilarang mengeluarkan kata-kata kotor, jika melanggar katanya akan didatangi Raja Sidabutar di dalam mimpi.

Bagaimana guys? mau mencoba membuktikan ?

 

SHARE