Mungkin ada yang sebagian jijik saat disajikan ceker ayam sebagai hidangan. Tak aneh sebab selain dagingnya sedikit, ceker dientik dengan kaki ayam yang biasa menginjak kotoran.

Namun jangan salah, banyak juga penggemar aneka makanan dari ceker. Variasi makanan dari ceker pun amat banyak. Bahkan di beberapa daerah ceker dibuat menjadi keripik.

Bagi penyuka ceker, ceker memang memiliki daya tarik. Meski dagingnya tak banyak namun ada sensasi menikmati ceker dengan tulang-tulangnya. Orang yang gila ceker bisa menghabiskan bermangkuk-mangkuk ceker dalam sekali makan.

Selain murah ceker juga bisa diolah menjadi banyak varian masakan. Nah berikut ini akan disajikan beberapa manfaat dari makan ceker untuk tubuh.

1Tinggi Kolagen

www.tokopedia.com

Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan menunjukan jika ceker ayam memiliki kandungan kolagen yang begitu tinggi.

Dengan demikian, hal ini berarti menu ceker ayam dapat dijadikan sebagai sumber zat kolagen alternatif selain daging sapi dan ikan laut.

Untuk itulah, saat ini para ilmuwan tengah mengerjakan sebuah proyek yang berisi bagaimana cara menemukan tekhnik terbaik untuk mengestrak kolagen pada ceker ayam.

Seperti yang kita ketahui, kolagen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mampu meremajakan kulit sehingga kulit terlihat lebih awet muda.

2Membantu Kekebalan Tubuh

angkringanteco.wordpress.com

Ceker ayam memang terkenal dengan semua nutrisinya yang sangat penting seperti kolagen atau zat pembentuk gelatin.

Selain itu ternyata ceker ayam juga mengandung berbagai jenis mineral seperti seng, tembaga, magnesium, kalsium dan fosfor.

Semua mineral ini dibutuhkan oleh organ tubuh untuk membangun kesehatan dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Dengan konsumsi ceker ayam maka juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3Mengandung Zat Kapur

www.royco.co.id

Selain dua poin gizi diatas, ceker ayam juga mengandung zat kapur yang mana ini baik untuk mengatasi reumatik.

Dengan demikian para penderita reumatik amat dianjurkan untuk mengkonsumsi ceker ayam secara teratur sebab kandungan zat kapurnya yang baik dalam mengatasi sakit yang dideritanya.

Nah, dengan mengetahui bahwa ternyata ada begitu banyak manfaat dari mengkonsumsi ceker ayam, maka memasukan menu ceker ayam pada menu sehari-hari bukanlah ide yang buruk.

4Menyembuhkan Cedera

www.jendelaberita.com

Percaya tidak percaya ceker bisa lho menyembuhkan sakit karena cedera. Nutrisi yang ditemukan dalam ceker ayam adalah seperti protein dan kalsium.

Kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu meregenerasi syaraf, otot dan tulang manusia. Penelitian yang sudah dilakukan oleh seorang peneliti di Amerika mengungkapkan bahwa potensi nutrisi tersebut bisa membantu menyembuhkan cedera.

5Membentuk Probiotik Alami

nelldimsum.com

Ceker ayam yang banyak mengandung kolagen dan berbagai jenis mineral lain ternyata juga bisa membentuk probiotik alami.

Agen gelatin yang banyak ditemukan pada cairan dari rebusan ceker ayam sangat baik dalam membentuk probiotik alami.

Probiotik akan membuat tubuh mampu membentuk kekebalan alami, menyehatkan usus dan mengatasi masalah saluran pencernaan.

SHARE