Olahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Banyak sekali cabang olahraga yang bisa kalian lakukan untuk menghindari kebosanan karena rutinitas. Bagi sebagian orang, olahraga bukan hanya untuk kesehatan dan kebugaran saja.

Beberapa orang terutama wanita, melakukan olahraga demi menjaga penampilan atau melangsingkan tubuhnya. Mungkin mereka akan melakukan jogging atau bersepeda di pagi atau sore hari. Akan tetapi, mereka melakukannya hanya sebatas ingin kurus saja.

Bukan kurus dan sehat yang didapat, nantinya kalian malah bisa jadi sakit lho. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika menemukan suatu sindrom yang bernama female athlete triad.

Sindrom ini merupakan gejala gangguan atau kesalahan pola makan, menstruasi tidak teratur serta berkurangnya kepadatan tulang dan biasa terjadi pada atlet wanita. Banyak lho ternyata wanita yang mengidap sindrom ini.

www.sehatplus.com
www.sehatplus.com

Mereka rajin berolahraga, akan tetapi tidak merasa bahwa sindrom ini telah menjangkiti tubuhnya. Para wanita itu mengira bahwa pola makan dan kebiasaan hidup mereka sudah terjaga dengan baik. Akan merasa sangat bahagia jika berat badannya turun.

Akan tetapi kesenangan itu bisa membawa masalah di masa depan. Jadi, kamu harus berhati-hati dan mengetahui tanda-tanda bahwa kamu kurang mengonsumsi makanan selepas berolahraga.

1Takut untuk Makan

caramenjagakesehatan24jam.blogspot.com

Ketakutan untuk makan setelah berolahraga ini apa karena kamu tidak ingin beratmu naik lagi? Kamu takut jika olahraga yang kamu lakukan sia-sia karena tidak mengurangi kalori di dalam tubuh?

Padahal ketakutan-ketakutan seperti ini yang bisa menyebabkan kamu stres. Karena tidak ada harmonisasi antara aturan makan yang sudah kamu rancang dengan keinginanmu untuk makan lebih banyak.

2Tidak Makan Setelah Berolahraga

muslimah.or.id

Olahraga pasti mengeluarkan tenaga juga bukan? Nah, kamu pun memerlukan nutrisi yang cukup untuk memulihkan tenaga itu. Sehingga para pakar nutrisi menyarankanmu untuk mengonsumsi buah dan sayur setelah melakukan kegiatan fisik tersebut.

Kebanyakan wanita menghindar jika diajak untuk makan selepas berolahraga, mereka mengira ini akan mengurangi kalori yang tersimpan dalam tubuh. Padahal dengan memakan makanan sehat mampu membangun kembali sel-sel tubuh setelah olahraga.

Jadi, pembaharuan sel ini akan membuatmu lebih kuat dan bertenaga. Mulai sekarang perhatikan juga menu yang akan konsumsi setelah berolahraga ya.

3Membuatmu Mudah Lelah

herbaldr.blogspot.com

Kekurangan makanan di dalam tubuh bisa membuatmu mudah lelah lho. Jika sudah merasa lelah, aktivitas yang kamu kerjakan pun menjadi tidak efektif lain. Kamu pun merasa jenuh dan tidak fokus.

Ketika kamu sedang tidak berolahraga saja membutuhkan kalori, misalkan saja berat badanmu adalah 55 kg, dalam 0.5 kg beratmu itu kamu membutuhkan 10 kalori. Sehingga dalam keadaan tidak aktif saja tubuhmu memerlukan sekitar 1.100 kalori.

Bagaimana dengan dirimu yang aktif berolahraga? Pastinya lebih banyak kalori yang kamu butuhkan untuk mencegah timbulnya rasa lelah, letih, dan lesu.

4Lebih Mudah Sakit

www.cosmomom.net

Nah, bukannya makin sehat malah membuat badanmu jadi drop kan? Karena asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kurang, sehingga tubuhmu mudah sekali terkena penyakit.

Jika kamu adalah maniak olahraga, tetapi saat musim pancaroba kamu seringkali sakit, flu atau semacamnya. Berhati-hatilah kemudian girls.

5Siklus Menstruasi Tidak Teratur

galerihoshi.wordpress.com

Kamu perlu mewaspadai hal ini juga lho. Karena jika siklus menstruasimu tidak teratur, ini bisa menimbulkan masalah nantinya. Walaupun ada banyak alasan kenapa siklusmu tidak teratur, tapi kurangnya asupan gizi dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Karena gizi itu akan sangat mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Hal ini pun bisa mengurangi massa jenis tulangmu dan bisa membuatnya menjadi rapuh serta mengalami patah tulang yang parah. Suplemen kalsium pun tidak mampu lagi untuk mengatasinya.

Setelah mengetahui tanda-tanda tersebut, seharusnya kamu lebih waspada lagi. Berikanlah tubuhmu asupan yang sesuai. Hindari makanan berlemak tinggi yang akan membuat badanmu melar kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here