Kamu tahu aci kan? Atau biasanya juga disebut dengan tepung tapioka dan tepung kanji. Diberbagai daerah memang terdapat perbedaan dalam penyebutan tepung aci.

Aci sangat populer di daerah Jawa Barat. Oleh karena itulah banyak makanan khas Jawa Barat yang menggunakan bahan dasar tepung aci.

Tepung yang berasal dari saripati singkong ini lumayan sering dijadikan bahan dasar camilan. Beberapa bentuk camilan berbahan dasar aci ini cukup populer lho. Berikut di antaranya.

1Cilok

resepmakansedap.com

Siapa sih yang ngga kenal cilok? Cilok adalah camilan yang cukup ramai tersebar diberbagai belahan negara Indonesia. Memang pada mulanya cilok berasal dari Jawa Barat, tetapi seiring berjalannya waktu cilok mulai menyebar ke berbagai daerah.

Ternyaa cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Haha.

Untuk itu pasangan sejati cilok adalah tusuk bambu atau lidi. Cara makannya juga sangat sesuai dengan namanya, “dicolok-colok”.

Olahan aci dibentuk bulat-bulat seperti bakso, lalu dikukus atau direbus. Supaya tambah menarik dan lezat, banyak juga orang yang menambahkan ini itu ke olahan ciloknya. Misalnya mengisikan daging, telur, atau keju ke bagian dalam cilok.

Cilok hangat cocok dihidangkan disore hari, apalagi jika cucaca mendung atau setelah turun hujan. Ditambahkan dengan saos atau sambal yang pedas, cilok memang layak untuk menjadi camilan yang digemari.

2Cireng

jualcireng.com

Nah-nah! Coba tebak cireng singkatan dari apa hayo? Yap! Aci digoreng, ada-ada aja ya masyarakat Indonesia dalam memberikan nama pada makanan. Tapi apalah arti sebuah nama jika rasa tak ada duanya. Hehehe.

Versi original cireng biasanya tidak ditambahkan dengan isi atau sejenisnya kedalam adonan cireng. Atau kalaupun ada biasanya hanya ditambahkan bumbu atau sambal kacang ketika akan menikmati hidangan cireng.

Namun seiring berjalannya waktu, cireng mulai mengalami perkembangan. Banyak masyarakat yang mencoba menginovasi jenis cireng hingga saat ini tak hanya buah yang bisa dirujak tetapi cireng juga ternyata sudah bisa dijadikan rujak. Wkwkwk.

3Cimol

resepkuekering.org

Aha! Ini dia nih, cilok diemol. Diemol itu diapakan sih guys?

Ada banyak versi alasan kenapa cimol dinamakan seperti itu. Ada yang bilang karena cara makannya tinggal dilahap saja (diemol), ada juga bilang itu karena cimol bentuknya bulat.

Cimol juga memiliki bentuk bulat sama seperti cilok, bedanya adalah cimol tidak perlu alat bantu seperti lidi dan semacamnya. Kamu bisa langsung menjemputnya menggunakan tangan. Cimol sangat cocok disajikan dengan sambal, saos atau cabe bubuk.

Wah, jadi laper ya guys?

4Cilor

twitrpix.com

Cici dimana ya? Cici telinganya ngga lagi mendengungkan? Soalnya dari tadi kita sebut terus namanya Ci. Wkwkwk.

Cilor ini adalah makanan yang berbahan dasar aci dan telor. Itulah kenapa dinamakan cilor. Masih lanjutan dari variasi cilok dan cimol sih.

Jadi sesudah dibentuk bulat-bulat, adonan tersebut kemudian digoreng bersama telur. Adonan cilor tersebut kemudian dicampur aduk sedemikian rupa sehingga mirip orak-arik.

Ada cara penyajian yang lain. Pembedanya hanyalah sesudah dibentuk bulat-bulat, adonan ditusuk seperti sate, baru setelah itu digoreng bersama telur. Nantinya sesudah matang, telur terlihat melilit atau menyelubungi adonan aci.

Cilor juga biasanya disajikan bersama saus sambal, atau saus kacang. Sangat menggugah selera!

5Cipuk

www.tokopedia.com

Nah! Asing ya?

Cipuk adalah singkatan dari aci kerupuk. Bukan aci digepuk ya. Wkwk.

Cara membuatnya, pertama-tama kerupuk yang masih mentah dihancurkan lalu direndam dalam air. Kerupuk yang sudah direndam itu kemudian dicampurkan ke adonan aci yang sudah ditambahkan garam, penyedap rasa, merica, dan bawang.

Adonan cipuk tadi bisa kamu kukus untuk menghilangkan kandungan air yang terdapat didalamnya serta membuatnya lebih keras dan padat. Selesai dikukus kamu bisa memotong-motongnya kemudian goreng. Dan jadilah cipuk ala kamu!

Wah, ternyata dari sebutir aci bisa menghasilkan beragam varian makananya. Lagi-lagi ini terjadi di Indonesia! Hebatnya Indonesia-ku.

 

SHARE