ciricara.com

Makanan yang Harus Dihindari untuk Bayi Berumur 6 Bulan

Posted on

Setelah bayi berusia 6 bulan, maka asupan nutrisi bayi tidak hanya bergantung pada ASI semata, namun sudah mulai ditambah dengan makanan pendamping ASI (MPASI).

Kenapa baru di usia 6 bulan kita bisa memberi makanan pendamping? Ini dikarenakan baru di usia 6 bulan lah enzim-enzim pencernaan mulai berfungsi sempurna.

Jika kita memaksakan memberikan makanan selain ASI sebelum usia 6 bulan, maka dikhawatirkan anak akan mengalami alergi.

Lalu, seperti apa sih makanan bayi 6 bulan yang baik dan sehat itu? Makanan yang sehat sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kecerdasan anak, karena itu pemenuhan kebutuhan ini harus sesuai dalam hal jumlah dan kualitasnya.

Untuk memenuhi nutrisi tersebut, maka kita perlu menggunakan bahan-bahan yang segar sehingga anak mendapatkan vitamin dan mineral yang optimal.

Nah, satu hal yang perlu kita ingat, jangan sekali-kali menyepelekan makanan bayi 6 bulan, kenapa begitu?

Hal ini karena mulai usia 6 sampai dengan 12 bulan adalah masa kritis yang akan menentukan kebiasaan makan seorang bayi hingga dewasa nantinya.

tipskesehatan-droz.blogspot.com
tipskesehatan-droz.blogspot.com

Mengingat urgensi dari pemberian MPASI di usia 6 bulan, berarti kita perlu berhati-hati ya. Tapi, sebenarnya ada nggak sih pantangan untuk bayi 6 bulan? Wah, pastinya ada dong.

Pantangan di sini bukan dalam artian bayi usia 6 bulan tidak bisa makan makanan ini, namun jika kita paksa berikan, maka tidak baik untuk kebiasaan makannya hingga besar nanti.

Nah, daripada penasaran langsung kita bahas saja yuk.

Jangan sekali-kali berikan ini kepada bayi kita.

Makanan yang Itu-Itu Saja

syazni.com
syazni.com

Tidak ada satu jenis makanan pun yang memiliki kandungan zat gizi sempurna. Sempurna dalam artian mampu memenuhi kebutuhan zat gizi bayi kita secara lengkap. Oleh karena itu, maka kita perlu memperkenalkan variasi makanan kepada bayi kita mulai usia 6 bulan.

Jadi, bijakkah semisal kita hanya memberikan bubur bayi instant saat proses MPASI mereka?

Garam dan Gula

klcbs.net
klcbs.net

Jika bayi sudah diberikan garam dan gula dalam makanannya, maka dia akan terbiasa dengan rasa yang enak-anak saja, dan akan sulit membiasakannya menyukai makanan asli yang belum ditambahkan gula atau garam sama sekali.

Misalnya saja anak akan menolak jika diberikan wortel atau kentang tanpa penambahan gula dan garam. Efek yang paling kita takutkan adalah bayi tidak mau makan jika makanan tersebut tidak gurih atau tidak manis.

Pilihlah Buah yang Cocok untuk Bayimu

sunpride.co.id
sunpride.co.id

Dalam memilih buah pun tampaknya kita perlu selektif. Sebaiknya kita tidak memberikan buah-buahan dengan rasa manis yang tinggi, misal sawo dan nangka.

Mengapa demikian? Jika bayi kita biasa mengonsumsi buah-buahan yang terlalu manis, maka sekalinya kita akan memperkenalkan sayur yang rasanya hambar, maka ia akan menolak.

Madu Itu Sehat, Tapi Bisa Berbahaya

belivitabumin.com
belivitabumin.com

Selain garam dan gula, bayi berusia di bawah satu tahun sebaiknya tidak diberikan madu. Madu sangat beresiko mengandung Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan Botulisme.

Jadi, daripada terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan terhadap bayi kita, maka sebaiknya kita hindari saja penggunaannya.

Hindari Kacang-kacangan dan Susu Sapi

panduanhidupsehat.com
panduanhidupsehat.com

Bayi di bawah satu tahun, khususnya di usia 6 bulan, sistem pencernaannya masih beradaptasi dengan makanan baru. Sehingga jenis-jenis makanan yang memiliki kemungkinan menyebabkan alergi perlu dihindari.

Jenis-jenis makanan tersebut di antaranya adalah kacang-kacangan dan susu sapi.

Demikianlah zat atau bahan makanan yang perlu kita cermati pada makanan bayi 6 bulan. Tapi yang terpenting dan perlu diingat dari semua pesan ini adalah agar kita memberi makanan yang bervariasi untuk bayi kita.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *