Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan istimewa. Karena selain penuh dengan ampunan dan rahmatNya, bulan ini juga menyimpan banyak keberkahan yang akan sampai pada mereka yang memanfaatkannya dengan baik.

Selain itu, ada banyak amalan baik sunnah maupun wajib tentunya, yang akan bernilai pahala berlipat-lipat kali dari biasanya. Dan jika melakukan dosa maka hukumannya juga berlipat-lipat kali dari biasanya.

Di bulan ini juga ada banyak keistimewaan yang hanya bisa kita temukan di dalamnya saja. Adanya suasana penuh keakraban di saat berbuka puasa atau sahur bersama, sholat tarawih, pasar takjil, dan majelis taklim atau ilmu yang akan ramai dengan pengunjung.

Selebihnya, suasana masjid yang ramai dari malam sampai pagi, suasana keakraban, bahkan semangat beribadah rasanya akan berangsur hilang menjelang Ramadhan pergi.

Nah, berbicara tentang suasana keakraban di saat berbuka puasa, ternyata negara-negara ini memiliki menu buka puasa khas yang biasa disajikan saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Apa saja kah itu?

1Pide Brad dari Turki

kulinen.com

Tak lengkap rasanya bagi masyarakat Turki jika tak menyantap makanan khas berupa roti panggang bernama pide brad in saat berbuka puasa.

Makanan yang sudah menjadi tradisi turun temurun sejak kesultanan Ottoman ini biasa disajikan dengan sup iftariye, pastirma, sujuk, dan beberapa kue lainnya.

2Hummus dari Lebanon

www.tasteofbeirut.com

Hummus adalah sebutan makanan khas masyarakat Lebanon yang terbuat dari daging panggang.

Makanan ini akan menjadi primadona saat berbuka puasa tiba di bulan Ramadhan. Selain hummus ada berbagai macam makanan dari daging panggang lain yang juga menjadi khas masyarakat Lebanon.

Di antaranya adalah mezza dan tabbouleh.

3Qatayef dari Yordania

negerihamesha.blogspot.com

Sebenarnya dalam penyajian di dalam masyarakat Yordania sendiri, qatayef tak pernah sendiri. Karena selalu ada sajian bernama mansaf yang akan menemani.

Tak lengkap rasanya berbuka puasa di bulan Ramadhan bagi masyarakat Yordania jika tak menyajikan mansaf dan qatayef ini.

Qatayef adalah nama sejenis pancake yang dicampur dengan kayu manis, diisi dengan kenari serta gula. Sedangkan mansaf adalah makanan yang terbuat daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah.

Penyajian qatayef biasanya ditambah dengan adanya sirup madu.

4Foul Meddames dari Mesir

simomot.com

Masyarakat di negeri Piramida ini secara turun temurun ternyata telah memiliki tradisi berbuka pausa di bulan Ramadhan dengan menyajikan makanan khas bernama foul meddames atau biasa disebut sebagai meddames saja.

Namun selain meddames, ternyata masyarakat Mesir juga memiliki satu makanan khas lagi yang biasa disajikan saat berbuka puasa, mendampingi si meddames ini.

Nama makanan tersebut adalah molokheya, yaitu makanan yang terbuat dari campuran nasi dan ayam yang sungguh lezat rasanya.

5Nasi Lemak dari Malaysia

resephariini.com

Sedangkan negara tetangga kita, Malaysia, sebenarnya di bulan puasa memiliki banyak makanan khas yang mungkin hampir sama dengan di masyarakat kita.

Namun tetap lah bahwa masyarakat sana memiliki satu sajian khas yang kemudian menjadi primadona untuk disajikan saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Nama makanan tersebut adalah nasi lemak. Apakah sudah ada yang pernah mencicipinya? Hehehe.

6Kolak dari Indonesia

jadiberita.com

Dan makanan khas yang satu ini tentu sudah sangat akhrab di lidah kita semua masyarakat Indonesia. Makanan yang selalu menjadi primadona di bulan Ramadhan saat berbuka puasa tiba.

Makanan ini terbuat dari campuran isi berupa pisang, ketela, kacang hijau, kolang-kaling, nangka dan tape yang dimasukkan dalam kuah santan manis. Bisa disajikan dingin maupun hangat-hangat.

Nah, dengan mengintip berbagai makanan khas berbuka puasa dari berbagai negara di atas, apakah memicu kerinduan kalian kepada bulan Ramadhan? Sabar ya, tinggal sebentar lagi kok Ramadhan akan tiba. Hehehe.